IT Pcyco/ October 1, 2018/ Artikel, Injeksi Post, Kesehatan, Tips/ 0 comments

Kamu sedang banyak tekanan? Banyak sekali masalah yang datang sampai kamu jadi stres? Jangan khawatir! Sekarang, kamu bisa melakukan relaksasi sendiri di rumah untuk mengatasi stres kamu loh! Mau tau seperti apa caranya? Yuk baca!

Banyak sekali keadaan yang bisa saja membuat kita menjadi stres. Tidak hanya masalah-masalah berat, masalah ringan pun bisa menyebabkan stres. Stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik kita. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, sakit kepala, gangguan kecemasan, depresi, dan sebagainya. Sehingga, stres harus dikelola dan diatasi dengan baik. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi stres adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi tidak hanya bisa dilakukan bersama dengan instruktur profesional. Kini, dengan membaca artikel ini, Anda akan tau bagaimana cara melakukan relaksasi secara mandiri di rumah. Anda bisa melakukan relaksasi ini bersama sahabat, pasangan, maupun keluarga.

  1. Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan sangatlah sederhana dan tentunya mudah untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika Anda merasa cemas, tegang, dan tidak tenang. Latihan pernafasan dilakukan dengan mengatur nafas dengan tenang, sehingga Anda akan merasa lebih rileks. Pertama, pejamkanlah mata Anda, lalu, tarik nafas melalui hidung dengan dalam. Ketika menarik nafas, kembungkan perut Anda. Rasakan bahwa udara bersih sedang mengisi paru-paru Anda. Kemudian, hembuskan udara melalui mulut secara perlahan. Kempiskan perut Anda dan rasakan bahwa udara kotor sedang berjalan keluar dari paru-paru melalui mulut Anda. Lakukanlah selama beberapa kali sampai Anda merasa lebih tenang dan rileks.

  1. Meditasi

Meditasi merupakan teknik relaksasi yang selanjutnya dalam bahasan ini. Teknik meditasi sederhana bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Carilah tempat yang tenang untuk membantu Anda merasa lebih rileks dalam melakukan meditasi. Duduklah dengan posisi kedua kaki terlipat. Pejamkan mata Anda, tenangkan diri sejenak, dan secara perlahan, singkirkan segala jenis pikiran-pikiran negatif yang mengganggu Anda. Cobalah untuk fokus. Penelitian menunjukkan fakta menarik mengenai meditasi. Dengan secara rutin melakukan meditasi selama kurang lebih lima menit setiap hari, hantaran listrik saraf otak dapat diperbaiki sehingga otak kita dapat bekerja dengan lebih optimal. Selain itu, kita bisa terhindar dari stres, dan tingkat kecemasan menurun.

  1. Mendengarkan Musik

Mungkin, beberapa dari kita sangat menyukai musik, bahkan memiliki hobi dalam bidang ini. Musik sudah dikenal sejak dahulu sebagai sebuah bentuk karya seni yang memiliki manfaat penyembuhan. Terdapat berbagai jenis musik yang tentunya memiliki efek yang berbeda-beda. Dalam menangani stres, pilihlah musik-musik yang menenangkan, menyenangkan, dan membuat semangat menjadi lebih meningkat, sehingga Anda bisa bangkit dari kondisi stres yang Anda alami. Penelitian menemukan hal menarik mengenai musik dalam kaitannya dengan menangani stres, di mana musik dapat menurunkan tingkat kecemasan, memperbaiki suasana hati, memperlambat denyut jantung, dan dapat menurunkan tekanan darah. Anda juga pasti tahu, bahwa kita dapat melakukan berbagai jenis teknik relaksasi lain sambil mendengarkan musik.

  1. Yoga

Yoga merupakan teknik relaksasi yang sangat terkenal. Seperti yang kita tahu, terdapat banyak sekali perkumpulan yoga di masa sekarang ini. Yoga memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik fisik maupun mental. Penelitian menemukan bahwa perpaduan teknik-teknik pernafasan dengan peregangan otot dalam berbagai gerakan yoga dapat memperbaiki kondisi moodseseorang menjadi lebih baik. Selain itu, Yoga juga memiliki efek positif lainnya, seperti dapat menuruntkan tingkat kecemasan dam membuat seseorang menjadi lebih tenang dan bahagia.

 

Nah, sekarang, Anda tidak perlu merasa bingung lagi untuk bisa meredakan stres. Cukup dengan melakukan satu atau lebih dari teknik relaksasi di atas, maka Anda akan bisa mengatasi stres yang Anda rasakan. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/relaksasi-sederhana-di-rumah-bisa-mengusir-stres

Tinggalkan komentar