Home » Tentang LPM PCYCO » Profil LPM PCYCO

Profil LPM PCYCO

aboutpcyco

LEMBAGA PERS MAHASISWA

PRESS AND CYBER COMMUNITY (LPM PCYCO)

“BE THE FIRST TO KNOW”

Latar Belakang Berdirinya Organisasi

November 2006. Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menjadi saksi bisu berdirinya sebuah badan pers. Badan pers ini berdiri karena prihatin melihat banyaknya majalah yang terbit dengan kepentingan masing-masing. Badan pers pertama milik civitas akademika FK UNUD ini kita beri nama Press and Cyber Community (PCYCO). Di dalam ruang BEM yang sempit, ditemani arsip-arsip yang berserakan, kita berikrar untuk mendirikan dan mepertahankan PCYCO minimal selama setahun kedepan.

Desember 2006. Satu per satu anggota PCYCO bertambah. Putu Arya Suryanditha, Putu Gde Hamsa dan IB Oka Widya Putra, tiga orang yang telah lama malang melintang di dunia maya didaulat untuk menjadi penanggung jawab website www.bemfkunud.com. AA Diah Citra Dewi, kemampuannya sebagai seorang sekretaris tak diragukan lagi sehingga PCYCO mempercayakan penanganan arsip padanya. IGN Adhi Laksaman SW, segala tetek bengek tentang per-layout-an telah dkuasainya,sehingga tak berlebihan jika PCYCO merekrut dia sebagai penanggung jawab layout majalah. Ni Made Dwi Ayu Martini, Kirana Dyah Larasati Budiartha, Putu Ayunda Trisnia, Gede Putra Kartika Wijaya, Dewi Samantha, Dian Ariyanti Putri, Desak Gede Mustika Dewi, Desak Made Widiastiti Arga, Ananditha Paramaningrum Sudibya, Ni Luh Sukma Pratiwi Murti, A.A. Istri Dian Adnya Swari, mereka semua adalah mantan aktivis badan pers di SMA masing-masing sehingga PCYCO dengan bangga menempatkan mereka sebagai staff redaksi. Harry Wicaksana dan Aditya Leonard Tandio, dengan kemampuannya di bidang tata bahasa, PCYCO menempatkan mereka sebagai editor untuk setiap karya sebelum diterbitkan.

Januari 2007. Untuk pertama kalinya PCYCO mempersembahkan hasil karyanya. Sebuah majalah sederhana. Prototype untuk majalah-majalah PCYCO edisi selanjutnya. Walaupun belum bisa dibilang bagus, itulah hasil kerja pertama kali. Mana ada karya pertama yang langsung sempurna betul to? Kalo mau bukti, pernah temen-temen baca komik doraemon, dragon ball, dan detektif conan edisi pertama? Bandingkan dengan edisi-edisi selanjutnya, pasti grafik dan alur ceritanya makin bagus.

Februari 2007. Belajar dari kegagalan sebelumnya. PCYCO daapt mempersembahkan sebuah masterpiece. Dalam hitungan jam, semua majalah edisi februari habis dijadikan rebutan oleh para mahasiswa. Koordinasi semakin bagus, berita semakin berbobot, design semakin mantap. Sehingga bapak Dekan semakin memberi kepercayaan pada PCYCO untuk menerbitkan majalah-majalahnya kedepannya.

  1. Walaupun kekurangan dana, PCYCO sukses menerbitkan Injeksi setiap dua bulan sekali. Kepenegurusan yang dipimpin oleh Dian A.P. (2005) ini berhasil membuat beberapa gebrakan baru seperti Injeksi Post, penghargaan dari ISMKI untuk www.bemfkunud.com sebagai website BEM FK terbaik se-nasional, Klinik Jurnalistik 2008 dengan format baru, dan masih banyak lagi.
  2. Kepemimpinan LPM PCYCO dibawah Kirana B. (2006).
  3. Kepemimpinan LPM PCYCO dibawah Ni Luh Putu Ayu Maha Iswari (2007)
  4. Kepemimpinan LPM PCYCO dibawah Pt. Aditya Saputra (2008). Pada tahun ini terdapat produk baru kami, yaitu www.injeksionline.com sebagai website berita kesehatan sekaligus website resmi LPM PCYCO.
  5. Kepimpinan LPM PCYCO dibawah A. A. Kt. Yunita Paramita (2009). Pada tahun ini, rencananya cover majalah Injeksi PCYCO akan selalu merupakan hasil jepretan divisi fotografi.
  6. Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah I.G.A.A Jayanthi Wulan Utami(2010)
  7. Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah A.A.Sg. Istri Suryakencanawati (2011)
  8. Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah Ni Putu Ayu Elistya Ning Purwani (2012)
  9. Kepemimpinan LPM PCYCO di bawah Ni Nyoman Yuliantini (2013)

VISI DAN MISI

Visi

Menjadikan LPM Pcyco sebagai lembaga pers yang menyelaraskan aspek informasi, edukasi, relasi, dan rekreasi dalam kancah jurnalistik kedokteran sehingga mampu menjadi pintu gerbang informasi, khususnya di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Misi

  1. Melakukan perekrutan anggota yang memiliki minat dan bakat di bidang jurnalistik, media, fotografi, website dan broadcasting.
  2. Melakukan pelatihan-pelatihan jurnalistik, media, fotografi, website, dan broadcasting sehingga dapat meningkatkan kualitas  sumber daya manusia LPM Pcyco.
  3. Menerbitkan Majalah Injeksi secara rutin setiap dua bulan sekali.
  4. Memperoleh, mengelola, dan menyalurkan informasi melalui www.injeksionline.com website dan media sosial terkait serta memperbaharuinya secara rutin.
  5. Mengoptimalkan dan memberikan inovasi terhadap program kerja sebelumnya.
  6. Mempererat hubungan kekeluargaan intern LPM Pcyco dan kerjasama ekstern antar organisasi di civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

 DIVISI DI LPM PCYCO

Divisi Redaksi

Divisi ini terdiri dari pemimpin redaksi, editor, redaktur, dan staf redaksi. Divisi inillah yang memegang tugas mulai dari penyusunan konsep, pencarian narasumber, penulisan, dan penyuntingan artikel atau berita  yang akan dimuat dalam majalah Injeksi. Selain bertanggung jawab dalam pembuatan majalah, salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh Divisi Redaksi adalah perekrutan anggota baru melalui kegiatan Klinik Jurnalistik (Klitik). Dalam kegiatan ini, setiap mahasiswa FK Unud yang memiliki minat di bidang jurnalistik dan ingin bergabung dengan LPM PCYCO akan mendapatkan pelatihan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan dunia jurnalistik dan penerbitan. Selain mendapatkan pemberian materi tentang cara dan teknik menulis berita, peserta Klitik juga akan diberikan pelatihan dasar-dasar desain, website, fotografi dan broadcasting.

Divisi Injeksi Online

Divisi injeksi online terdiri dari kepala divisi, wakil kepala divisi, dan staf injeksi online (IO) yang langsung terjun ke lapangan untuk melakukan peliputan kegiatan kampus. Hasil peliputan tersebut nantinya akan dipublikasikan melalui website injeksionline.com dan official account Line LPM Pcyco FK Unud (@rpn8598f). Selain itu, divisi ini juga aktif melakukan peliputan bagi mahasiswa berprestasi serta pembuatan artikel dan poster kesehatan yang disesuaikan dengan hari-hari kesehatan nasional maupun internasional.

Divisi Desain dan Percetakan

Divisi desain dan percetakan terdiri dari kepala divisi dan beberapa staf yang bertanggung jawab terhadap penyusun desain dan penampilan majalah injeksi, poster kesehatan, dan poster hari tematik di FK Unud agar menarik untuk dibaca. Setiap tahun penampilan majalah injeksi selalu berkembang berkat kreativitas yang tak kenal lelah dari divisi ini. Merekalah yang membuktikan bahwa dunia jurnalistik tidak hanya berkutat pada bidang tulis-menulis saja. Desain yang cantik disertai penyajian foto-foto yang apik juga merupakan faktor penting bagi kenyamanan pembaca dalam meyimak isi berita.

Divisi Teknologi Informasi

Divisi ini merupakan motor penggerak yang bertanggung jawab dalam maintenance portal www.injeksionline.com. Website ini memuat berbagai informasi seputar kesehatan serta kegiatan di lingkungan FK Unud, dan lembaga mahasiswa beserta setiap event besar yang dilaksanakan di lingkungan FK Unud. Melalui website tersebut diharpkan LPM Pcyco dapat menjadi pintu gerbang informasi di lingkungan FK Unud. Selain itu, semenjak tahun 2012 divisi TI PCYCO telah meluncurkan web portal www.fkunud.com. Dalam website ini terdapat profil berbagai organisasi yang merupakan gerbang masuk menuju berbagai website resmi yang ada di lingkungan FK Unud.

Divisi Fotografi

Divisi ini bertanggung jawab dalam hal mengabdikan berbagai momen yang terjadi di lingkungan FK Unud yang nantinya dapat dijadikan berita dalam Injeksi dan Injeksi Online. Tugas penting dalam divisi ini adalah untuk mendukung Divisi Injeksi dan Injeksi Online dalam pengadaan foto-foto kegiatan yang diperlukan. Mulai kepengurusan tahun 2013, cover majalah injeksi secara original adalah hasil karya dari divisi fotografi dengan bekerjasama dengan divisi desain LPM PCYCO FK Unud.

Divisi Pemasaran dan Pendanaan

Divisi terakhir ini bertanggung jawab dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang bermanfaat untuk pengembangan kualitas organisasi, baik dari segi sumber daya manusia maupun dari segi finansial (periklanan). Saat ini LPM PCYCO sudah menjalin kerja sama tetap dengan Radio Pemerintah Kota Denpasar (RPKD) untuk mengisi program dialog interaktif kesehatan. Acara diformat dalam bentuk talkshow interaktif dengan menghadirkan seorang narasumber, biasanya seorang dokter ataupun praktisi kesehatan lain, dan dipandu oleh beberapa orang staf LPM PCYCO secara bergiliran. Dengan kerjasama ini, LPM PCYCO juga mulai memasuki dunia jurnalistik dalam media elektronik, khususnya radio. Selain itu, salah satu program tahunan yang berada di bawah divisi ini adalah penyelenggaraan acara Pekan Jurnalistik (Petik) dan Talkshow Nasional.

Dari pemaparan di atas dapat dilihat bahwa aktivitas jurnalistik yang diwadahi oleh LPM PCYCO sangatlah luas. Tidak hanya berkutat di bidang tulis-menulis, LPM PCYCO juga menyediakan lahan kreativitas yang luas bagi rekan-rekan mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di bidang desain, fotografi, website, dan broadcasting.

SISTEM DAN BAGAN STRUKTUR KEPENGURUSAN

Sistem dan struktur kepengurusan LPM PCYCO

 

Tinggalkan komentar