BODY GOALS WALAU SEDANG #DIRUMAHAJA

Pandemi Covid-19 yang sedang merajalela dikalangan masyarakat diseluruh penjuru dunia mulai membuat banyak orang resah. Tak jarang banyak yang mengeluhkan bosan dan mulai merasa tertekan. Ketika di rumah aja tidak sedikit pula yang mengeluhkan berat badannya naik karena kerjaan setiap hari hanya makan tidur. Padahal, ada banyak sekali olahraga yang bisa dilakukan di rumah aja agar tetap bisa menjaga bentuk tubuh. Olahraga (exercise) memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, seperti membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, membantu mengurangi resiko masalah kesehatan yang buruk, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Sehat tidak harus melakukan olahraga berat yang justru membuat kita tertekan ketika kita tidak berhasil melakukannya. Departemen of Health and Human Services merekomendasikan beberapa hal penting yang harus diingat jika ingin tetap sehat yaitu:

  1. Setidaknya lakukan olahraga atau kegiatan fisik 150 menit dalam seminggu. Kegiatan fisik yang bisa tetap dilakukan selama dirumah aja ada banyak sekali variasi nya mulai dari cardio dan juga senam aerobic. Di youtube banyak sekali bisa ditemukan jenis kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah saja. Beberapa channel youtube yang bisa ditonton yaitu Chloe Ting, Emi Wong, dan Blogilates. Di 3 channel youtube tersebut banyak sekali workout yang bisa dilakukan dirumah saja, dan tak jarang ada challenge juga yang bisa kita ikuti sesuai dengan goals apa yang kita ingin untuk capai.
  2. Lakukan exercise dengan rutin. Hal terpenting dari olahraga adalah sebuah konsistensi. Ketika kita konsisten dalam melakukan suatu hal maka hasil yang kita tuju akan mudah kita gapai.
  3. Lakukan konsultasi ke dokter sebelum melakukan program atau mengikuti challenge exercise terutama jika anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes atau penyakit jantung, dan pastikan agar anda tidak melakukan olahraga yang salah yang justru akan menjadi boomerang untuk anda.

Apa saja olaharaga yang bisa dilakukan di rumah aja? Berikut beberapa exercise yang dapat dilakukan:

  1. Jumping Jack

Gerakan ini tidak memerlukan gerakan yang khusus, yang harus dilakukan adalah lompat setinggi-tingginya. Ketika melompat pastikan kaki membuka lebar dan tangan direntangkan diatas kepala. Meski terlihat sepele namun ini bisa membakar 100 kalori dalam 10 menit.

2. Burpee

Olahraga ini tidak memerlukan keahlian bahkan tidak memerlukan alat apapun. Ini bisa dimulai dari posisi berdiri tegak, lalu jongkok dengan posisi tangan menyentuh kaki, lempar kaki hingga badan seperti sedang melakukan push up, lalu kembali jongkok dan akhiri dengan loncatan dengan tangan tegak diatas kepala. Lakukan berulang selama 10-45 detik, dengan 1-2 kali repetisi.

3. Squat Jump

Dimulai dari gerakan setengah jongkok dengan tangan saling mengepal di depan dada, lalu lompat dan kembali pada posisi setengah jongkok.

4. Plank

Dimulai dengan posisi tidur tengkurap, lalu posisikan tangan dengan siku menyentuh matras, kemudian tahan berat badan selama 30-45 detik dengan 1-2 kali repetisi setiap harinya. Ini membantu melatih kekuatan dan juga meningkatkan stabilita tubuh kita. Plank menjadi salah satu dari sekian banyak gerakan workout yang disukai oleh semua orang untuk full body workout.

Masih banyak sekali gerakan yang bisa dilakukan selama di rumah aja. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu Anda ketika ingin memulai exercise karena gerakan-gerakan diatas sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Hal penting yang harus diingat jika ingin tetap sehat selama dirumah aja adalah, berolahraga dan dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Konsistensi sangat penting ketika Anda ingin mendapat hasil yang baik. No pain, No gain! Ingat berolahraga ya!

Oleh: Putu Eka Wahyu Wulandari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *