IT Pcyco/ September 10, 2018/ Artikel, Kesehatan/ 0 comments

 

Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan daun mint? Yaps! Tumbuhan ini dikenal dengan sensasi dinginnya. Daun ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman. Selain itu, daun mint juga baik untuk kesehatan, lho. Ingin tahu apa saja manfaat dari daun ini? Simak informasinya di bawah ini ya!

  1. Mengurangi Bau Mulut

Sudah tidak asing lagi bukan dengan banyaknya permen mint diluar sana yang dipromosikan dapat menghilangkan bau mulut? Hal ini dikarenakan, kandungan daun mint yang segar dapat mengurangi bau mulut dan membunuh bakteri sebagaimana beberapa penelitian telah menemukan adanya efek antibakteri dalam daun ini.

  1. Menyembuhkan Gejala Flu

Banyak obat flu di luar sana yang mengandung menthol yang dihasilkan dari daun mint. Menthol ini sangat efektif dalam menangani bengkak pada saluran nasal sehingga membantu meningkatkan mengalirnya udara dan melancarkan pernafasan.

  1. Meringankan Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint selanjutnya adalah efektif membantu melegakan masalah pencernaan ringan, seperti sakit perut. Gangguan pencernaan kadang terjadi akibat lamanya makanan berada dalam perut sebelum dicerna. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi daun mint dapat membantu menghindari kondisi di atas dengan mempercepat  proses pencernaan makanan yang ada dalam perut.

  1. Kaya Akan Nutrisi

Walaupun tidak dikonsumsi dalam kuantitas yang banyak, daun mint mengandung nutrisi yang cukup. Pasalnya, hanya 1/3 gelas atau setengah ons (14 gram) dari daun mint mengandung :

  • Kalori — 6
  • Serat — 1 gram
  • Vitamin A — 12% dari RDI (Recommended Dietary Intake). Baik untuk kesehatan mata dan pandangan kita di malam hari.
  • Zat besi — 9% dari RDI
  • Zat Magnesium — 9% dari RDI
  • Folat — 4% dari RDI
  • Antioksidan (membantu menjaga tubuh dari stres oksidatif, suatu jenis kerusakan pada sel yang disebabkan oleh radikal bebas).
  1. Menu Diet yang Disarankan

Seperti dijelaskan di atas, banyak sekali manfaat daun mint sehingga daun ini disarankan sebagai pelengkap menu diet agar lebih sehat. Kalian dapat dengan mudah menambahkan daun mint pada makanan seperti salad, menambahkannya pada smoothies, atau bisa dijadikan infused water!

Nah itu dia manfaat daun mint yang berguna bagi kesehatan. Tertarik untuk mencicipinya bukan?

 

SUMBER :

kompasiana.com

liputan6.com

 

Tinggalkan komentar