Home » Tentang LPM PCYCO » Program Kerja Utama

Program Kerja Utama

  • Divisi Injeksi

Majalah Injeksi

Sebuah fakultas tidaklah lengkap jika tidak memiliki media informasi. Untuk itu LPM PCYCO menerbitkan majalahnya yang diberi tajuk InjeksiMedia informasi mahasiswa ini bersifat netral. Dengan adanya majalah Injeksi, maka setiap civitas akademika bisa mendapatkan informasi terbaru dalam format berita yang sudah disusun apik oleh tim redaksi. Pemberitaan ini mencakup berbagai peristiwa, kegiatan, dan hal menarik lainnya yang terjadi di dalam lingkungan FK Unud khususnya, agar diketahui oleh seluruh civitas akademika. Penerbitan majalah Injeksi dilakukan setiap dua bulan sekali pada bulan-bulan genap.

Klinik Jurnalistik (Klitik)

Pengembangan media jurnalistik harus didukung dengan modal manajemen dan sumber daya yang fasih dengan seluk beluk jurnalistik. Maka dirasa perlu adanya sebuah pelatihan untuk menyatukan visi dan meningkatkan pemahaman dalam berkarya di dunia tulis menulis ini. Dengan pelatihan ini juga diharapkan memberi solusi masalah kaderisasi yang terjadi di LPM PCYCO saat ini.

  • Divisi Injeksi Online

Era informasi atau “New Media” berkembang sangat cepat apalagi dengan hadirnya internet yang menimbulkan berbagai perubahan mendasar terhadap arus media. Seiring dengan itu, bertambahnya jumlah progam studi dan organisasi di FK Universitas Udayana membuat kebutuhan akan pemberitaan dan informasi di media Injeksi bertambah. Namun, kemampuan cetak majalah injeksi sangat terbatas. Tidak semua berita organisasi ataupun program studi dapat dipaparkan dalam majalah Injeksi. Berangkat dari hal tersebut, maka diperlukan sebuah media dengan lingkup yang lebih luas dan terjangkau. Maka, LPM PCYCO merasa perlu meluncurkan produk www.injeksionline.com yang menjadi majalah online. Pemberitaan yang ditampilkanpun lebih interaktif, actual, dan menyeluruh. Selain liputan kegiatan, dalam website tersebut juga diisi dengan berbagai informasi kesehatan.

  • Divisi IT

Pengelolaan Website

Website www.injeksionline.com serta web portal www.fkunud.com merupakan produk new media LPM PCYCO FK Unud. Website www.injeksionline.com merupakan sebuah website berita online yang di update setiap bulannya. Tidak hanya berita seputar kampus FK Unud, website ini juga memberikan informasi seputar kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Semakin banyaknya organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan FK Unud memerlukan wadah untuk publikasi online tentang berbagai informasi seputar keorganisasian, kegiatan ataupun informasi yang berkaitan. Hal ini memerlukan sebuah “pintu masuk” utama atau portal sehingga masyarakat umum lebih mudah mengakses informasi tersebut. Melihat hal tersebut, maka PCYCO mengelola website portal dimana nantinya dapat menjadi pintu masuk pertama menuju website-website resmi LMFK Unud maupun BSO dan organisasi resmi lainnya.

  • Divisi Pemasaran dan Pendanaan

Pekan Jurnalistik

Dunia jurnalistik kian banyak diminati oleh masyarakat di Bali terutama generasi muda. Tidak terkecuali para siswa yang kini kian kreatif dan berbakat dalam dunia jurnalistik, baik di bidang-tulis menulis maupun desain. Untuk itu, LPM PCYCO memandang perlu untuk menyediakan sebuah wadah dalam bentuk berbagai lomba untuk memperkenalkan sekaligus menyalurkan minat dan bakat para siswa dalam bidang jurnalistik, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Siaran Dialog Interaktif LPM PCYCO Bekerja Sama dengan Radio Pemerintah Kota Denpasar (RPKD)

Penyampaian informasi yang berhubungan dengan kesehatan melalui media radio dirasa cukup efektif untuk menumbuhkan perhatian masyarakat. LPM PCYCO menjalin kerjasama dengan RPKD 92,6 FM untuk meyediakan media informasi mengenai masalah kesehatan dalam bentuk dialog interaktif yang menghadirkan pembicara profesional (dokter) dan anggota LPM PCYCO sebagai pemandu. Dialog interaktif dikemas dalam format sederhana agar mudah dimengerti oleh pendengar.

Talkshow Nasional

Menulis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan berbagai tujuan seperti: menyelesaikan tugas dari sekolah, sebagai hiburan maupun dapat menjadi suatu pekerjaan. Teknik dalam menulis pun tergantung dari tujuan dari menulis dan seni dari penulis itu sendiri. Menulis terkadang dianggap merupakan suatu hal yang membosankan sehingga membuat banyak orang yang enggan untuk menulis.

LPM PCYCO yang bergerak dibidang jurnalistik menganggap perlunya diadakan sebuah talkshow nasional yang dapat merubah persepsi orang-orang tersebut agar dapat menganggap bahwa menulis itu menyenangkan dan bukan hanya sebuah tuntutan dari jenjang pendidikan atau tuntutan suatu pekerjaan. Dengan diadakannya seminar nasional mengenai menulis dan dikemas dengan menyenangkan dengan mengundang penulis-penulis yang berkualitas kami berharap dapat menambah keinginan banyak orang untuk menulis.

Tinggalkan komentar