LOMBA PENDIDIK SEBAYA SEBAGAI AJANG PROMOSI KESEHATAN OLEH SISWA SMP DI DENPASAR

 

Arsip Foto. Foto Bersama Pemenang Lomba Pendidik Sebaya 2019 di Level 21 Mall. (Foto HMKM FK Unud)

Pewarta : Maya Teresa

Denpasar (Injeksi Online)- Hari Anak Nasional 2019 diperingati dengan meriah dan penuh perencanaan oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (HMKM FK Unud). Setelah sebelumnya menyelesaiakan kegiatan bakti sosial sebagai salah satu rangkaian acara dalam memperingati Hari Anak Nasional, HMKM FK Unud kemudian mengadakan Lomba Pendidik Sebaya se-Kota Denpasar pada Jumat, 14 Juni 2019 yang dilaksanakan di Level 21 Mall. Lomba ini terbuka untuk siswa-siswi berusia 12-15 tahun yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama yang telah memiliki Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

Lomba yang terselenggara dibawah naungan Divisi Khusus Komunitas Mahasiswa Peduli Kesehatan Ibu dan Anak HMKM FK Unud ini megangkat tema “Wujudkan Generasi Peduli dan Tanggap Kesehatan”.  Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh lomba ini adalah juara dari perlombaan ini tidak hanya akan mendapat hadiah, namun juga akan mendapat pembinaan lebih lanjut oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Denpasar.

Dewayu Vera selaku ketua panitia pelaksana Lomba Pendidik Sebaya mengungkapkan penyelenggaraan lomba ini telah berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Serta jika dilihat dari tolok ukur keberhasilan panitia, yang awalnya menargetkan lima peserta untuk berada di final ternyata berhasil mendapatkan enam peserta. Sehingga, acara pun dapat dinilai telah suskses.

Tujuan dari pelaksanaan acara ini adalah untuk meningkatkan promosi kesehatan melalui kaderisasi untuk menyampaikan informasi kesehatan kepada teman-teman sebaya maupun masyarakat umum. “Harapan saya, semoga Lomba Pendidik Sebaya dapat dikembangkan lagi dan dilaksanakan lagi kearah yang lebih baik agar dapat menjaring teman-teman atau adik-adik yang dari SMP maupun SMA nanti agar dapat mengembangkan bakatnya serta melalui Lomba Pendidikan Sebaya ini nantinya dapat menyampaikan informasi kesehatan kepada teman-teman dan masyarakat umum,” ungkap Dewayu Vera di akhir sesi wawancara kami.

 

Editor : Aristya Prabadewi

Tinggalkan komentar