Yuk, Update Ilmu Tentang Hepatitis Misterius!

Halo, Sobat Injeksi! Bagaimana kabarnya? Semoga semua dalam keadaan yang baik, ya! Selaku calon tenaga kesehatan, tentunya kita harus selalu melakukan update terkait berita kesehatan. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyakit hepatitis misterius. Dikutip dari detik.com, penyakit hepatitis misterius ini pertama kali dilaporkan oleh Inggris ke World Health Organization (WHO) pada Oktober 2021 yang lalu.

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan hepatitis misterius, Sobat Injeksi sudah tahu belum arti dari hepatitis itu sendiri? Menurut KBBI, hepatitis berarti radang hati. Radang hati ini dapat dipicu oleh infeksi dari virus hepatitis. Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini dunia sedang diguncangkan oleh kabar hepatitis misterius atau bisa disebut hepatitis akut. Penyakit baru ini disebut sebagai hepatitis misterius karena memiliki gejala yang menyerupai penyakit hepatitis lainnya, tetapi tidak disebabkan oleh virus umum hepatitis seperti virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Gejala klinis hepatitis akut ini adalah nyeri pada perut, diare, dan muntah-muntah. Pada sebagian besar kasus, penyintas hepatitis akut ini tidak memiliki gejala demam. Selain gejala klinis, ditemukan juga kadar enzim hati yang meningkat pada hasil tes laboratorium penyintas.

Menurut penelitian yang dilakukan World Health Organization (WHO), para penyintas hepatitis misterius terinfeksi oleh adenovirus dan beberapa diantaranya juga terinfeksi SARS-CoV-2. Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, dr. Dwi Prasetyo, Sp.A(K) menjelaskan bahwa penyakit ini menyerang anak-anak dengan kelompok usia satu hingga 17 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga bisa tertular. Dilansir dari tvonenews.com, sampai saat ini hanya ada satu kasus dilaporkan pada wilayah Bali, yaitu pada anak laki-laki berusia dua tahun tanpa riwayat bepergian keluar daerah dengan hasil negatif terhadap virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan terkait etiologi dari penyakit hepatitis akut ini. Meski begitu, Sobat Injeksi tidak perlu khawatir karena proses penyebaran penyakit ini tidak ada klaster sehingga tidak terlalu mudah penularannya.

Sebagai calon tenaga kesehatan, tentunya pencegahan penting untuk dilakukan sesuai dengan kapasitas yang dapat kita upayakan. Kita dapat memulainya dari diri sendiri dengan menerapkan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit hepatitis akut ini. Selanjutnya, kita juga dapat terlibat untuk menyuarakan upaya pencegahan pada masyarakat khususnya terhadap kelompok anak yang berusia 1-17 tahun. Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Bali, dr. IGN Sanjaya Putra mengatakan pencegahan paling baik dari hepatitis misterius ini adalah dengan menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan, tidak menggunakan alat makan bersama, memakan makanan yang bersih, dan minum air yang layak.

Jadi, apakah Sobat Injeksi sudah mendapat pencerahan artikel ini? Semoga artikel ini dapat berguna bagi Sobat Injeksi semua! Jangan lupa untuk selalu update ilmu terkait kesehatan dan jaga kesehatan!

Referensi:

Ramadhanty, R. (2022). Mungkinkah Hepatitis Misterius Menyerang Orang Dewasa? Ini Kata Pakar. detikHealth. Retrieved 31 May 2022, from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6072563/mungkinkah-hepatitis-misterius-menyerang-orang-dewasa-ini-kata-pakar

Sagita, N. (2022). Hepatitis Misterius Disebut Lebih Dulu Muncul di India, Inikah Sebabnya?. detikHealth. Retrieved 31 May 2022, from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6081536/hepatitis-misterius-disebut-lebih-dulu-muncul-di-india-inikah-sebabnya.

Wiyanto, A. (2022). Balita Pasien Pertama Hepatitis Akut Misterius di Bali, Tidak Memiliki Riwayat Perjalanan Keluar Daerah. Tvonenews.com. Retrieved 31 May 2022, from https://www.tvonenews.com/daerah/bali/43466-balita-pasien-pertama-hepatitis-akut-misterius-di-bali-tidak-memiliki-riwayat-perjalanan-keluar-daerah?utm_source=line&utm_medium=partnership&utm_campaign=jagodangdut-line

World Health Organization (23 April 2022). Disease Outbreak News; Multi-Country – Acute, severe hepatitis of unknown origin in children. WHO.int. Retrieved 31 May 2022, from https://www.who.int/emergencies/disease-outbreak-news/item/2022-DON376

Staff: Olivia Theodora

Editor: Yosephina Gracela Taji

Redaktur: Desak Ayu Shanka Putti Darapatni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *