TIPS KESEHATAN: Buah Utuh vs Jus Buah, Mana yang Lebih Sehat?

Buah Utuh vs Jus Buah,

Mana yang Lebih Sehat?

Halo, Sobat Injeksi! Perdebatan antara buah utuh dan jus buah sama panasnya seperti perdebatan ayam dan telur. Ada orang yang mengatakan bahwa memakan buah utuh itu lebih sehat, ada juga yang mengatakan sebaliknya. Bagi Sobat Injeksi yang penasaran akan jawabannya, yuk lanjut baca sampai habis!

Beberapa orang meyakini bahwa meminum jus buah membantu mereka untuk menurunkan berat badan karena dapat berfungsi sebagai detoks. Akan tetapi, keyakinan ini tidak sepenuhnya benar. Dilansir dalam website Mayo Clinic tahun 2023, mengonsumsi jus buah walaupun dari buah utuh bisa saja menurunkan berat badan seseorang, tetapi efeknya akan segera menghilang dan berat badan akan kembali jika kembali mengonsumsi olahan makanan lainnya. Detoks dan diet jus buah ini tidak pernah terbukti maupun didukung oleh penelitian. Sementara itu, jus buah yang sudah diproses memiliki kandungan gula yang lebih banyak sehingga tidak baik untuk dikonsumsi, khususnya bagi penderita diabetes. Jus buah juga memiliki kandungan serat yang rendah sehingga dapat meningkatkan nafsu makan karena tidak mengenyangkan. Kandungan serat rendah ditambah lagi dengan kandungan gula yang tinggi membuat berat badan semakin meningkat pula!

Berbeda dengan jus buah, mengonsumsi buah utuh secara langsung terbukti lebih menyehatkan daripada meminum jus buah. Dilansir dari website Standford Children tahun 2024, kandungan serat yang tinggi dalam buah utuh membuat perut kenyang dalam waktu yang cukup lama sehingga baik untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Kalori rendah dalam buah utuh dapat menurunkan risiko penyakit kolesterol. Mengunyah buah yang berserat juga dapat mempertahankan kesehatan mulut dan mencegah overeating seperti yang dilansir di website Healthshots tahun 2022. 

Karena sekarang Sobat Injeksi sudah tahu jika buah utuh lebih sehat untuk dikonsumsi, tetapi masih bingung karena kurang suka makan buah, nih. Jangan khawatir, penulis akan memberikan tips mengolah buah agar kandungan seratnya masih terjaga! Ada banyak olahan buah-buahan segar tanpa harus diubah dalam bentuk jus; seperti membuat rujak buah, menambahkan potongan-potongan kecil buah ke dalam roti atau di atas kue, atau memakan buah-buahan kering jika tidak suka kandungan air dalam buah. Penulis juga ingin membagikan resep salad buah sehat sebagai penutup manis artikel ini. Yuk, disimak!

Bahan:

  1. Nanas
  2. Stroberi
  3. Anggur
  4. Pisang
  5. Jeruk nipis
  6. Madu
  7. Daun mint (opsional)

Langkah-langkah:

  1. Cuci stroberi dan anggur, lalu potong kecil.
  2. Potong nanas dan cuci untuk menghilangkan getahnya.
  3. Kupas dan potong pisang.
  4. Untuk membuat saus salad, peras jeruk nipis sesuai selera di dalam wadah kecil.
  5. Parut sedikit kulit jeruk nipis untuk mendapatkan lime zest.
  6. Masukkan 2 sendok makan madu untuk pemanis, aduk rata.
  7. Masukkan buah-buahan yang sudah dipotong ke dalam wadah besar.
  8. Campurkan saus yang sudah dibuat dan aduk hingga merata.
  9. Tambahkan daun mint untuk rasa segar.
  10. Salad buah siap dihidangkan.

Ingat ya, kalau salad buah buatan penulis ini tidak menggunakan mayonaise, keju, maupun kental manis! Kalau ditambah gula seperti salad buah pada umumnya, bukannya menyehatkan malah bikin gemuk dong. Yang benar aja, rugi dong! Selain itu, untuk isi saladnya bisa ditambahkan berbagai jenis buah sesuai selera. Semoga bermanfaat bagi Sobat Injeksi!

Penulis: Sheva Tangkas

Sumber:

  1. N. A. (2024). “Fruit vs. Fruit Juice: What’s the Difference?”. Stanford Children. URL bisa diakses di: https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=fruit-vs-fruit-juice-whats-the-difference-197-30060 (dibaca pada tanggal 12 Februari 2024).
  2. Gupta, A. (2022). “Here are 5 Reasons Why FRUITS are Better than Fruits Juice”. Healthshots. URL bisa diakses di: https://www.healthshots.com/healthy-eating/nutrition/heres-why-eating-whole-fruits-are-better-than-drinking-fruit-juice/ (dibaca pada tanggal 12 Februari 2024).
  3. Zeratsky, K (2023). “Is Juicing Healthier than Eating Whole Fruits or Vegetables?”. Mayo Clinic. URL bisa diakses di: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/juicing/faq-20058020#:~:text=The%20liquid%20contains%20most%20of,is%20lost%20during%20most%20juicing (dibaca pada tanggal 12 Februari 2024).
  4. Clarke, E. (2021). “Fruit Salad”. Well Plated. URL bisa diakses di: https://www.wellplated.com/fruit-salad/ (dibaca pada tanggal 13 Februari 2024).
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments