Self Care di Tengah Kesibukan? We Can Do It!

Hai Sobat Injeksi. Rotasi hari segera menuju ke bulan Juli nih. Tak jarang mahasiswa mulai menyiapkan berbagai agenda liburan atau melakukan me time, baik itu menggunakan berbagai skin care atau bahkan memulai self care. Hmm… bila berbicara mengenai self care, ada salah satu kutipan menarik dari Audre Lorde:

 “Caring for myself is not self-indulgence, it is self-preservation, and that is an act of political warfare”. 

Berdasarkan kutipan tersebut, kita bisa mengambil premis bahwa self care bukan tentang memanjakan diri, tetapi merawat diri agar lebih baik dari sebelumnya. 

Hah merawat diri? Artinya butuh waktu luang yang banyak dong? 

Eits, Sobat Injeksi jangan khawatir. Artikel ini akan berbagi kiat melakukan self care di tengah kesibukan. Mau tau caranya? Let’s get started!

Self care terdiri dari kata self yang berarti diri dan care yang artinya peduli atau merawat. Menurut Orem, self care merupakan cara individu memenuhi kebutuhan dalam mempertahankan kehidupan, baik saat sehat maupun sakit. Perawatan diri adalah suatu aktivitas untuk merawat diri pribadi guna mengurangi stres, mengatur serta meningkatkan kesehatan mental dari diri kita sendiri. Dapat digambarkan pula bahwa self care berupa tindakan sadar individu dalam meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional. Terdapat berbagai cara untuk melakukan self care, tetapi masih banyak orang yang lebih mengutamakan kemewahan, sehingga self care akan terasa melelahkan (apakah Sobat Injeksi salah satunya?)

Padahal, self care dapat dilakukan dengan cara apa pun tanpa perlu menunggu momen ‘mewah’ untuk melakukannya. Nah, berikut adalah aspek-aspek self care yang bisa Sobat Injeksi lakukan: 

  • Self Care Secara Fisik

Di tengah kesibukan, fisik berperan penting dalam melakukan pekerjaan agar optimal dan efisien. Self care secara fisik dapat dilakukan dengan mempertanyakan pada diri tentang apakah kegiatan yang akan dilakukan dapat memicu fisik lebih baik atau apakah tubuh telah mendapatkan istirahat yang cukup setelah beraktivitas? Apabila aktivitas yang dilakukan dapat memicu fisik menjadi lebih baik, serta mendapatkan istirahat yang cukup, maka akan membantu dalam melaksanakan aktivitas yang lain.

  • Self Care Secara Sosial

Memupuk hubungan dengan orang lain tentunya perlu meluangkan waktu dan energi. Tak jarang di tengah kesibukan, kita sering mengabaikan ajakan teman untuk bertemu. Padaha,l salah satu kunci self care secara sosial adalah ber-sosialisasi. Pertanyaan yang perlu ditanyakan pada diri adalah apakah kamu mempunyai waktu serta berapa lama durasi dalam pertemuan? Kadangkala pertanyaan ini sulit untuk dijawab mengingat aktivitas setiap individu bersifat heterogen. 

  • Self Care Secara Mental

Hal yang kita pikirkan akan mempengaruhi kesehatan secara psikologis. Dalam merawat mental, diperlukan kegiatan dalam mengasah ketajaman dalam memecahkan suatu permasalahan. Pertanyaan yang perlu ditanyakan pada diri adalah apakah kegiatan yang kamu lakukan merangsang kesehatan mental? Kegiatan ini akan melatih dialog batin sehingga self care dapat berujung pada love yourself. 

  • Self Care Secara Rohani

Gaya hidup umumnya mempengaruhi individu dalam bertindak, berucap dan berpikir. Salah satunya berupa pemikiran mengenai pemecahan masalah yang melibatkan spiritualitas. Gaya hidup ini akan membantu dalam mengembangkan kedekatan antara individu tersebut dengan alam semesta. Pertanyaan yang perlu ditanyakan pada diri adalah apakah aksi spiritual ini akan memberikan pengalaman ataupun pembelajaran kehidupan? Biasanya kegiatan dalam self care secara rohani dapat berbentuk meditasi, kebaktian keagamaan, dan kegiatan rohani lainnya. 

  • Self Care Secara Emosional

Pengembangan kreativitas di tengah kesibukan dapat membantu dalam mengekspresikan bagaimana perasaan serta menjadi kanopi di tengah padatnya kegiatan. Perasaan emosional individu kadangkala dapat mereda dengan rekreasi. Namun, pertanyaan yang perlu ditanyakan pada diri sebelum rekreasi adalah apakah kegiatan ini menjadi wadah peredaan emosimu? 

Nah, kini Sobat Injeksi sudah tau kan bagaimana cara self care di tengah kesibukan? Selain itu, ada pula referensi dalam melakukan self care saat pembelajaran oleh Amy Morin dalam Podcast The Verywell Mind. Coba dengarkan, ya! Oh ya, dari pemaparan di atas, singkatnya yang Sobat Injeksi perlu lakukan agar dapat melakukan self care di tengah kesibukan adalah (1) Mengidentifikasi kegiatan yang akan dilakukan; (2) Menentukan jadwal sesuai kebutuhan dan kemampuan diri; (3) Ubah persepsi bahwa self care bukan memanjakan diri dengan kemewahan, tetapi kebutuhan pokok agar diri dapat menikmati hidup. Oh ya, Sobat Injeksi yang mempunyai pengalaman dalam melakukan self care di tengah kesibukan belajar, bekerja maupun kegiatan lainnya boleh banget nih sharing-sharing di kolom komentar. Ditunggu ya cerita aksi Sobat Injeksi dalam melakukan self care!

Referensi:

Elizabeth Scott, MS. 2020. 5 Self-Care Practices for Every Area of Your Life. 5 Self-Care Practices For Every Area of Your Life. [online, accessed 14 June 2021] 

Kusuma, Ade Chandra Gita. 2020. Self-Care: Penting Untuk Dirimu. Self-Care: Pentingnya Merawat Diri untuk Kebahagiaan. [online, accessed 14 June 2021] 

Staff        : Monica

Redaktur    : Gita

Editor        : Ara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *