PKKMB KAMKESYANA 2022: Gabungan Student Day Fakultas dengan PKKMB

Halo, Sobat Injeksi! Apa kabar? Semoga semua dalam keadaan baik dan sehat ya. Tidak terasa kita sudah memasuki tahun ajaran baru. Apakah disini ada Sobat Injeksi yang baru diterima di Fakultas Kedokteran (FK) Unud tahun 2022 ini? Selamat datang dan salam kenal. Berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru, apakah Sobat Injeksi sudah tahu kalau proses kaderisasi tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya? Yuk, simak artikel berikut!

Tahun ini kaderisasi Student Day Fakultas Kedokteran berubah nama menjadi Student Day Hippocrates. Sebelum dijelaskan lebih lanjut, kira-kira Sobat Injeksi sudah tahu belum apa itu Student Day Fakultas? Student Day Fakultas Kedokteran adalah sebuah program kaderisasi mahasiswa baru fakultas kedokteran di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Unud. Namun, pada tahun ini nama program tersebut berubah menjadi Student Day Hippocrates.

Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua panitia Student Day Hippocrates, Felix Zefanya menjelaskan bahwa perubahan ini diikuti dengan perubahan konsep kegiatan secara besar-besaran, terutama dari segi “tensi” kegiatan kaderisasi yang hendak dihilangkan. “Sekarang ini tahun 2022, sudah tidak relevan lagi untuk mengadakan ospek yang melibatkan perpeloncoan atau senioritas,” jelasnya saat dihubungi oleh pihak LPM Pcyco.

Setelah kegiatan Student Day Hippocrates dirancang, pihak rektorat mengeluarkan Surat Edaran Nomor 8/UN14/SE/2022 tentang Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Udayana. Surat Edaran tersebut menegaskan bahwa program kaderisasi hanya meliputi PKKMB tingkat Universitas dan Fakultas. Adapun PKKMB merupakan program kaderisasi yang diselenggarakan oleh pihak universitas. Secara tidak langsung Student Day Hippocrates harus digabung dengan PKKMB tingkat Fakultas karena tidak bisa berjalan sendiri lagi.

Penggabungan Student Day Hippocrates dan PKKMB ini diberi nama PKKMB KAMKESYANA. KAMKESYANA merupakan singkatan dari Keluarga Mahasiswa Kesehatan Udayana. Dikutip dari akun instagram @metamorfosafk2022, makna khusus dari KAMKESYANA adalah sebuah identitas pemersatu bagi mahasiswa/i di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. “Inti dan tujuan PKKMB KAMKESYANA ini tentunya sama dengan PKKMB pada umumnya, yaitu mengenalkan FK Unud secara dasar kepada mahasiswa baru,” jelas Felix Zefanya selaku panitia PKKMB KAMKESYANA 2022.

Sebagai gambaran umum, PKKMB KAMKESYANA telah dilaksanakan selama 2 hari yang jatuh pada tanggal 10-11 Agustus 2022. Susunan kepanitiaan PKKMB KAMKESYANA diketuai oleh dr. IG. Made Gede Surya Chandra Trapika, M.Sc, Ph.D, seluruh koordinator bidang kepanitiaan adalah dosen FK Unud, dan mahasiswa angkatan 2020 sebagai anggota panitia.

Wah, kegiatan kaderisasi mahasiswa baru tahun ini ternyata mengalami berbagai perubahan yang mengharuskan segenap panitia dan pihak terkait untuk berusaha beradaptasi dengan perubahan tersebut. Namun, kegiatan PKKMB KAMKESYANA kemarin telah terlaksana dengan sangat baik sehingga sudah seharusnya kita mengapresiasi seluruh kinerja berbagai pihak yang terlibat. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif mengenai salah satu perjalanan kaderisasi di FK Unud! 

Staf Redaksi: Olivia Theodora
Editor: Yosephina Gracela Taji
Redaktur: Ni Made Meisya Maha Rani Pinatih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *