PKKMB FK Unud: Gerbang Awal Kehidupan Mahasiswa

Halo, para Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana! Kami ucapkan selamat datang kepada segenap civitas akademika yang hingga saat ini masih menjalani beberapa proses kaderisasi di FK Unud. Semoga selalu diberi kesehatan dan semangat dalam menjalani setiap prosesnya. Penerimaan mahasiswa baru telah diawali dengan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Tujuannya yaitu memperkenalkan kehidupan kampus sehingga nantinya mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan. PKKMB di FK Unud telah berhasil terlaksana pada tanggal 10-11 Agustus 2022.

Tahun ini PKKMB FK Unud dilaksanakan secara luar jaringan (luring) setelah selama dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) sehingga kegiatan ini tentu sangat dinantikan oleh seluruh civitas akademika di lingkungan FK. Dengan adanya perubahan ini, penyampaian esensi dan pesan-pesan positif bisa tersampaikan dengan lebih baik karena mampu berinteraksi secara langsung kepada seluruh mahasiswa baru. 

Dilihat dari sisi pelaksanaannya, PKKMB secara langsung dipandu oleh para dosen dan ketua program studi. Hal ini juga dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa baru untuk mengenal dan berinteraksi dengan para dosen. Dalam panduan pelaksanaan PKKMB pada asas pelaksanaan kegiatan di poin ketiga, dijelaskan bahwa kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, prinsip persaudaraan, dan anti kekerasan.

Secara umum, materi-materi yang diberikan kepada mahasiswa baru sangat beragam. Dalam panduan PKKMB 2022 disebutkan bahwa mahasiswa baru akan mendapatkan materi mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara yang mencakup pemahaman tentang Pancasila, toleransi, penanggulangan radikalisme, terorisme, dan pembinaan bela negara. Mahasiswa juga diberikan arahan mengenai sistem pendidikan tinggi di Indonesia seperti kurikulum untuk setiap program studi, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mengenal para dosen dan senior yang akan mereka temui selama proses perkuliahan kedepannya, fasilitas-fasilitas kampus yang diperoleh mahasiswa, pengenalan etika & tata krama, norma kehidupan di kampus, visi misi, kekerasan seksual, plagiarisme, pengenalan organisasi dan masih banyak lagi. Semua materi tersebut dikemas secara apik, informatif, dan interaktif untuk para mahasiswa baru.

Setiap kegiatan yang dilaksanakan tentunya ditujukan agar terdapat hasil sesuai harapan. Melalui kegiatan ini, diharapkan adanya pengembangan diri yang baik pada setiap mahasiswanya selama berproses di perkuliahan untuk menciptakan generasi yang unggul, mandiri dan berbudaya. Viva Hippocrates!

Referensi:

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Umum PKKMB 2022. Dikti.  http://www.dikti.go.id/pengumuman/panduan-umum-pkkmb-2022/

Staf Redaks: Rai

Editor: Tia

Redaktur: Adinda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *