Liputan Berita Talkshow World Earth Day KMPL 2021

Badan Semi Otonom Kelompok Mahasiswa Peduli Lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengadakan acara Talkshow World Earth Day 2021 yang berlangsung pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 pukul 08.00 – 11.25 WITA, yang dimana acara ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi cisco webex meetings. Acara ini merupakan acara dari program kerja Kelompok Mahasiswa Peduli Lingkungan untuk memperingati Hari Bumi Sedunia, yang dimana program kerja tersebut terdiri dari 2 kegiatan, yakni acara penanaman pohon bakau dan talkshow. Acara Talkshow World Earth Day pada tahun ini mengambil tema “Make Peace With Nature : Keep Your Plastic Bag Before They Drown You”. Adapun susunan acaranya terdiri dari :

  1. Pembukaan MC dan Doa
  2. Sambutan ketua panitia
  3. Sambutan ketua KMPL
  4. Sambutan ketua BEM
  5. Sambutan Wakil Dekan 3 sekaligus membuka acara
  6. Pembacaan CV Moderator
  7. Pembacaan CV Pembicara 1
  8. Pemaparan materi 1
  9. Tanya jawab
  10. Pembacaan CV Pembicara 2
  11. Pemaparan materi 2
  12. Tanya jawab
  13. Penutup dan dokumentasi

Adapun peserta dari acara Talkshow World Earth Day 2021 ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan juga mahasiswa diluar Fakultas Kedokteran. Sebanyak ± 100 orang hadir dalam acara Talkshow World Earth Day ini. Menurut Cahya Perdana, selaku ketua panitia Talkshow World Earth Day 2021, tujuan diadakannya acara Talkshow ini adalah ”lebih ingin menyadarkan kalau dunia masih perlu kader lingkungan yang cakap mengenai bahayanya sampah plastik, baik itu dari pemakaian sampai jadi limbah sekalipun dan tidak bisa dipungkiri kalau lingkungan pun juga dapat terkena dampak seperti terjadinya lingkungan yang secara tidak langsung dapat merujuk ke kesehatan”. Acara Talkshow World Earth Day 2021 ini juga mendatangkan 2 pembicara, yakni Dinni Septianingrum yang membawakan topik mengenai “ Why Plastic waste is so important to reduce?” dan Ni Made Utami Dwipayanti, ST., M.Benv., PhD yang membawakan topik “ Why Plastic waste accumulation can affect health?”.

Menurut Cahya Perdana, yang kerap disapa Cahya ini, juga mengatakan bahwa dirinya berharap kegiatan Talkshow World Earth Day di tahun berikutnya dapat kembali dilaksanakan secara offline dan cakupannya dapat lebih luas lagi.

Penulis : Tarisa Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *