Kenali Pers Berkualitas, Menuju Penguasaan Informasi Tak Terbatas

Halo Sobat Injeksi!

Apa yang pertama kali terbesit setelah mendengar kata media massa? Mungkin sebagian dari Sobat Injeksi akan berpikir tentang pemberitaan situasi bangsa dan negara melalui televisi, media sosial, radio, maupun koran. Namun, perlu diketahui juga bahwa media massa dan pers memiliki arti yang berbeda. Berbagai perspektif terkait makna pers telah disampaikan oleh para ahli. Akan tetapi, dalam UU Pers pasal 1 ayat 1 UU No. 40/1999, telah dijelaskan bahwa pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara dan gambar, data dan grafik, maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.1 Di sisi lain, media massa merupakan wadah atau media dari pers.

Sebuah filosofi yang digagas oleh Alvin Toffler, seorang penulis dan futurolog Amerika, membagi perkembangan peradaban manusia. Alvin Toffler mengungkapkan, di zaman sekarang ini, peradaban manusia mengalami transisi dari masyarakat industri menjadi masyarakat informasi. Dalam masyarakat informasi, berlaku kaidah, pemenang kompetisi dalam hidup adalah yang paling menguasai informasi.2 Hal tersebut nyata adanya, informasi kini sudah menjadi kebutuhan pokok seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Dengan demikian, keberadaan pers menjadi sangat penting di kehidupan masyarakat sebagai sarana komunikasi bagi masyarakat dan agent of change.  

Kini, jumlah media di Indonesia meningkat secara tajam. Tentunya hal ini mencerminkan semangat dari media akan kebebasan pers yang bermuara pada kepentingan publik. Berdasarkan perkiraan Dewan Pers, jumlah media cetak dan online pada tahun 2018 sekitar 43.300 media.3 Namun, media pers yang terverifikasi diantaranya media administrasi maupun faktual lebih dari 200 media, 100 media diantaranya (50%) adalah media cetak dan 40 media (20%) media cyber.4 Memperoleh verifikasi dari Dewan Pers menjadi suatu keharusan bagi media guna mencegah penyalahgunaan media oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut beberapa sumber berita atau informasi yang lolos verifikasi dari Dewan Pers yang dapat Sobat Injeksi gunakan untuk mengakses informasi yang berkualitas dan terpercaya. 

  1. m.mediaindonesia.com

Pada awalnya, Media Indonesia merupakan koran nasional yang terbit sejak 19 Januari 1970. Dengan tagline ‘Jujur Bersuara,’ Media Indonesia terus berupaya menampilkan berita-berita aktual untuk memenuhi kebutuhan informasi para pembacanya. Visi untuk membangun sebuah harian independen dan menatap hari esok yang lebih baik tetap tidak berubah. 6

  1. Kompas.com

Kompas.com adalah salah satu pioneer media online di Indonesia ketika pertama kali hadir di internet dengan domain kompas.com pada 1996. Berbagai penghargaan diterima Kompas.com dari masa ke masa. Penghargaan terakhir yang diraihnya, yaitu pada tahun 2019 mendapat predikat WOW Brand Award (News website) dan Superbrands Awards (Trusted Online Media).7 

  1. Pikiran-rakyat.com

Redaksi Pikiran-Rakyat.com setiap hari menyajikan berita nasional dan internasional secara cepat dan terpercaya. Pikiran-Rakyat.com memegang prinsip “siger tengah,” artinya informasi yang ditayangkan berdasarkan fakta, berimbang, etis, dan bebas hoaks.8

  1. Bali Post

Bali Post adalah sebuah surat kabar harian ibu kota provinsi yang terbesar di Kota Denpasar. Selain itu, Harian Pagi Bali Post mengklaim sebagai “Pengemban Pengamal Pancasila” dan menjadi salah satu harian dengan oplah terbesar di Bali.9

  1. Radio Republik Indonesia (RRI)

RRI adalah satu-satunya radio yang menyandang nama negara dengan siarannya ditunjukkan untuk kepentingan bangsa dan negara. RRI memiliki kekuatan 62 stasiun penyiaran termasuk siaran luar negeri dan satuan kerja. Adapun visinya, yakni menjadikan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI radio berjaringan terluas, pembangun karakter bangsa, dan berkelas dunia.10

Jadi, setelah membaca artikel ini, Sobat Injeksi diharapkan kritis dan peduli terhadap media pers dan haus akan informasi maupun ilmu pengetahuan untuk memperkaya wawasan. Hal yang tak kalah pentingnya lagi, pers yang berkualitas akan melahirkan gagasan-gagasan yang berkualitas juga dari masyarakat. 

Referensi

  1. Dewanpers. (2019). FAQ (Frequently Asked Questions. Available at:<https://dewanpers.or.id/kontak/faq/start/330>[Accessed 9 May 2021].
  2. Dewanpers. (2018). Publik Perlu Media Terverifikasi. Available at:<https://dewanpers.or.id/publikasi/opini_detail/161/Publik_Perlu_Media_Terverifikasi>[Accessed 9 May 2021].
  3. Dewanpers. (2018). Verifikasi Perusahaan Media Penting. Available at:<https://dewanpers.or.id/berita/detail/1098/Verifikasi-Perusahaan-Media-Penting>[Accessed 9 May 2021].
  4. Dewanpers. (2018). Program Pendataan Menjadi. Available at:<https://dewanpers.or.id/berita/detail/978/Progam-Pendataan-Menjadi>[Accessed 9 May 2021].
  5.  Damarjati, D. (2017). Ini 74 Media yang Terverifikasi Dewan Pers. Available at:<https://news.detik.com/berita/d-3413992/ini-74-media-yang-terverifikasi-dewan-pers/3>[Accessed 9 May 2021].
  6. Media Indonesia. Tentang Kami.  Available at:<https://m.mediaindonesia.com/statics/aboutus>[Accessed 10 May 2021].
  7. Kompas.com. About us. Availabe at:<https://inside.kompas.com/about-us>[Accessed 10 May 2021].
  8. pikiran-rakyat.com. Tentang pikiran-rakyat.com. Available at:<https://www.pikiran-rakyat.com/about-us>[Accessed 10 May 2021].
  9. rri.co.id. Profil LPP RRI. Available at:<https://m.rri.co.id/profil>[Accessed 10 May 2021].
  10. Joseagush. (2021). Bali Post. Available at:<https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bali_Post>[Accessed 10 May 2021].

Staff : Tia

Redaktur : Gita

Editor: Ratih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *