Home » Artikel » World No Tobacco Day 2013; “Matikan Rokok anda, sebelum rokok mematikan anda”

World No Tobacco Day 2013; “Matikan Rokok anda, sebelum rokok mematikan anda”

Kampanye tentang rokok yang diadakan pada tanggal 31 Mei lalu mengundang banyak perhatian publik. Sebagai icon pemberantas rokok, mahasiswa dari program studi dari seluruh Denpasar berkoar-koar mengunjuk rasa dalam memperingati “World no tobacco day”. Seramai apakah kegiatan ini ?aktivis anti rokok membawa spanduk yang berisikan ajakan dan slogan untuk menjauhi rokok 

 Kebersamaan aktivis anti rokok yang menjadikan hari anti tembakau sedunia sebagai momentum kampanya anti tembakau di bali.

Mungkin ini bukan pertama kalinya, orasi yang dilakukan disekitar pinggir jalan sudah tentu mengundang sejauh mata memandang. Spanduk dan papan yang bertuliskan “Dilarang Merokok!” tersebut memberikan daya tarik kepada masyarakat sekitar untuk sadar akan bahaya rokok. Orasi ini berlangsung mulai dari jam 15.00 wita dibuka disekitar jalan dekat traffic light sebelah pusat perbelanjaan yang cukup besar di jalan PB. Sudirman Denpasar, selama kurang lebih satu jam acara berjalan cukup lancar. Walaupun ada sedikit kemacetan. Selanjutnya acara dilakukan disekitaran bundaran dekat lapangan puputan yang berada di jalan catur muka. Saat inilah kampanye dilakukan secara habis-habisan, para mahasiswa pun ada yang nekat kampanye di tengah jalan yang pada saat itu traffic light menunjukkan warna merah, tanpa rasa malu dan semangat yang tinggi mereka bernyanyi selama 60 detik waktu traffic light berjalan. Hal itu dilakukan berkali-kali, hingga ada beberapa masyarakat yang tersenyum geli melihat tingkah para aktivis ini melakukan kampanye yang cukup unik. Orasi dijalankan oleh beberapa aktivis muda dari Fakultas kedokteran Udayana, Fakultas Kedokteran gigi Mahasaraswati, Fakultas Kedokteran Mahasiswa Warmadewa, dan Mahasiswa Poltekes. Beberapa dari mereka menggunakan baju yang sama  berisi kata-kata mutiara tentang pencegahan rokok dimana satu satu kata yang cukup menarik seperti  “Matikan rokok anda sebelum rokok mematikan anda. World no tobacco day!” – isi slogan di salah satu spanduk. Kampanye ini bukan dilakukan tanpa ada tujuan yang jelas. Meningkatnya perokok dan semakin mudanya usia perokok kini tengah menjadi sorotan dunia. Bukan hanya mereka yang sudah bekerja dan mampu membeli, namun anak-anak usia dibawah 15 tahun yang notabene belum bekerja kini bisa kita lihat di pinggiran kota dngan jari-jari kecil mereka memegang erat sepuntung rokok. Menggunakan hari tanpa tembakau sedunia, menjadikan ini sebagai moment untuk memngingatkan kembali bahaya merokok bagi masyarakat luas dan juga mengajak serta membangkikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup dan nikmatnya hidup tanpa asap rokok.

Article by: @Lyaachan

Edited by: @dedekfriday

Tinggalkan komentar