Home » FK Unud » VNT Corner, Berbagi Ilmu dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

VNT Corner, Berbagi Ilmu dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Denpasar-injeksionline.com VNT (Voluntary Nursing Team) merupakan suatu divisi khusus di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Udayana. VNT beranggotakan mahasiswa dan mahasiswi dari program studi ilmu keperawatan yang telah mengikuti perekrutan dan pelatihan. Dalam VNT perekrutan dilakukan dengan sistem diklat. Diklat yang dijalani oleh para calon anggota VNT ini diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti pemberian materi-materi yang menarik dan tentunya berkaitan dengan keperawatan. Diklat VNT sendiri memiliki tiga tingkatan yang bertahap dan wajib dilalui oleh anggotanya yang masih aktif. Ketiga tingkatan diklat tersebut secara berurut adalah diklat basic, middle, dan advance.

Dalam VNT diklat basic merupakan diklat pada tingkatan paling dasar yang diselenggarakan untuk merekrut calon anggota VNT dari mahasiswa maupun mahasiswi program studi ilmu keperawatan yang akan belajar dan mengabdikan diri dalam divisi khusus VNT. Setelah diklat basic kemudian anggota VNT nantinya akan melanjutkan ke tingkat middle sampai tingkat advance. Selain kegiatan diklat yang diselenggarakan, terdapat beberapa kegiatan lain yang tak kalah menariknya yaitu kegiatan rutin VNT sebagai calon tenaga medis yang turun langsung ke masyarakat. Kegiatan rutin tersebut adalah VNT Corner.

Suasana pelayanan kesehatan di VNT Corner

Suasana pelayanan kesehatan di VNT Corner

Kegiatan VNT Corner ini adalah sebuah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap hari minggu. Dimana kegiatan ini telah dilaksanakan dari bulan April sampai nanti bulan November 2014. Kegiatan ini sendiri bernama resmi yaitu VNT Corner divisi khusus VNT HMIK FK UNUD. Sedangkan peserta VNT Corner adalah anggota VNT tingkat middle, baik itu anggota VNT yang telah lulus tingkat basic dan sedang melanjutkan ke tingkat middle maupun anggota VNT yang telah lebih dahulu di tingkat middle.

Menurut PIC kegiatan VNT Corner yaitu Ni Luh Ayu Sudi Susanti mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan adalah sebagai ajang untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan oleh anggota VNT kepada masyarakat untuk persiapan nantinya apabila sudah terjun ke dunia kerja. Bertempat di lapangan Puputan Badung, kegiatan VNT Corner meliputi pemberian pelayan kesehatan seperti cek tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol. Menariknya kegiatan pelayanan kesehatan ini dilakukan tanpa memungut biaya atau gratis. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat yang berada disekitar lapangan Puputan Badung. Disinii dapat dilihat salah satu contoh dari kegiatan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang positif dan bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga bagi orang-orang disekitar khususnya masyarakat.

VNT Corner yang dilaksanakan dari mulai jam 7 pagi sampai dengan jam 10 pagi ini ternyata memiliki sedikit hambatan yaitu keterbatasan alat untuk pengukuran atau cek gula darah, asam urat, dan kolesterol, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan mengalami sedikit kendala. Meskipun terdapat kendala dan hambatan namun kegiatan VNT Corner dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Para anggota VNT sangat antusia dalam melaksanakan kegiatan ini. Salah satu anggota yang turut serta dalam kegiatan ini adalah Citra Anjasmara dan Messy Juliantini yang mengaku merasa terkesan dan bangga ketika mengikuti kegiatan karena untuk pertama kalinya tahu bagaimana cara mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari seperti cek gula darah, kolesterol dan asam urat dan tahu bagaimana cara bersosialisasi di masyarakat.

Oleh: Umi Krisdyantini

Tinggalkan komentar