Home » Featured » Valentine’s Day

Valentine’s Day

valentine dayDenpasar-injeksionline.com Valentine’s Day merupakan hari yang identik dengan perayaan cinta dan kasih sayang. Umumnya, hari kasih sayang ini dirayakan bersama orang yang dicintai dengan memberikan hadiah-hadiah yang dapat mewakili perasaan cinta dan kasih sayang. Hadiah tersebut biasanya berupa cokelat atau rangkaian bunga mawar yang dihiasi kartu ucapan khas valentine. Perayaan hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari ini telah menjadi agenda rutin dan wajib setiap tahunnya, terutama bagi para pasangan. Banyak diantara mereka yang menjadikan hari valentine ini sebagai ajang pembuktian cinta mereka yang romantis terhadap pasangannya. Tindakan kecil yang dilakukan pada hari ini dapat begitu bermakna bagi pasangan.

Perayaan valentine’s day pada saat ini memiliki makna untuk merayakan kasih sayang dengan orang-orang tercinta yang dilengkapi dengan pemberian berbagai pernak-pernik dan hadiah khas valentine. Namun, sebenarnya perayaan valentine ini memiliki makna yang berbeda ketika kita tahu sejarah dari perayaan valentine itu sendiri. Sejarah hari valentine ini sendiri masih kontroversial dikarenakan sejarahnya yang belum terlalu jelas dan memiliki beragam versi yang berbeda-beda. Dari berbagai versi tersebut ada satu kisah yang unik dan terkenal mengenai sejarah perayaan valentine yaitu kisah tentang perjuangan seorang pendeta terhadap cinta dan kasih sayang.

14 Februari 269 M merupakan hari meninggalnya seorang pendeta kristen yang juga dikenal sebagai tabib (dokter) yang dermawan yang bernama Valentine. Dikisahkan semasa hidupnya ia berjuang dalam melawan kekejaman dari Kaisar Claudius yang berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya. Untuk mewujudkan ambisinya tersebut Kaisar Claudius memiliki sebuah ide gila yang melarang adanya pernikahan.

St. Valentine menolak dan tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi ini akhirnya diketahui oleh kaisar kemudian memutuskan untuk menangkap St. Valentine dan divonis hukuman mati. Banyak orang yang pada saat itu mendukung St. Valentine, mereka memberikan bunga dan pesan dukungan padanya. Hingga kematian Valentine pun tiba yaitu pada 14 Februari, kisahnya kemudian menyebar dan meluas.  Orang-orang di berbagai belahan dunia lalu menetapkan 14 Februari sebagai hari kasih sayang atau yang lebih dikenal dengan valentine’s day hingga saat ini.

Coklat dan bunga mawar

Coklat dan bunga mawar.

Seiring berjalannya waktu, Valentine’s day yang dirayakan diberbagai belahan dunia mengalami berbagai perubahan dan perkembangan yang unik. Semua itu tergambar melalui tradisi yang berbeda-beda di setiap negara dalam menyambut hari kasih sayang ini. Beberapa diantaranya memiliki tradisi unik yang telah berlangsung selama berabad-abad. Seperti perayaan valentine di Inggris perayaan hari Valentine dimulai sejak abad ke-17 dan di pertengahan abad ke-18, umumnya dirayakan dengan bertukar uang koin atau surat dengan tulisan tangan.

Selain itu terdapat sebuah kepercayaan yang dahulu berkembang di Inggris, dimana para perempuan lajang percaya bahwa  pria pertama yang mereka lihat di hari Valentine merupakan jodoh mereka atau wajahnya mirip dengan pria yang menjadi jodoh mereka. Mereka juga menyimpan empat helai daun salam di atas bantal dan memakan sebutir telur yang bagian kuningnya digantikan dengan garam. Tradisi ini berlangsung berabad-abad lalu dan mulai ditinggalkan di era modern.

Pada zaman modern ini tradisi yang berabad-abad tersebut telah ditinggalkan. Kini perayaan hari valentine lebih kepada pengungkapan perasaan cinta dan kasih sayang pada orang yang dicintai dengan memberikan hadiah berupa coklat maupun bunga mawar. Cokelat yang populer di hari valentine sendiri merupakan hasil dari gagasan Richard Cadbury yang memperkenalkan hadiah sekotak cokelat pada tahun 1868. Sedangkan bunga mawar sendiri dipercaya sebagai bunga favorit dewi Venus yaitu dewi cinta dan melambangkan perasaan yang kuat akan cinta.

Terlepas dari semua hal tersebut, perayaan hari kasih sayang atau valentine’s day merupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Namun, yang paling penting adalah makna dari perayaan itu sendiri dan tentunya perayaan hari kasih sayang haruslah diisi dengan hal-hal positif yang bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, merayakan cinta dan kasih sayang tidak hanya pada hari tertentu saja dan dengan orang tertentu saja. Berbagi cinta dan kasih sayang juga dapat kita lakukan setiap hari pada siapa saja dan tidak terbatas.

“Happy Valentine’s Day!”


Oleh : Umi

Sumber :

http://archive.tabloidbintang.com/extra/wiki-bintang/20902-bagaimana-tradisi-valentine-di-berbagai-negara.html

http://forum.kompas.com/teras/66347-asal-muasal-perayaan-hari-valentine.html

http://www.vemale.com/relationship/love/11797-10-fakta-unik-tentang-hari-valentine.html

Tinggalkan komentar