Upgrading HMIK 2020 : Forming Management that has a Good Mental Character and High Integrity in The Organization

Sabtu, 16 Mei 2020 telah berlangsung Upgrading Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan 2020 yang dilaksanakan secara daring melalui Cisco Webex dimulai pukul 07.30 WITA-selesai. Upgrading HMIK ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan HMIK di setiap pergantian kepengurusan. Adapun tema yang di ambil Upgrading HMIK tahun 2020 ini adalah Forming Management that has a Good Mental Character and High Integrity in The Organization dengan bertujuan dapat meningkatkan karakter mental yang baik dari pengurus HMIK, dapat menerapkan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) ke seluruh civitas FK Unud, menghilangkan jarak dan senioritas antar angkatan serta agar pengurus dapat berintegrasi di HMIK bukan sekedar memenuhi SKP organisasi. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator PSSKPN, Ketua BEM FK Unud, panitia Upgrading HMIK 2020, serta para pengurus HMIK FK Unud tahun 2020/2021.

Upgrading HMIK kali ini mengundang dua pembicara yaitu Ns. I Gusti Ayu Pramitaresthi, S.Kep., M.Kep dan Ns.Desak Made Widyawati, S.Kep. “Ibarat beras jika berasnya bersih dan bagus, maka nasi yang dimasakpun akan terasa enak. Begitu juga dengan organisasi, jika anggota didalamnya memiliki karakter yang positif, maka organisasi akan maju dan kokoh,” tutur Ns. Mita dalam penyampaian materi terkait Pembentukan Karakter Mental Organisasi Kemahasiswaan. Sebagai alumni PSSKPN angkatan 2014, Ns. Desak pun memberikan materi terkait Integritas dalam Organisasi.

Dalam wawancara ketua Upgrading HMIK 2020, Sri Febriyanti menuturkan kesulitan mengadakan acara di tengah pandemi ini yakni konsultasi terkait acara pada dosen maupun SC menjadi kurang maksimal dan susah untuk melakukan follow up beberapa anggota panitia. Hal ini karena tidak bertemu langsung secara tatap muka dan terkadang ada beberapa anggota yang tidak merespon sehingga ia was-was apakah anggota sudah mulai bertugas atau belum. Ia juga menambahkan meskipun di tengah pandemi seperti ini acara Upgrading HMIK 2020 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Penulis : Ainun Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *