Home » Artikel » Tips Memulai Wisata Mendaki Gunung

Tips Memulai Wisata Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Denpasar-injeksionline.com Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam yang sudah terkenal sampai ke luar negeri. Keindahan alamnya sangat beragam dan menawarkan berbagai wisata yang menarik.  Beberapa diantaranya menawarkan keindahan pantai, hutan hujan tropis, tempat-tempat bersejarah, dan pegunungan. Jumlah pegunungan yang terdapat di Indonesia merupakan salah satu yang terbanyak jumlahnya di dunia. Terdiri dari gunung-gunung yang masih aktif dan ada pula yang sudah tidak aktif. Semua gunung tersebut menyimpan keindahan alam yang menakjubkan, sehingga wisata mendaki gunung seakan-akan tidak pernah surut.

Bagi anda yang memiliki hobi dalam aktivitas-aktivitas yang memacu adrenalin, wisata mendaki gunung bisa menjadi pilihan menarik untuk mengisi waktu liburan. Beratnya medan yang dilalui ketika mendaki akan menambah semangat  untuk dapat mencapai puncak gunung. Anda akan merasa tertantang untuk menyelesaikan medan pendakian lalu melihat suguhan pemandangan alam yang menakjubkan dari atas ketinggian. Hal tersebut tentulah sangat menyenangkan. Perjalanan mendaki gunung yang menyenangkan ini tentunya harus memerhatikan faktor-faktor keselamatan. Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan referensi untuk menambah kesiapan anda ketika memutuskan untuk wisata mendaki gunung.

 Persiapkan kondisi tubuh

Kesehatan merupakan faktor yang terpentng untuk anda mendaki gunung. Untuk sampai di puncak gunung pastinya medan berat akan anda lewati. Hal ini mewajibkan anda untuk  memiliki kondisi tubuh yang fit, sehingga perjalanan tidak terganggu.

Mencari  informasi tentang gunung yang akan didaki

Dapat berupa informasi mengenai medan yang akan dilalui selama mendaki, sumber-sumber mata air yang tersedia, tempat-tempat aman disekitar gunung untuk mendirikan tenda, mengetahui perubahan dan kondisi alam yang khas di areal gunung tersebut.

Mengingat rute pendakian

Anda harus memperhatikan rute pendakian anda ke puncak gunung. Dengan mengingat rute pendakian maka anda akan tahu rute mana yang sulit dan anda juga dapat mempersiapkan diri dan peralatan yang diperlukan untuk menempuh rute tersebut.

Membawa barang dengan baik dan tidak berlebihan

Bawalah barang- barang yang di perlukan saat pendakian gunung agar tidak terlalu membebani punggung dengan menggunakan tas punggung, sehingga tidak terlalu keletihan di saat mendaki.

Menggunakan  sepatu khusus untuk mendaki gunung

Memakai sepatu yang aman dan kuat untuk mendaki gunung. Sehingga tidak tergelincir saat melewati medan yang licin. Gunakanlah sepatu yang berbahan dasar karet yang kuat agar pijakan ke tanah tetap tegap dan kuat.

Membawa alat pengukur ketinggian dan kompas

Pentingnya membawa alat pengukur ketinggian dan kompas untuk seorang pendaki agar tidak tersesat saat mendaki apabila di perlukan.

Membawa tenda dan tas tidur untuk menginap di sekitar gunung

Jika mendaki gunung tidak mungkin untuk mencapai puncak dalam waktu hanya satu hari. Anda pasti akan menginap di sana , untuk menginap di sana anda harus mempersiapkan tenda dan perlengkapan tidur yang aman dan posisi yang aman pula.

Pentingnya nutrisi dan cairan yang cukup

Mendaki gunung pasti membutuhkan tenaga dan akan membuat kita cepat lapar dan haus maka dari itu makanlah makanan yang cukup dan sehat agar stamina tetap terjaga. Selain itu minumlah yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi

Membawa alat penerangan

Untuk menerangi kita disaat parjalanan alat seperti senter sangat diperlukan. Selain itu korek api juga dibutuhkan  untuk membuat api unggun, menghangatkan badan, dan mengusir serangga.

Jangan sampai ketinggalan rombongan

Anda harus fokus berada di belakang rombongan anda jangan sampai anda berjalan terlalu cepat maupun berjalan lambat dan menyebabkan anda terpisah oleh rombongan anda. Karena dengan mendaki bersama rekan – rekan sependakian yang ramai akan membuat diri anda terjaga dan saling menjaga.

Demikian beberapa tips sederhana saat anda mencoba untuk mendaki gunung, pastikan anda dalam keadaan sehat dan siap dalam segala hal untuk memulai mendaki gunung. Sehingga anda dapat menikmati perjalanan dan melihat keindahan Indonesia dari atas ketinggian.

 

Oleh : Umi Krisdyantini

Tinggalkan komentar