Home » Artikel » Tips Hemat Untuk Anak Kos

Tips Hemat Untuk Anak Kos

Denpasar – InjeksiOnline.com. Mayoritas anak kos khususnya mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua akan kehabisan uang sebelum waktunya. Tapi tenang, hal itu dapat dicegah maupun dihindari. Ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan dengan konsisten agar simpanan uang tetap aman. Check these out, guys!

1. Buat anggaran belanja alias rencana pengeluaran
Jika dalam 1 bulan kamu diberi jatah sebanyak 1 bagian, pastikan hitung dulu ada berapa hari lagi sampai kiriman untuk bulan depan datang. Jika 30 hari lagi, maka bagi uang jadi 30. Sebagai referensi, bagilah pengeluaran menjadi beberapa minggu dalam 1 bulan. Jadi, jika ada 4 minggu dalam 1 bulan berarti kamu harus membagi uang kiriman orang tua menjadi 4 bagian. Kamu juga harus bisa membedakan antara pengeluaran tetap dengan pengeluaran tidak tetap. Pengeluaran tetap itu misalnya, untuk pembelian bahan bakar kendaraan, pembayaran jasa kos, dll. Jangan sampai pengeluaran tetap dikorbankan untuk kepentingan yang sekunder, dan bahkan tersier.

2. Pintarlah dalam mengelola makanan
Dalam hal makanan tidak jarang para penghuni kost membeli makanan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Belum lagi membeli berbagai snack. Nah, sudah bisa terbayang berapa kali kalian mengeluarkan uang dalam sehari bukan? Untuk memperkecil pengeluaran serta mengurangi resiko terkena penyakit akibat ambiguitas dalam kesehatan makanan di luar, maka  buatlah makanan sendiri. Apabila di kost an tidak ada dapur tersendiri maka ada baiknya untuk bersama-sama dengan teman kos yang lain mengumpulkan uang bersama untuk membeli bahan makanan bersama. Paling tidak buatlah nasi sendiri dan beli lauk di tempat yang terjaga kebersihannya.

3. Cucilah baju sendiri
Banyak anak kos tidak mencuci baju mereka sendiri. Entah karena malas, gengsi, atau alasan lainnya. Padahal, jika dihitung-hitung, pengeluaran untuk jasa laundry juga menguras jatah bulanan.

4. Konversi kendaraan bermotor ke non-motor

Jika jarak kampus / sekolah dari tempat kos tidak jauh, jalan kaki saja juga cukup. Dengan begitu, kamu sudah menghemat biaya untuk membeli bensin sekaligus menyelamatkan bumi dari kelebihan kadar gas buang kendaraan bermotor.

Monggo dicoba tipsnya. Semoga bermanfaat ya 😉 (Sita) edited by @yudofandhie


Tinggalkan komentar