Home » Artikel » Tips Diet untuk Makanan Anti Kanker

Tips Diet untuk Makanan Anti Kanker

Denpasar – InjeksiOnline.com. Tepat pada tanggal 4 Februari Dunia merayakan Hari Kanker. Telah kita ketahui kini penyakit kanker telah menjadi momok yang cukup mengerikan bagi seluruh umat manusia di seluruh dunia. Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak normal yang menyerang organ dengan cepat sehingga fungsinya hancur dan menyebabkan kematian. Namun tenang dulu, kanker bisa dicegah.  Pencegahannya bisa kita lakukan melalui makanan, lho.

So, check this out, guys!

  1. 1.       Perbanyak Konsumsi Rumput Laut
    Penelitian Harvard School of Public Health, misalnya, menemukan tikus yang diberi makan kelp (satu jenis rumput laut) memiliki kemungkinan mengidap kanker payudara lebih rendah bila dibandingkan tikus yang tidak makan kelp. Karena itu cobalah mengkonsumsi rumput-rumput laut seperti kelp, nori atau alga hijau seperti spirulina dan chlorella, paling tidak 3 gram sehari.

    2. Kurangi Makanan Berlemak.
    Menurut para ahli , pola makan kaya lemak dapat mengahasilkan zat kimia dalam usus yang ketika berhubungan dengan bakteri akan merubahnya menjadi estrogen. Estrogen ini kemudian disimpan dalam jaringan lemak payudara sehingga membuat sel dalam area ini lebih besar kemungkinan tumbuh menjadi kanker. Dengan membatasi konsumsi lemak sehari-hari, sampai kira-kira 20 % dari seluruh konsumsi kalori, Anda berarti telah mengurangi peluang tumbuhnya kanker payudara.

    3. Perbanyak Konsumsi Serat.
    Serat dalam buah dan sayuran dapat mempengaruhi metabolisme estrogen dalam tubuh dan menurunkan estrogen dalam darah.

    4. Perbanyak Konsumsi Ikan.
    Dengan makan sedikitnya 3 porsi ikan laut setiap minggu seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden dapat membantu mencegah kanker payudara. Omega 3 pada ikan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan dan menghalangi pengaruh tumor yang menyebabkan kanker.

    5. Perbanyak Konsumsi Produk dari Kedelai.
    Kacang kedelai dan produk kedelai lainnya mengandung genistein, sejenis estrogen alami yang memperkecil kemungkinan tumbuhnya kanker. Makanan produk kedelai dapat melindungi tubuh dari hormon penyebab tumor.

Nah, tidak ada salahnya untuk mencoba tips diatas dari sekarang. So, atur makanan yang kamu konsumsi dan tetap sehat ya! (Sita) edited by @yudofandhie

Tinggalkan komentar