Home » Artikel » Tips agar Jantung Sehat

Tips agar Jantung Sehat

Denpasar-injeksi online. Jantung adalah organ yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Fungsi jantung adalah memompa aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Sehubungan dengan vitalnya fungsi organ tersebut, maka adalah sebuah kewajiban untuk menjaganya agar tetap sehat. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti untuk menjaga kesehatan jantung, so let’s check this out!

1.       Ambil setiap kesempatan untuk berolah raga.

Latihlah jantung dengan memilih naik tangga dibandingkan naik lift. Parkir kendaraan Anda lebih jauh agar Anda dapat berjalan kaki lebih lama. Kerjakan sebagian pekerjaan rumah yang biasanya diserahkan kepada pembantu, seperti menyapu, mengepel lantai, atau mencuci kendaraan. Shopping  juga merupakan pilihan latihan jantung yang asyik loh.

2.       Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari akan menjaga jantung tetap sehat. Pilihlah makanan yang rendah kolesterol, rendah lemak, dan juga rendah garam. Lemak jenuh dalam makanan mudah diubah menjadi “kolesterol jahat” yang berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner.  Perbanyak makan seafood yang kaya omega-3 dan sayuran/buah-buahan kaya serat dan vitamin. Pilih susu rendah lemak agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

3.       Kendalikan berat badan.

Jaga berat badanmu agar tidak kegemukan. Bila saat ini dalam keadaan overweight atau obesitas, ikuti program yang secara bertahap dapat menurunkan berat badan. Obesitas membuatmu lebih rentan terhadap banyak penyakit.

4.       Hentikan Kebiasaan Merokok.

Segera hentikan kebiasaan merokok karena dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gregg Fonarow, ahli jantung dari School of Medicine at the University of California, disebutkan bahwa seseorang yang merokok lebih mungkin untuk menderita serangan jantung. Serangan jantung akan dialami kurang lebih satu dekade setelah memulai merokok atau mungkin lebih cepat dari itu. Itu berarti merokok dapat mengurangi 10 tahun usia normal manusia.

5.       Monitor tekanan darah dan tingkat kolesterol.

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengukur tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Hipertensi seringkali hadir tanpa disadari, sehingga sering disebut “silent killer”.

6.       Hindari stress

Stress yang tinggi meningkatkan risiko serangan jantung. Ambil waktu untuk bersantai, perbanyak bergaul dengan orang lain yang membuat kamu happy dan sejenak melupakan beban hidup, serta istirahat secukupnya.

 

So, enjoy your life and be healthy! (sita)

Tinggalkan komentar