Home » FK Unud » The Second International Conference of Indegenous and Cultural Psychology

The Second International Conference of Indegenous and Cultural Psychology

Denpasar – InjeksiOnline.com. Beberapa waktu yang lalu, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) sukses menjadi tuan rumah konferensi tingkat internasional, The Second International Conference of Indegenous and Cultural Psychology (red : The 2nd ICICP). Program studi termuda di FK Unud ini berhasil mendapatkan kepercayaan penuh dari Asian Association of Indegenous and Cultural Psychology (AAICP) untuk menyelenggarakan ajang tersebut.

Perhelatan yang berlangsung 21 Desember sampai 23 Desember 2011 di FK Unud ini diikuti oleh 377 peserta dari 20 negara yang tersebar di lima belahan benua. Tingkat pendidikan para peserta di ajang ini beragam, mulai dari mahasiswa hingga yang sudah professor. Para peserta bersedia datang jauh-jauh ke Bali dengan sebuah tujuan yaitu membagi hasil riset mereka terkait psikologi indigenous dan budaya yang mereka lakukan di daerah masing-masing dalam sesi presentasi oral dan poster dalam tiga hari tersebut.

Mengacu pada tema konferensi yaitu Factors Promoting Happines, Health, and Quality of Life maka para delegasi banyak membahas mengenai budaya negaranya terkait dengan aspek psikologis mereka dalam mencapai kebahagiaan hidup, kesehatan, dan juga kualitas kehidupan yang mereka miliki. Kearifan budaya lokal juga banyak dibahas dalam beberapa presentasi. Keberagaman ini memberikan suatu pandangan tersendiri bahwa makna kebahagian, kesehatan, dan kualitas kehidupan seseorang di setiap belahan dunia tentu berbeda, dan tentu tidak bisa disamakan. Namun melalui acara inilah kita diajak melihat perbedaan secara bijak.

Mahasiswa Psikologi sendiri tidak hanya dikerahkan menjadi panitia. Beberapa dari mereka juga menjadi pengisi acara di dalam acara pentas budaya pada malam pembukaan konferensi pada tanggal 21 Desember di Garuda Wisnu Kencana. Tak ingin ketinggalan, beberapa mahasiswa psikologi juga turut menjadi peserta untuk mempresentasikan hasil riset mereka dalam acara ini. Mahasiswa dan mahasiswi Psikologi FK Unud ini banyak membahas dan menyoroti aspek-aspek pokok dari kebahagian dan juga kualitas hidup remaja Bali (Adelia). edited by @yudofandhie

Acara dibuka oleh Pembantu Dekan 1 FK Unud

Salah satu peserta sedang mempresentasikan poster ilmiahnya

Peserta Thailand dalam presentasinya

Tinggalkan komentar