Tetap Produktif dan Waras Selama Working From Home

Halo Sobat Injeksi !

Istilah work from home tentu sudah tidak asing lagi bagi Sobat Injeksi sejak masa pandemi covid-19. Melakukan segala aktivitas kerja di rumah membuat sebagian besar orang harus menghabiskan banyak waktu di depan laptop atau menggunakan gadget. Dikutip dari artikel yang dirilis katadata.com dengan judul “The Next Great Disruption Is Hybrid Work – Are We Ready?” yang dirilis Microsoft pada 22 Maret 2021 lalu, sebanyak 54% karyawan merasa terlalu banyak bekerja sejak pandemi. Sebanyak 39% responden mengatakan mereka mengalami kelelahan digital (digital exhaustion) akibat tingginya intensitas literasi digital yakni layanan konferensi video microsoft 365 melonjak sebesar 148% dan pada layanan dokumen dan obrolan yang naik hingga 66% dan 45% selama periode Februari 2020-2021. 

Selain itu, artikel tersebut juga memaparkan hasil analisis data penelitian Condrowati dkk., dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yang dimuat dalam Advances in Health Sciences Research (2020) terhadap pekerja di Indonesia bahwa ada sebanyak 66,3% pekerja mengeluhkan gangguan ini selama WFH. Keluhan yang dialami diantaranya adalah nyeri leher, pundak, punggung bawah, dan punggung atas selama menjalani work from home. Dalam artikel analisa tersebut juga dipaparkan hasil analisa studi di Tiongkok yang dipublikasikan Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi (NCBI) pada 2020 yang menunjukkan bahwa gangguan psikologis juga ditemukan pada pekerja di masa pandemi, yakni depresi, insomnia, kekhawatiran berlebih, dan stres akut. 

Berbagai dampak negatif yang dirasakan selama work from home menjadi salah satu masalah yang perlu ditangani dengan tepat mengingat bahwa belum ada kepastian tentang akhir dari pandemi dan kapan semua orang akan kembali ke rutinitas kerja seperti dahulu. Walaupun saat ini beberapa orang telah mulai bekerja kembali ke kantor dan beberapa sekolah telah melaksanakan pembelajaran tatap muka, namun beberapa aturan tetap dan protokol kesehatan tetap berjalan. Oleh karena itu, diperlukan sistem kerja dan manajemen diri yang baik selama masa pandemi covid-19 ini agar tetap produktif dan tetap sehat di masa pandemi.

Berikut beberapa tips agar Sobat Injeksi tetap merasa nyaman bekerja dari rumah di kala pandemi namun tetap produktif. 

  • Menjaga kesehatan tubuh

Di masa pandemi, sobat injeksi memerlukan ketahanan imun yang baik agar tidak mudah terserang infeksi virus. Sobat Injeksi dapat mengonsumsi makanan sehat, berolahraga dan beristirahat yang cukup untuk selalu menjaga tubuh tetap fit.

  • Tetap waras di masa pandemi

Mencuri waktu untuk istirahat sejenak dari rutinitas harian dan mulai mencari hiburan ringan di rumah bersama keluarga dapat dilakukan untuk refreshing. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan hobi, atau hanya sekadar menonton Netflix sambil memesan kudapan. Hal-hal sederhana dapat membuat diri menjadi lebih relax dan menurunkan resiko burnout !

  • Menyusun jadwal produktif

Mengatur jadwal produktif dengan manajemen waktu yang baik akan dapat membuat segala pekerjaan dilakukan dengan lebih terorganisir sehingga sobat injeksi tetap memiliki waktu yang cukup untuk setiap kegiatan termasuk waktu untuk bersantai dan istirahat.

  • Memperketat protokol kesehatan

Di kantor, sekolah ataupun di rumah, mematuhi protokol kesehatan tetaplah suatu keharusan. Menjaga kebersihan ruang kerja/sekolah adalah hal yang sangat penting. Selain itu tidak lupa untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Referensi  :
“Mencari Sistem Kerja yang Sehat saat Pandemi Melandai – Analisis Data Katadata”. (n.d.). , available at: https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/6165c179e088b/mencari-sistem-kerja-yang-sehat-saat-pandemi-melandai (accessed 27 October 2021).

“Bagaimana Tempat Kerja yang Sehat selama Pandemi? | Lifepack.id”. (n.d.). , available at: https://lifepack.id/bagaimana-tempat-kerja-yang-sehat-selama-pandemi/ (accessed 27 October 2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *