TALKSHOW KESEHATAN DK KMP KIA

Pada Sabtu, 14 November 2020 telah dilaksanakan Talkshow Kesehatan DK KMP KIA yang dilaksanakan secara daring melalui Cisco Webex dimulai pukul 09.00 WITA – selesai dengan tema Let’s Avoid Sexual Abuse During A Pandemic by Incresing Your Knowledger of Sexual Health. Talkshow Kesehatan DK KMP KIA dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Koordinator Program Studi PSSKM, Pembina DK KMP KIA dan DK KMPT, perwakilan dari BEM dan Ketua HMKM. Talkshow DK KMP KIA sendiri merupakan proker tahunan yang dilaksanakan oleh HMKM FK UNUD yang dimana Talkshow Kesehatan ini secara bergantian dipegang oleh Divisi Khusus Kelompok Mahasiswa Peduli Tembakau dan Kelompok Mahasiswa Peduli Kesehatan Ibu dan Anak.

Arya Leonyta Kusuma atau Tata, selaku Ketua Talkshow Kesehatan DK KMP KIA menuturkan ia dan para panitia memilih tema Let’s Avoid Sexual Abuse During A Pandemic by Incresing Your Knowledger of Sexual Health dikarenakan banyaknya kasus-kasus pelecehan seksual yang terjadi di masyarakat apalagi pada masa pandemi ini yg semakin meningkat, sebab setiap tahunnya angka kasus pelecehan seksual meningkat. Selain itu juga ingin memberikan edukasi mengenai kesehatan reproduksi yang masih sulit diberikan karena dianggap tabu di masyarakat. Diharapkan dengan adanya Talkshow Kesehatan ini dapat memberikan manfaat untuk semua peserta dan ilmu yang di dapatkan juga dapat disebarluaskan ke banyak orang, serta pastinya diharapkan angka kasus pelecehan seksual semakin menurun.

Dikarenakan terselenggaranya Talkshow di tengah pandemi seperti ini, pasti terdapat kendala seperti kesulitan untuk berkoordinasi dengan para panitia karena sebagian besar panitia berada di luar Bali dan kesulitan mencari sponsorship di masa pandemi. Namun, Tata menuturkan kendala dan hambatan di setiap acara pasti ada dan hal itu menjadi hal yang wajar. Semuanya dapat diatasi bersama seperti dengan diadakannya rapat dan laporan mingguan. Ia juga menuturkan ia merasa senang sekaligus khawatir saat terpilih untuk mengetuai Talkshow Kesehatan DK KMP KIA di tahun ini, tetapi menurutnya menjadi ketua itu masalah tanggung jawab. Masalah-masalah yang datang selama berproses bersama panitia Talkshow DK KMP KIA ini ia analogikan sebagai kejutan kecil dan dijadikan pembelajaran tersendiri untuknya. Ia pun sangat berterima kasih kepada semua panitia Talkshow DK KMP KIA yang masih semangat menjalani tugas-tugas mereka walau di masa pandemi seperti sekarang ini.

Penulis: Ainun Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *