Home » FK Unud » SKGD III: Enhance Your Skill to Save Other

SKGD III: Enhance Your Skill to Save Other

Denpasar injeksionline.com Tim Bantuan Medis Janar Duta kembali menunjukkan eksistensinya dalam bidang kesehatan. Sebagai wujud kepedulian terhadap tingginya angka kematian ibu akibat pendarahan pada masa kehamilan, TBM Janar Duta menyelenggarakan Seminar Nasional Kegawatdaruratan (SKGD) III dengan mengambil tema “Prepare Yourself Into Emergency Situation: Enhance Your Skill to Save Other”. Seminar Nasional yang diadakan pada minggu kedua di Bulan Mei 2014 ini berlokasi di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Provinsi Bali.

Semnas Obgyn yang diselenggarakan oleh salah satu BSO di FK Udayana ini diawali dengan persembahan tari Galang Bulan oleh anggota serta anggota muda TBM Janar Duta. Setelah itu acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia dan berbagai sambutan dari Ketua TBM Janar Duta, Pembantu Dekan III, serta Gubernur Bali yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Seusai memberikan sepatah dua patah kata, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali bersama Pembantu Dekan III FK Unud yang didampingi oleh Anak Agung Ngurah Agung Harawikrama Adityawarma selaku ketua panitia membuka acara Semnas Kegawatdaruratan TBM Janar Duta dengan simbolis pemukulan gong sebanyak tiga kali.

Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya SKGD III

Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya SKGD III

Pada kesempatan kali ini, TBM Janar Duta menghadirkan tiga pembicara dan tiga moderator yang berkompeten di bidangnya untuk memberikan materi serta berdiskusi terkait kegawatdaruratan di bidang Obstetric dan Gynecology. Sebagai pembicara dr. I Wayan Artana Putra, SpOG hadir dengan materi Penanganan Pendarahan pada Awal Kehamilan. Kemudian dilanjutkan dengan coffee break dan penampilan akustik dari anggota TBM Janar Duta sebelum pembicara kedua menyampaikan materinya.

Sekitar pukul 11.30 WITA, acara dilanjutkan dengan pemberian materi kedua oleh Prof. dr. Made Kornia Karkata, SpOG(K) dengan topik Penanganan Pendarahan pada Akhir Kehamilan. dr. I Ketut Surya Negara, SpOG(K) hadir sebagai pembicara terakhir dengan materi Penanganan Pendarahan pada Pasca Melahirkan. Sepanjang pemberian materi dan sesi tanya jawab, para peserta yang terdiri dari kalangan dokter dan mahasiswa ini tampak antusias saat berdiskusi mengenai topik terkait. Sebagai wujud apresiasi panitia terhadap keaktifan para peserta, diberikan kenang-kenangan kepada penanya terbaik dari masing-masing sesi berdasarkan bobot pertanyaan yang diberikan. Peserta yang terpilih tersebut antara lain dr. Giri Chandra, Ida Ayu Komang Istri dari Siloam Bali Hospital, dan I Gusti Agung Manik Karuniadi, SST dari Stikes Bina Usadha Bali.

Seusai penutupan, para peserta diijinkan meninggalkan tempat kegiatan dan mengambil makan siang di meja konsumsi. Acara Semnas kali ini berlangsung dari pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 15.00 WITA. “Semoga Seminar Nasional Kegawatdaruratan kali ini mampu meningkatkan wawasan praktisi kesehatan maupun mahasiswa dalam bidang penanganan kegawatdaruratan obgyn dan dapat berpartisipasi dalam penurunan angka kematian ibu di Indonesia,” tutur Gung Hara selaku ketua panitia.

Oleh : Yuliantini

Tinggalkan komentar