Home » FK Unud » SERBA-SERBI INAGURASI FK 2013

SERBA-SERBI INAGURASI FK 2013

“Suara membahana terdengar dari dua ruang kelas di lantai 4 Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Tepat hari ini, Minggu (12/01) 2013 tengah berlangsung acara inagurasi yang diadakan rutin oleh setiap angkatan baru di FK Unud. Namun, ada yang berbeda di tahun ini. Apakah perbedaan tersebut?”

Acara Inagurasi ini sudah menjadi warisan melegenda bagi setiap angkatan baru di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.  Arti inagurasi sendiri seperti yang telah dijabarkan oleh Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, merupakan suatu ajang perkenalan diri dan nama angkatan yang dapat mencerminkan aura positif ataupun negatif dari diri sendiri. Menjadi suatu tanggung jawab yang besar bagi masing-masing angkatan agar tetap bisa menjaga nama baik program studi masing-masing.

Ada sedikit perbedaan dari pengadaan inagurasi di tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, acara berlangsung pagi hari, yakni dimulai pada pukul 09.45 WITA bertempat di RK 4.01 dan 4.02 Fakultas Kedokteran Unud. Adapun serangkaian acara ini diawali dengan doa bersama dan dibuka dengan penampilan tari Sekarjagat, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Ketua Panitia Inagurasi 2013, pemutaran video angkatan dan hiburan berupa band akustik, duet, pantomim, serta pemberian penghargaan nominasi kepada panitia PSFK 2013. Ketua Inagurasi menyampaikan, Inagurasi 2013 mengusung tema afecto en la diversida yang berarti enam prodi dari berbagai perbedaan menyatu menjadi satu.

Seperti angkatan terdahulu, masing-masing program studi di Fakultas Kedokteran Unud mendeklarasikan nama angkatan yang memiliki makna filosofis. Diawali dari program studi Ilmu Keperawatan yang bernama Onyxeuryzynth yang diambil dari kamus Dorland yang berarti penopang (tonggak) yang besar suatu kelompok ke delapan Prodi Ilmu Keperawatan yang menjadi penyatuan atau pengedar dari variasi setiap angkatan, baik angkatan atas dan angkatan bawah serta mampu menyalurkan variasi ilmu yang didapat ke masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya, program studi Psikologi menamakan dirinya dengan nama Hipnosys yang berasal dari nama Hipnos yang berarti dewa mimpi. Artinya kondisi dimana seseorang berada dalam kondisi antara sadar dan tidak sadar. Hipnosys mencerminkan The Community Penta Generation of Psychology 2013. Kemudian program studi Pendidikan Dokter menamakan dirinya dengan nama Coltraziuz yang berasal dari bahasa Yunani yang bermakna angkatan PSPD 2013 akan mampu seperti kolagen yang tahan terhadap tekanan dari mana pun dan seperti trapezius yang bekerja bahu-membahu secara sinergi menjadi tenaga medis yang unggul dan berbudaya.

Program studi selanjutnya adalah Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program studi ini terbilang simple karena secara temurun mengusung nama program studi kemudian diikuti dengan tahun angkatan. Jadi, identitas untuk angkatan 2013 prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah IKM 13.  Kemudian, program studi Fisioterapi angkatan 2013 yang menamakan dirinya Mesophryon merupakan bagian dari glabella yang merupakan tonjolan halus dari tulang frontal yang terletak di antara alis. Filosofinya adalah letak depan merupakan simbol kami untuk selalu menjadi yang terdepan sehingga dapat menjadikan prodi Fisioterapi dengan berkreatifitas, berinovasi dan berpikir ke depan untuk kemajuan dan perkembangan fisioterapi. Terakhir, program studi termuda di FK Unud adalah Prodi Kedokteran Gigi yang mengusung nama deciduous memiliki arti gigi susu pertama yang baru muncul ibarat angkatan pertama pada program studi Kedokteran Gigi dan berharap menjadi gigi permanen seiring dengan memberikan pengalaman kepada generasi selanjutnya.

Pelaksanaan Inagurasi ini tentu tak terlepas dari esensi kegiatan PKKMB dan Student Day Fakultas Kedokteran (PSFK) Unud. Berbagai suka duka dialami oleh pemilik nama lengkap I Kadek Edy Januar Sanjaya selaku ketua PSFK 2013. Kegiatan ini memikul tanggung jawab yang besar karena membawa nama angkatan pada kegiatan PSFK. Namun, terdapat makna positif yang tersirat. Menjadi suatu kebanggaan dapat merangkul kegiatan besar tersebut dan lebih mengenal karakter rekan-rekan sejawat. Dan harapannya untuk rekan-rekan angkatan 2013 adalah agar tetap menjaga hubungan internal dan eksternal dengan baik serta mampu mengharumkan nama FK Unud baik dengan prestasi akademis maupun non akademis.

Galeri Foto:

 

Tinggalkan komentar