Home » FK Unud » Semnas HM Psikologi: Self Awareness and Transpersonal Psychology

Semnas HM Psikologi: Self Awareness and Transpersonal Psychology

Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Program Studi Psikologi 2015 mengambil tema Self Awareness and Transpersonal Psychology dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juni 2015. Acara seminar dibuka pada pukul 09.00 WITA bertempat di ruang Auditorium Widya Sabha, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Rangkaian acara diawali dengan pembukaan dan doa, kemudian dilanjutkan dengan persembahan tari Cendrawasih. Adapun salah satu undangan yang hadir dalam acara ini adalah Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M. Kes selaku Pembantu Dekan I yang juga memberikan sambutan dan membuka acara Seminar Nasional HM Psikologi secara resmi dengan simbol memukul Gong.

Seminar yang diketuai oleh salah satu mahasiswi prodi Psikologi, Putu Diana Wulandari berujar bahwa dalam seminar ini ada dua materi yang diberikan dengan pembicara materi pertama adalah Mr. Thomas A.Budd dari California. Sir Thomas merupakan seorang Ph.D lulusan dari Pensylvania State University. Sekarang beliau menjabat sebagai President of Light Inspired Transformations Community dan juga Vice President of Invigorate Now Inc. Beliau tertarik dengan praktik energi spiritual (Sukyo Mahikari).

Materi yang dibawakan oleh Mr. Thomas A Budd berjudul “Tat Twam Asi : I am You”. Dalam pemaparan materi ini, Sir Thomas banyak memberikan materi-materi filosofis mengenai kepribadian seseorang. Beliau menyampaikan pada awal materi mengenai manusia yang memiliki peran yang berbeda-beda dalam hidup yang mereka jalani. Pertanyaan besar dalam hidup manusia yang seringkali berada di benak kita adalah: Siapakah kita? Mr. Thomas A. Budd menekankan mengenai peran manusia dalam suatu teori matematika Aljabar “10v3=X” dimana dalam satu X (diri kita) ada 1000 peran yang kita mainkan baik dalam keluarga maupun masyarakat. Peran-peran kita menjadi begitu banyak dipengaruhi oleh realita, fisik, pikiran dan energi yang kita miliki , dimana tiap individu memiliki kapasitas yang bervariasi.

Oleh karena itu , ketika satu poin kehidupan berhubungan dengan ribuan poin lainnya yang beroperasi dalam satu tubuh yang sama, bagaimana semua itu bisa terintegrasi dalam satu pribadi? Maka munculah beberapa teori cosmology untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai hidup. Teori cosmology dalam 3 cluster yang terdiri dari : Teori Cosmology Asia dengan dominasi nilai spiritual, Teori Cosmology Timur-Tengah dengan dominasi nilai keagamaan, dan Teori Cosmology Barat yang lebih menekankan ilmu pengetahuan.

Transpersonal Psychology merupakan suatu teori yang mengarah kepada pengalaman spiritual, keagamaan dan non-keagamaan. Dalam hidupnya, manusia akan berubah dalam menyikapi masalah-masalah yang mereka hadapi seiring berjalannya waktu dan kemudian akan memberi kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih stabil dan terbuka. Teori-teori psikologi transpersonal ini membantu manusia menjadi pribadi yang berasumsi secara filosofis berdasarkan nilai-nilai lahiriah, pengetahuan, dan bisa memberikan nilai yang sesuai dengan analisa multi-dimensi.

Pemberian materi Semnas HM Psikologi oleh pemateri  pertama

Pemberian materi Semnas HM Psikologi oleh pemateri pertama

Setelah materi selesai diberikan maka kemudian dilanjutkan dnegan sesi tanya jawab untuk 2 penanya pertama. Pemberian materi pertama pun resmi berakhir pukul 11.15 WITA dan dilanjutkan dengan acara coffee break dan pemberian materi kedua. Materi kedua ini disampaikan oleh Ibu I Gusti Ayu Diah Fridari, S.Psi., M.Psi., Psi. Materi kedua ini juga diisi oleh sesi meditasi. Acara Semnas HM Psikologi ini resmi diakhiri pukul 13.30 WITA. Namun, peserta yang memiliki tiket mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sesi “Palm Reading dan Tarot Reading” oleh para mahasiswa Psikologi. (Ayu Nursanti dan Ayu Hapsari)

Tinggalkan komentar