Semnas Baksosnas PON PTBMMKI 2015: Gali ilmu sebanyak mungkin, raih sahabat tiada akhir

Berselang tiga bulan dari Seminar Kegawatdaruratan Medis II, Tim Bantuan Medis (TBM) Janar D?ta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kembali menunjukkan eksistensinya melalui Seminar Nasional, Bakti Sosial Nasional, dan Pendidikan Organisasi Nasional (Semnas Baksosnas dan PON) Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI) 2015. Acara akbar ini merupakan salah satu program kerja PTBMMKI, yaitu sebuah organisasi nasional yang mewadahi seluruh Tim Bantuan Medis dari berbagai wilayah di nusantara. Tahun ini, TBM Janar Duta mendapat kesempatan sebagai tuan rumah dari acara bergengsi ini.

Semnas Baksosnas dan PON PTBMMKI 2015 berlangsung selama empat hari, yaitu dari Kamis, 4 Juni 2015 sampai dengan Minggu, 7 Juni 2015. Rangkaian kegiatan yang diketuai oleh Anak Agung Ngurah Agung Harawikrama Adityawarma ini diikuti oleh 93 orang delegasi yang berasal dari 25 TBM di seluruh Indonesia. Selama empat hari tersebut, panitia menata secara apik kegiatan yang tidak hanya dapat mengasah keterampilan dan menambah ilmu para delegasi di bidang kegawatdaruratan medis, tetapi juga mengasah soft skill melalui pendidikan organisasi, serta memperkenalkan Bali melalui city tour dan berbagai jenis hiburan khas daerah.

Hari pertama, para delegasi disambut dengan welcome party yang diselenggarakan di Hotel Nikki. Para delegasi memperkenalkan diri satu sama lain dengan mengenakan pakaian adat dan diiringi nyanyian daerah masing-masing, membuat aura nusantara makin kental dalam momen ini. Para delegasi juga disuguhkan tarian khas Bali dan berbagai hiburan lain yang menggambarkan budaya Pulau Dewata.

Hari kedua para delegasi diisi dengan kegiatan yang cukup padat. Berbagai materi diberikan, beberapa diantaranya adalah drowning, management disaster, water rescue, injeksi dan IVA yang masing-masing disampaikan oleh pembicara handal di bidangnya. Sore harinya, para delegasi menunjukkan aksi melalui workshop water rescue dan management disaster dengan tema Tsunami di Pantai Patrayasa. Walaupun harus mengangkut dan menangani korban sebanyak 30 orang saat management disaster, roman antusias masih melekat di wajah para delegasi. Hari kedua ditutup dengan pembekalan PON oleh Ketua Staf Diklat BPP PTBMMKI dan Staf Diklat PTBMMKI.

Sabtu, 6 Juni 2015 merupakan hari ketiga dari pelaksanaan Semnas Baksosnas PTBMMKI 2015. Hari ketiga ini diisi oleh salah satu kegiatan inti, yaitu Bakti Sosial Nasional yang dilaksanakan di Desa Paksebali, Kabupaten Klungkung. Pada Baksosnas ini para delegasi mendapat kesempatan untuk melatih keterampilannya di bidang anamnesis, pemeriksaan fisik, konseling, injeksi, dan IVA. Para delegasi juga melakukan penyuluhan terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pembagian sikat gigi gratis kepada para siswa SD. Selain itu ada sesi VCT dan pemberian kaca mata gratis kepada masyarakat setempat. Tentunya selama kegiatan Baksosnas ini para delegasi tidak bergerak sendiri, mereka didampingi oleh dokter-dokter yang berkompeten di bidangnya. Seusai Baksosnas, para delegasi dipersilahkan menikmati keindahan beberapa objek wisata di Pulau Bali, yaitu monkey forest dan museum lukisan Arma, Ubud.

Tak terasa sampai juga acara Semnas Baksosnas dan PON PTBMMKI di hari terakhir. Hari keempat diisi dengan salah satu acara yang juga ditunggu-tunggu, yaitu Seminar Nasional PTBMMKI 2015. Berbeda dengan rangkaian kegiatan lainnya, Semnas PTBMMKI 2015 dibuka untuk kalangan umum. Semnas yang mengangkat topik Response in Neuro Emergency ini dilaksanakan di Kantor Gubernur Wiswa Sabha, Denpasar. Hadir tiga orang dokter sebagai pembicara dalam semnas kali ini, yaitu Dr. dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, Sp.S(K) dengan materi Overview Neurology-Stroke Trauma Cavity, Prof. Dr. dr. Sri Maliawan, Sp.BS(K) yang membawakan Pendarahan Intrakranial, dan dr. Dewi Sutriani Mahalini, Sp.A sebagai pembicara terakhir dengan materi Kejang Demam pada Anak. Peserta semnas yang hadir tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, namun juga dokter, tenaga medis lainnya, dan siswa SMA turut meramaikan acara ini. Setelah Semnas usai, panitia menyiapkan sesi farewell party sebagai acara penutup.

Pada sesi farewell party, para delegasi dipersilahkan menukarkan cenderamata yang telah dibawa sebelumnya dan memberikan kesan pesan terkait rangkaian kegiatan selama empat hari tersebut. Farewell party pun berlanjut dengan makan bersama di Café Nyoman, Jimbaran. Ditemani ombak dan pemandangan senja dari pantai Jimbaran, para delegasi dan panitia berbaur saling bertukar cerita sebelum para delegasi kembali ke daerah masing-masing. Acara farewell party diakhiri dengan penerbangan sejumlah lampion di kawasan pantai. Layaknya keindahan lampion yang terbang dalam langit malam, semoga acara Semnas Baksosnas dan PON PTBMMKI 2015 yang digelar di Pulau Dewata ini dapat memberikan kesan tersendiri, pengalaman, dan selalu dikenang oleh para delegasi dan panitia. (Yuliantini)

Sesi pengarahan oleh Basarnas kepada para delegasi yang  hendak melakukan workshop water rescue
Sesi pengarahan oleh Basarnas kepada para delegasi yang hendak melakukan workshop water rescue
Pengarahan mekanisme management disaster oleh panitia yang  bertugas
Pengarahan mekanisme management disaster oleh panitia yang bertugas
Pemberian kaca mata gratis kepada warga setempat
Pemberian kaca mata gratis kepada warga setempat
Sesi foto bersama para delegasi
Sesi foto bersama para delegasi
Suasana welcome party Semnas Baksosnas PTBMMKI 2015
Suasana welcome party Semnas Baksosnas PTBMMKI 2015
Penyuluhan yang dilakukan oleh salah seorang delegasi
Penyuluhan yang dilakukan oleh salah seorang delegasi
Pembagian sikat gigi kepada siswa SD
Pembagian sikat gigi kepada siswa SD
Para pembicara dan undangan dalam Semnas PTBMMKI 2015
Para pembicara dan undangan dalam Semnas PTBMMKI 2015
Pengarahan singkat oleh dokter sebelum para delegasi  melakukan IVA
Pengarahan singkat oleh dokter sebelum para delegasi melakukan IVA
Situasi Semnas PTBMMKI 2015
Situasi Semnas PTBMMKI 2015

Tinggalkan komentar