Home » FK Unud » Seminar Nasional dan Talkhsow HMKG 2016 “Dental Tourism: Quality in Dental Health Care and Globalization of Dental Health Service”

Seminar Nasional dan Talkhsow HMKG 2016 “Dental Tourism: Quality in Dental Health Care and Globalization of Dental Health Service”

Pemukulan gong oleh dekan Fakultas Kedokteran-UNUD didampingi oleh KaprodiPSPDG Perwakilan BEM FK UNUD KetuA HMKG dan Ketua Panitia-sebagai tanda dibukanya seminar nasional dan talkshow HMKG 2016

Pemukulan gong oleh dekan Fakultas Kedokteran-UNUD didampingi oleh KaprodiPSPDG Perwakilan BEM FK UNUD KetuA HMKG dan Ketua Panitia-sebagai tanda dibukanya seminar nasional dan talkshow HMKG 2016

Seminar merupakan salah satu program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Gigi (HMKG). Setelah tahun lalu sukses dengan Seminar Regional, tahun ini HMKG kembali had

ir dengan cakupan yang lebih luas, yaitu Seminar Nasional dan Talkshow HMKG 2016. Mengusung tema “Dental Tourism: Quality in Dental Health Care and Globalization of Dental Health Service”, Seminar Nasional dan Talksow ini menjadi sangat menarik mengingat masih sangat jarang ada kegiatan yang mengangkat tema seperti ini. Dental Tourism sendiri merupakan bagian dari Medical Tourism yang merupakan sebuah istilah di mana seseorang pergi ke negara lain untuk mendapatkan perawatan atau pelayanan kesehatan gigi yang biasanya disertai dengan berwisata atau berlibur.

Seminar Nasional dan Talkshow HMKG ini berlangsung pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016, bertempat di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa kesehatan, yang didominasi oleh mahasiwa perawat gigi dan kedokteran gigi, serta dihadiri oleh dokter gigi. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama adalah seminar, dengan menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Pembicara pertama, dr. I Gede Wiryana Patra Jaya M.Kes (Direktur Utama Bali Royal Hospital) membawakan materi tentang Challenges to Create Health Tourism in Bali. Pembicara kedua, drg. Anik  Udyani Sandy, GOCO. MHSM (International Patient Support, Sanglah Public Hospital), membawakan materi  Readiness of Bali for Dental Tourism. Kemudian, pembicara ketiga, drg. Dewa Made Wedagama, Sp. KG (Ketua PDGI Pengwil Bali), membawakan materi Opportunities, Professional in Dental Tourism. Sesi berikutnya adalah talkshow bersama dua orang narasumber yaitu dr. I Ketut Satrya Wibawa (Manajer Klinik Penta Medica) dan Bagus Sudibya (PHRI Bali), dengan topik Travel Insurance in Medical Tourism.

            Putu Alit Listya Dewi, mahasiswa PSPDG FK Unud angkatan 2015 selaku Ketua Panitia Seminar Nasional dan Talkshow HMKG 2016, mengaku proses persiapan acara Seminar Nasional dan Talkshow HMKG 2016 ini membuatnya mengenal orang-orang hebat seperti para pembicara yang luar biasa dan teman-teman panitia yang antusias dalam persiapan kegiatan ini. Ia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia atas kerjasama dan kerja kerasnya selama ini, semangat untuk panitia tahun depan. Semoga tahun depan, HMKG dengan kepengurusan yang baru  bisa menyeleggarakan seminar yang lebih baik lagi. (lauren)

Tinggalkan komentar