Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » Seminar Kesehatan “Sepsis Neonatorum” KIH FK UNUD

Seminar Kesehatan “Sepsis Neonatorum” KIH FK UNUD

Sambutan Pembantu Dekan III sekaligus membuka acara seminar

Sambutan Pembantu Dekan III sekaligus membuka acara seminar

Denpasar-injeksionline.com Badan Semi Otonom, Kelompok Ilmiah Hippocrates, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mempersembahkan sebuah seminar kesehatan yang membahas  suatu masalah kesehatan yaitu Sepsis Neonatorum. Seminar yang mengangkat tema  “Managing Sepsis Neonatorum, Know the Causes, Treat the Disease” ini diselenggarakan pada hari Minggu, 23 Maret 2014. Seminar ini dimulai pukul 08.00 WITA sampai selesai yang bertempat di ruang kuliah 4.01-4.02, gedung Fakultas Kedokteran Udayana. Seminar kesehatan Sepsis Neonatorum menghadirkan dua orang narasumber yang berkompeten di bidang pediatrik. Beliau adalah dr. I Made Kardana, Sp.A(K) dan dr. Made Sukmawati, Sp.A.

Menurut ketua panitia yaitu Ni Gusti Ayu Putu Lestari Satria Dewi, seminar  ini merupakan seminar kesehatan yang mengangkat suatu masalah kesehatan yaitu sepsis neonatorum. Dimana dalam seminar ini membahas suatu syndrome atau gejala klinis suatu proses inflamasi sistemik yang terjadi pada neonatus atau anak yang baru lahir. Sementara, tujuan diadakannya seminar ini adalah pertama dilihat dari insiden sepsis neonatorum yang masih tinggi terjadi, terutama di Indonesia. Selain itu, seminar ini merupakan salah satu program kerja  dari divisi Hublu dan Pengda KIH FK Unud.

Dalam mengadakan suatu seminar diperlukan sesuatu yang urgent atau penting sehingga diputuskan untuk mengangkat tema sepsis neonatorum untuk dijadikan suatu seminar. Program kerja  ini dilaksanakan mulai dari bulan januari dan mulai efektif untuk menyebar informasi dan tiket yaitu pada bulan februari.  Dalam persiapan seminar dan pelaksanaannya ditemui beberapa kendala.  Pertama persiapan dari februari sampai maret yang hanya satu bulan efektif dengan banyak libur sehingga terhambat dalam komunikasi.  Kedua susah dalam penggalian dana, mencari peserta dan menyebar informasi karena banyaknya seminar baik di FK maupun diluar.

Seminar ini dihadiri oleh peserta dari mahasiswa FK UNUD, maupun dari luar. Acara seminar kesehatan sepsis neonatorum ini dimulai dengan doa, sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber. Sambutan diberikan oleh Ketua Panitia, Ketua BSO KIH, Perwakilan dari BEM FK UNUD, dan terakhir dari Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr I Made Jawi, M.Kes yang sekaligus membuka acara seminar kesehatan Neonatorum.

Peserta Seminar KIH

Peserta Seminar KIH

Dalam kesempatan tersebut, Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr I Made Jawi, M.Kes menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung  dan memberikan penghargaan yang tinggi  karena ide dari seminar ini cukup baik dan memberikan banyak kompetensi salah satunya kompetensi untuk belajar yang merupakan suatu proses dalam pendidikan. Melalui seminar sepsis neonatorum ini diharapkan peserta dapat belajar mandiri dan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang dapat disebarkan ke masyarakat luas. Selain itu,  dapat pula menurunkan angka  kejadian sepsis neonatorum yang sangat membahayakan.

Setelah acara sambutan-sambutan berakhir kemudian dilanjutkan pada acara pemberian materi. Materi pertama diberikan oleh dr. Made Sukmawati, Sp.A yang memberikan gambaran umum mengenai sepsis neonatorum. Dimana beliau memaparkan bahwa penyebab kematian neonatus yang paling sering adalah infeksi yaitu sebesar 42 %. Infeksi tersebut salah satunya adalah sepsis. Sepsis sendiri merupakan suatu sindrom atau kumpulan gejala klinis dari respon inflamasi sistemik (SIRS) terhadap proses infeksi. Sepsis dapat digolongkan ke dalam dua jenis yaitu pertama Sepsis awitan dini yaitu sepsis yang didapatkan dari ibu pada saat prenatal maupun persalinan dimana infeksinya muncul kurang dari 72 jam kelahiran. Sedangkan jenis yang kedua adalah sepsis awitan lambat yang diperoleh dari infeksi lingkungan seperti infeksi nosokomial yang muncul lebih dari 72 jam kelahiran. Selain itu disebutkan juga bahwa sepsis pada neonatus disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit.

Pemberi materi kedua yang tak kalah menarik adalah dr. I Made Kardana, Sp.A(K), dimana beliau memaparkan mengenai penatalaksanaan sepsis neonatorum, cara mencegah dan mengobati sepsis neonatorum. Tata laksana dalam kasus sepsis neonatorum ini meliputi terapi kausal, terapi suportif terapi tambahan, potensial treatment, dan pencegahan. Para peserta sangat antusias dalam mendengarkan dan bertanya terkait materi yang diberikan.

Oleh : Umi Krisdyantini

Tinggalkan komentar