Home » FK Unud » Seminar Kesehatan AKA IKM 2014

Seminar Kesehatan AKA IKM 2014

Denpasar, injeksionline.com Ajang Kreativitas Akbar (AKA) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh program studi (prodi) Ilmu  Kesehatan Masyarakat (IKM). Salah satu kegiatan AKA IKM 2014 ini adalah seminar kesehatan yang dilaksanakan pada sabtu 15 maret 2014 di ruang kuliah 401 dan 402 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud). Mengusung tema Prevention of Mother to Child Transmission of HIV/AIDS, seminar kesehatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan HIV/AIDS dari ibu ke anaknya.

Peserta yang hadir dalam acara seminar kesehatan ini berjumlah 200 orang yang berasal dari berbagai kalangan seperti praktisi kesehatan dari beberapa stikes di Bali, Poltekkes Denpasar, FK Unwar, Universitas Dhyana Pura, beberapa siswa SMA dan tidak ketinggalan pula peserta dari FK Unud.

Acara seminar ini dimulai pada pukul 09.00 wita yang diawali dengan doa, dan serangkaian acara pembukaan berupa persembahan tarian sekar jagat oleh mahasiswa IKM FK Unud, laporan dari ketua panitia AKA, sambutan ketua HMKM FK Unud, sambutan perwakilan dari ketua BEM FK Unud, sambutan perwakilan dari PD III yakni drh. Subrata dengan didampingi oleh Ni Putu Widarini, S.KM., M.PH. selaku Pembina kegiatan seminar kesehatan ini, sekaligus meresmikan pembukaan acara AKA secara simbolis dengan pemukulan gong.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber yang pertama yakni Prof.Dr.dr. I Nyoman Mangku Karmaya, M.Repro., PA(K). dengan materi yang dibahas adalah ”Mencegah Penularan HIV pada Perempuan Usia Reproduksi”. Materi ini memaparkan mengenai perempuan yang lebih rentan terjangkit HIV dan bahaya yang ditimbulkan oleh HIV pada perempuan usia remaja. Prof.Dr.dr. I Nyoman Mangku Karmaya, M.Repro., PA(K). atau yang akrab disapa Prof Mangku ini juga mengatakan bahwa ”HIV pada perempuan akan mengancam dirinya dan keturunannya”. Ada berbagai faktor yang dapat meningkatkan resiko bagi perempuan untuk terjangkit HIV salah satunya adalah faktor lingkungan dan sosial perempuan tersebut. Jumlah perempuan yang terinfeksi HIV setiap tahun terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah laki-laki yang melakukan hubungan seksual. Pencegahan yang dapat dilakukan yakni dengan memulai kesadaran di dalam diri sendiri untuk menghindari berbagai prilaku yang mungkin dapat menimbulkan dan meningkatkan resiko terjangkit HIV tersebut.

Pemberian materi kemudian dilanjutkan oleh dr. Luh Putu Lila Wulandari M.PH yang merupakan narasumber terakhir dalam acara seminar kesehatan AKA IKM 2014. Materi yang disampaikan adalah ”Pencegahan Penularan HIV pada Perempuan, Bayi dan Anak”. Dalam pemberian materi, dr. Luh Putu Lila Wulandari M.PH atau yang akrab disapa dr. wulan ini memberikan penjelasan mengenai resiko penularan HIV dari ibu kepada bayinya saat hamil, bersalin, dan menyusui dan cara untuk mengurangi resiko penularan HIV dari ibu kepada bayinya. ”Materi yang disampaikan cukup menarik dan bisa menambah wawasan saya mengenai HIV/AIDS,” ungkap Eka salah satu peserta seminar kesehatan dari prodi IKM FK Unud di akhir acara.

Oleh : Diah Andini

Tinggalkan komentar