SEMINAR KESEHATAN AKA 2020 : “DANGEROUS LOVE : GET OVER FROM ABUSIVE RELATIONSHIP IN ORDER TO PREVENT TRAUMA”

Seminar Kesehatan AKA merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan AKA (Ajang Kreaativitas Akbar) yang juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Pada tahun ini kegiatan Seminar Kesehatan AKA sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan adanya pandemic Covid-19 Seminar Kesehatan AKA untuk pertama kalinya dilaksanakan secara online dalam bentuk Webinar pada tanggal 01 Agustus 2020 melalui aplikasi Cisco Webex Meeting. Kegitatan ini dimulai dari pukul 08.00 – 12.10 Wita, dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes.

            Webinar Kesehatan AKA 2020 mengusung tema “Dangerous Love: Get Over From Abusive Relationship in Order to Prevent Trauma”. Tema ini dipilih dengan tujuan memberikan edukasi mengenai bagaimana langkah atau upaya untuk menghindari hubungan yang menjurus ke arah yang membahayakan berupa tindakan-tindakan abusive atau untuk menghindari toxic relationship. Melihat bagaimana hubungan remaja masa kini yang tana disadari sudah menjerumus ke toxic relationship menjadi salah satu alasan panitia untuk mengangkat topik ini menjadi tema webinar. Webinar Kesehatan AKA tahun ini mendatangkan dua pembicara yang memang sudah ahli dalam bidangnya yaitu pembicara yang pertama yakni Putu Nugrahaeni Widiasavitri, S.Psi, M.Psi dan pembicara yang kedua yakni Ns. Putu Ayu Emmy Savitri Karin, S. Kep., MNS. Disetiap sesi pembicara diselingi dengan tanya jawab selama 20 menit yang kemudian dilanjutkan dengan rangkuman materi. Kemudian acara diakhiri dengan pengundian doorprize.

            Karena untuk pertama kalinya seminar ini diadakan secara online tentu saja ditemukan beberap kesulitan dalam menjalani kegiatan ini. I Dewa Gede Agung Narendra Suputra, ketua Acara Webinar Kesehatan AKA 2020, membagikan pengalamnnya sebagai ketua acara untuk pertama kalinya melalui wawancara online dimana kesuliannya lebih kepada memutuskan konsep acaranya yang memang harus berubah 180 derajat terlebih lagi untuk pertama kalinya Ia menjadi ketua dan menjalankan seminar secara online. Namun meskipun begitu ia juga mengatakan bahwa Ia sangat senang bisa diberi kesempatan dan kepercayaan sebagai ketua acara dan merasa cukup tertantang untuk melancarkan kegiatan ini dan membuat kegiatan ini berjalan seperti seminar pada umumnya. Tak lupa Ia juga berharap bahwa dengan diadakannya webinar ini diharapkan para peserta bisa menanamkan nilai-nilai penting yang sudah diberikan oleh kedua pembicara.

Narasumber : I Dewa Gede Agung Narendra Suputra

Penulis : Putu Eka Wahyu Wulandari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *