Home » FK Unud » Seminar Grafologi, Mengungkap Rahasia Kepribadian Di Balik Tulisan Tangan

Seminar Grafologi, Mengungkap Rahasia Kepribadian Di Balik Tulisan Tangan

Hari Sabtu, tanggal 1 Maret 2014, Program Studi Psikologi menyelenggarakan seminar Grafologi yang mengangkat tema Memotivasi Diri Lewat Tulisan Tangan. Kegiatan seminar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran (BKFK) Universitas Udayana yang dilaksanakan bersamaan dengan seminar paralel yang dilaksanakan di Gedung Fakultas Kedokteran. Seminar Grafologi ini merupakan seminar pertama kali yang dilaksanakan oleh Prodi Psikologi sebagai bentuk partisipasi mereka dalam acara BKFK.

Acara seminar yang diketuai oleh Ibu Made Diah Lestari,S.Psi., M.Psi,. Psi. ini ternyata mengundang reaksi yang sangat baik dari berbagai pihak. Seminar ini ternyata sangat diminati oleh mahasiswa, dosen, Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSI) Bali, bahkan staff pengajar dari berbagai prodi. “Sampai kemarin terus ada peserta yang menghubungi kami untuk memesan tiket seminar. Kami menolak banyak sekali peserta karena tempat yang kurang memadai. Ini artinya bidang Grafologi sangat diminati oleh para mahasiswa maupun para dosen”, ujar Bu Diah pada saat memberikan sambutan.

Ketua Panitia saat memberikan sambutan

Ketua Panitia saat memberikan sambutan

Tidak hanya ketua panitia yang berbangga hati, ketua Prodi Psikologi, Ibu Dra. Adijanti Marheni, M.Si,Psi. juga menyampaikan apresiasinya pada acara ini karena dalam waktu yang singkat, kurang lebih selama satu bulan, para panitia dapat mempersiapkan acara ini dengan sangat baik. Bu Heni juga berharap dengan hadirnya pembicara yang sudah sangat ahli di bidang Grafologi, para peserta seminar akan memiliki pengetahuan dalam bidang Grafologi.

Narasumber yang berkesempatan hadir pada seminar kali ini adalah Syibly Avivy A. Mulachela atau yang biasa dipanggil Mas Aviv.  Beliau merupakan seorang Psikolog yang sekaligus merangkap menjadi Dosen LB Grafologi di Universitas Maranatha, Pimpinan Grafologi Indonesia, dan Wakil Presiden di International School of Handwriting Analysis (ISHA). Mas Aviv sendiri merupakan salah satu diantara lulusan terbaik di ISHA.  Beliau mulai belajar teknik Grafologi secara serius pada tahun 2008, dan beliau belajar teknik Grafologi dengan home study selama 4 tahun.

Adapun Moderator yang mendampingi pembicara seminar ini adalah Ibu Ni Made Swasti Wulanyani,  S.Psi, M.Si,Psi. yang merupakan dosen tetap di prodi Psikologi FK UNUD. Beliau saat ini menjabat sebagai sekretaris HIMPSI Bali. Dengan hadirnya narasumber dan moderator yang luar biasa ini, peserta tampak sangat antusias mengikuti seminar pertama yang diadakan oleh prodi Psikologi ini.

Acara seminar kali ini dibagi menjadi tiga sesi yaitu perkenalan, maeri inti, dan sesi Tanya jawab. Pada acara perkenalan, beliau menjelaskan apa itu Grafologi. Grafologi sendiri merupakan handwriting analysis untuk mengetahui kepribadian seseorang. Dalam kesempatan tersebut, Mas Aviv juga menekankan bahwa kepribadian itu sangat penting untuk diketahui karena pada kenyataannya, yang menentukan keberhasilan seseorang dalam pekerjaan bukan pengalaman, pendidikan, usia, jenis kelamin, ras, dan sebagainya, melainkan ditentukan oleh kepribadian seseorang. Manfaat dari Grafologi ini sangat banyak, diantaranya adalah mengetahui potensi seseorang, panduan untuk membantu mahasiswa dalam mengambil jurusan, mengenal pasangan, seleksi karyawan, membantu dokter dalam deteksi awal beberapa tipe gangguang atau penyakit, dan membantu dalam bidang forensik.

Pembicara saat menyajikan materi tentang Grafologi

Pembicara saat menyajikan materi tentang Grafologi

Selanjutnya, para peserta diminta untuk menulis tentang dirinya di sebuah kertas, dan kemudian dibimbing untuk mengetahui arti dari tulisan tangan mereka. Tulisan tangan itu dapat mencerminkan kepribadian seseorang, baik dari ukuran tulisan, kemiringan tulisan, tebal tipisnya, serta tekanan pada tulisan, bagaimana penggunaan kertas saat menulis, dan masih banyak yang lainnya. Mas Aviv juga menjelaskan jenis-jenis kepribadian berdasarkan setiap kriteria tulisan tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab, dimana penanya berhak mendapat voucher dari pembicara. Selain itu, ada juga door prize bagi para peserta seminar yang beruntung serta analisis tulisan pasangan dari 20 pendaftar pertama seminar.

Antusiasme peserta saat mengikuti seminar

Antusiasme peserta saat mengikuti seminar

Penyerahan plakat dan bingkisan dari ketua panitia (kiri) kepada pembicara (kanan)

Penyerahan plakat dan bingkisan dari ketua panitia (kiri) kepada pembicara (kanan)

Acara seminar Grafologi ini pada akhirnya memberikan banyak manfaat, terutama pada mahasiswa yang baru mengenal istilah Grafologi. “Acara seminar ini menurut saya cukup menambah ilmu, terutama tentang kepribadian.Walaupun hanya dasar-dasarnya saja, tetapi lumayan membantu setidaknya dalam mengenal karakter diri sendiri”, ujar Dayu Gangga, salah satu peserta seminar Grafologi. (Dayu Wiwid)

Tinggalkan komentar