IT Pcyco/ March 5, 2018/ Artikel, Injeksi Post, Kesehatan/ 0 comments

Beberapa contoh apple cider vinegar yang banyak beredar di pasaran

 

Pernah mendengar apple cider vinegar atau cuka apel? Beberapa selebritas dunia seperti Scarlett Johannsson dan Katy Perry menggunakannya sebagai ‘ramuan rahasia’ untuk menjaga keindahan kulit atau kesehatan tubuh. Selama beberapa dekade, cuka sari apel atau kerap disebut sebagai ACV (apple cider vinegar) oleh para penggemar setianya, telah diberi label sebagai makanan super karena banyak memberikan manfaat kesehatan. Meskipun memiliki aroma yang menyengat, ternyata ada beragam manfaat yang tersembunyi dibalik setetes cuka apel ini, loh!

  • Memutihkan Gigi

Dilansir Boldsky, kamu hanya perlu berkumur dengan 5 ml larutan cuka apel yang sudah dilarutkan dalam 200 ml atau satu gelas belimbing air. Gunakan larutan ini setiap hari untuk kumur-kumur. Jika dilakukan secara teratur, gigi akan menjadi lebih putih karena cuka apel mampu memudarkan noda kekuningan yang membuat senyuman jadi kurang sedap dipandang.

  • Sebagai Toner

Mungkin kita sudah sering melihat para youtubers yang menyatakan bahwa mereka menggunakan cuka apel sebagai toner, ternyata benar bahwa apple cider vinegar ini bagus digunakan sebagai toner khususnya bagi wajah yang rentan terkena jerawat. Caranya cukup dengan melarutkan cuka apel yang sudah pada air kemudian tuangkan pada kapas secukupnya, lalu aplikasikan ke daerah kulit yang bermasalah

  • Menghilangkan ketombe

Karena mengandung anti-jamur alami, coba atasi kulit kepala yang berketombe dengan mencampurkan cuka apel ke dalam air (perbandingan 1:1). Aplikasikan pada kulit kepala dengan pijatan lembut sebelum Anda mencuci rambut dengan shampo. Untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa mencampur sedikit cuka apel dengan shampo saat mencuci rambut.

  • Mampu mengurangi keinginan untuk mengemil

Kemampuan cuka apel mengontrol kadar gula darah otomatis meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengurangi keinginan untuk mengudap makanan manis. Dengan kadar gula darah stabil, kecil kemungkinan Anda ingin makan camilan manis.

  • Merawat kulit yang terbakar matahari

Jika kulit terbakar sinar matahari, coba aplikasikan setengah cangkir cuka apel yang sudah dicampur dengan 4 cangkir air. Celupkan handuk atau kain ke dalam cairan tersebut, lalu kompres pada area kulit yang terbakar. Cuka apel akan membantu mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit. Mempercepat proses pemulihan, serta mencegah terjadinya luka.

  • Melenyapkan bau tidak sedap pada kaki

Punya masalah dengan bau kaki? Coba rendam kaki ke dalam campuran cuka apel dengan air (perbandingan 1:4) selama kurang lebih 10-15 menit. Kandungan antiseptik pada cuka apel ini dipercaya mampu mengeliminasi bakteri yang penyebab kaki menjadi bau.

  • Mengobati luka memar

Jika Anda memiliki luka ringan seperti memar, cuka apel dapat menjadi pilihan untuk mengobati luka tersebut. Cuka apel mengandung anti inflamasi yang dapat membantu memecah penggumpalan darah ketika tubuh mengalami memar. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat dan sesendok teh cuka apel lalu kompres di bagian yang memar beberapa waktu hingga memar hilang.

  • Sebagai Deodoran Alami

Bagi Anda yang mengkhawatirkan kandungan kimia yang terdapat pada deodoran konvensional mungkin cuka apel bisa dijadikan pilihan. Cuka apel juga dapat dijadikan sebagai deodoran alami karena kadungan asamnya dapat menetralkan bau tubuh. Caranya adalah dengan mengoleskan cuka apel pada bagian tubuh yang sering berkeringat seperti ketiak sehabis mandi. Bau tubuh hilang tanpa khawatir akan kandungan kimia yang mungkin berbahaya.

 

Wah, ternyata cuka apel memiliki banyak manfaat ya! Jadi, masih ragu untuk menjadikan apple cider vinegar sebagai salah satu beauty and health staple kamu?

 

Source :

Cosmopolitan.co.id

Beritagar.id

Tinggalkan komentar