Home » FK Unud » SDFK 2016 “Selaras dalam Revolusi: Tanamkan Rasa Hormat, Tumbuhkan Kebersamaan dan Implementasikan Disiplin Diri”

SDFK 2016 “Selaras dalam Revolusi: Tanamkan Rasa Hormat, Tumbuhkan Kebersamaan dan Implementasikan Disiplin Diri”

 

image2Halo para Mahasiswa Baru angkatan 2016. Selamat datang di keluarga besar FK Unud. Wah, pasti kalian sudah menjalani SDFK kan ? Oke, jadi kali ini Injeksi Online akan membahas mengenai SDFK (Student Day Fakultas Kedokteran) yang telah dijalani oleh para mahasiswa baru FK Unud angkatan 2016. SDFK 2016 merupakan kegiatan pengenalan kepada mahasiswa baru mengenai lingkungan kampus beserta organisasi-organisasi dalam lingkungan FK Unud yang dipanitiai oleh angkatan 2 tahun diatasnya. Tahun-tahun sebelumnya, kegiatan seperti ini disebut dengan PSFK (PKKMB dan Student Day Fakultas Kedokteran). Namun, tahun ini kegiatan PKKMB FK Unud dipanitiai oleh para dosen yang ada di FK Unud.

SDFK Unud 2016 mengambil tema “Selaras dalam Revolusi: Tanamkan Rasa Hormat, Tumbuhkan Kebersamaan dan Implementasikan Disiplin DIri”. Tema tersebut juga sekaligus menjelaskan apa tujuan dari kegiatan SDFK kepada mahasiswa baru angkatan 2016. Kegiatan SDFK sudah sangat dipersiapkan dengan matang oleh para panitia. Bahkan, ketua panitia, Ersa (pendidikan dokter 2014) mengatakan persiapan SDFK sudah berjalan sejak 3 – 4 bulan sebelumnya. Tentunya untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut bukan hal yang mudah, ditambah lagi jumlah peserta SDFK 2016 sebanyak 546 orang.

Rangkaian kegiatan SDFK 2016 diawali dengan Technical Meeting yang diadakan 2 hari yaitu tanggal 15 dan 19 Agustus 2016 . Hari pertama para peserta diberikan penugasan-penugasan dan beberapa perkenalan, kemudian hari kedua para peserta diberikan sosialisasi mengenai PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Selanjutnya, para peserta menjalani kegiatan SDFK yang juga diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 25 dan 26 Agustus 2016. SDFK hari pertama para peserta diperkenalkan dengan seluruh LMFK, BSO, dan HM dilingkungan FK Unud dan juga perkenalan angkatan di masing-masing prodi. Hari berikutnya para peserta diberikan presentasi PKM dan mengikuti kegiatan Bonding untuk mendekatkan mahasiswa baru dengan angkatan diatasnya. Rangkaian acara SDFK 2016 secara keseluruhan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi tahun ini panitia lebih mengevaluasi kembali apa saja yang telah para peserta lakukan selama kegiatan SDFK yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap peserta baik di prodi maupun di Fakultas. Selain itu, tahun ini para mahasiswa baru juga diberikan Logbook untuk memantau keaktifan mereka di FK Unud selama enam bulan kedepan.

Ersa selaku ketua panitia SDFK 2016 juga menyampaikan beberapa pesan kepada para mahasiswa baru, “Kami minta janji mereka untuk taat terhadap tata tertib, sopan, dan kompak” kata Ersa. Ia juga mengatakan bahwa SDFK ini hanya permulaan kepesertaan para mahasiswa baru sehingga para mahasiswa baru diharapkan agar kedepannya lebih aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di FK Unud. “Saya harap mereka dapat menerapkan apa yang dijadikan tema SDFK 2016 dan jangan sampai apa yang telah diajarkan melalui SDFK ini menjadi lengah dihadapan mereka karena kami akan terus mengawasi mereka” tambah Ersa. Salah satu peserta juga memberikan pesan dan kesan mengenai kegiatan SDFK 2016 bahwa kegiatan tersebut sangat seru, banyak pelajaran yang dapat diambil mulai dari manajemen waktu, kekompakan, dan juga hal penting mengenai cara untuk survive di perkuliahan. Ia juga berharap kegiatan SDFK tahun depan bisa lebih baik lagi. (Elisya)image1

Tinggalkan komentar