Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » Scientific Atmosphere 9 Here Are The Winners

Scientific Atmosphere 9 Here Are The Winners

Scientific Atmosphere atau SA adalah salah satu program kerja BSO Kelompok Ilmiah Hippocrates (KIH) yang dilaksanakan tiap tahun yang merupakan ajang lomba ilmiah yang bertaraf nasional. Tahun ini, adalah pelaksanaan SA yang kesembilan. Rangkaian acara SA dimulai dari tanggal 11-14 Februari 2016. Tepatnya pada tanggal 14 Februari para pemenang lomba Scientific Atmosphere 9 diumumkan di seminar nasional yang juga adalah acara terakhir dari rangkaian acara Scientific Atmosphere.

Untuk cabang lomba Literature Review, pemegang juara 1 berasal dari Universitas Indonesia atas nama Febri Bahari, Dedi Dwi Suhandri, dan Dany Petra Pranata Barus dengan judul karya “Cardiotube: Alat Deteksi microRNA-208 dan microRNA-499 dengan Teknik Sandwich ELISA Terbarukan Sebagai Modalitas Diagnosis PJK di Layanan Primer”. Untuk pemegang juara 2, diraih oleh Universitas Indonesia atas nama M. Kristi Levania, Dedy Aria Aditia, dan Hiradipta Ardining dengan judul karya “Metabolit Flora UsusTrimetilamin-N-Oksida(TMAO) sebagai inovasi mutakhir prediktor risiko penyakit kardiovaskuler”. Juara 3 diraih oleh Universitas Brawijaya dengan judul karya “ Atherosclerotovacc: Inovasi vaksin pencegah aterosklerosis menggunakan hepatitis B virus (HBV) virustike particles (VLPs) dengan oxidized low density lipoprotein (oxLDL) berdasarkan kedokteran” atas nama Khrisna rangga Permana, Deddy Dwi Septian, Afriska Chandra.

Juara 1,2, dan 3 Literature Review SA9

Juara 1,2, dan 3 Literature Review SA9

Untuk cabang lomba Research Abstract Competition, juara pertama diraih oleh Universitas Sriwijaya dengan judul “Uji Efektivitas Antibakteri Fraksi Aktif Kulit Batang Kayu Manis (Cinnamomum burmannii) terhadap Staphylococcus aerus ATCC 25923 secara In Vitro” atas nama Melinda Rachmadianty, Yudha Dwi Satrio, Muhamad Ikhsan Nurmansyah, Sandria, dan Fianirazha Primesa Caesarani. Untuk juara 2 diraih oleh Universitas Gadjah Mada atas nama Nurulita Ainun Alma, Atsarina Fauzan, Muhamad Rendi, Rama Iqbal Mahendra, dan Pricillia Imelda dengan judul karya “ Kajian invitro Aktivitas Antioksidan Ekstrak Air Spirulina platensis terhadap Paparan Ultraviolet B pada Fibroblas”. Sedangkan untuk juara 3 diraih oleh Universitas Sriwijaya atas nama Yudha Dwi Satrio NS, Muhamad Ikhsan Nurmansyah, Sandria, Fianirazha Primesa Caesaran, dan Fatimah Shellya Shahab dengan judul karya “Uji Efektivitas Ekstrak Daun Gaharu (Aquilaria malacensis) terhadap Perbaikan Gejala Negatif dan Fungsi Kognitif pada Tikus Putih Wistar yang Diinduksi Lir-Psikotik “.

.

Juara 1,2, dan 3 Research Abstract Competition SA9

Juara 1,2, dan 3 Research Abstract Competition SA9

Untuk cabang lomba Poster Edukasi Publik, juara 1 diraih oleh Universitas Udayana atas nama Edwind Rakatama Fahlevie dan Soraya Juventia Primadanti dnegan judul karya “Investasikan Kesehatan dari Sekarang”. Juara 2 diraih oleh Universitas Sumatera Utara dengan judul karya “Hidup Ini SIngkat, Jangan Dipersingkat” atas nama Nelvitriana Sitepu dan Erdianta S. untuk pemegang juara 3 berasal dari Universitas Airlangga dengan judul karya “Biarkan Menua Tanpa Melupa” atas nama Meilia Dwi Cahyani dan Dyah Ratri Widyati.

Juara 1,2,dan 3 Poster Edukasi Publik SA9

Juara 1,2,dan 3 Poster Edukasi Publik SA9

Untuk cabang lomba Esai Ilmiah Populer, juara pertama diraih oleh Universitas Indonesia atas nama Hiradipta Ardining dengan judul karya “Makan Cepat, resiko Sindrom Metabolik Meningkat”. Sedangkan juara 2 diraih oleh Universitas Indonesia dengan judul karya “Kenali Penyakit Alzheimer Lebih Dekat, Cegah dan Atasi Pikun dengan ‘TEPAT’” atas nama Dela Ulfiarakhma. Dan juara 3 diraih oleh Universitas Udayana atas nama Dewa Ayu Sri Agung Suandewi dengan judul karya “Let’s Be Gen ‘SMART’ aktif Mendekatkan Sehat dengan Menjauhkan Penyakit Degeneratif”.

Juara 1(perwakilan), juara 2 dan juara 3 Esai Ilmiah Populer SA9

Juara 1(perwakilan), juara 2 dan juara 3 Esai Ilmiah Populer SA9

Untuk cabang lomba Poster Ilmiah, juara 1 diraih oleh Universitas Udayana dengan judul karya “NANOCHIL: Nanobubble Chitosan Spesifik c-Met Berbasis Luteolin dari Cabai Rawit (Capcicum annuum) sebagai Modalitas Terapi Mutakhir NSCLC” atas nama Ivy Cerelia Valerie dan A. A. sagung Mirah Prabandari. Juara 2 diraih oleh Universitas Brawijaya dengan judul karya “TRANSPATELA (Transdermal Patch Centella asiatica) Analisis Potensi Transdermal Patch Ekstrak Centella asiatica Teknologi Phytosome sebagai Terapi Penyakit Alzheimer melalui Modulasi Endogenous Neural Stem Cells dan Penghambatan TNF-?” atas nama Ika Dewi Soraya, Rizkha Farida, dan Wahyu Dwi Nugroho. Sedangkan untuk pemegang juara 3 diraih oleh Universitas Airlangga dengan judul karya “Diagnosis Mutakhir dan Spesifik Berbasis MicroRNA (MiRNA) sebagai Upaya Penurunan Morbiditas dan Mortalitas Pasien Carcinoma Mammae (CM) untuk Meningkatkan Taraf Kesehatan di Indonesia “ atas nama Rizqy Rahmatyah, Zaufy Verlieza Oktaviano Subagyo, dan Kusuma Islami

Juara 1,2, dan 3 Poster Ilmiah SA9

Juara 1,2, dan 3 Poster Ilmiah SA9

Untuk cabang lomba Video Edukasi Publik, juara pertama diraih oleh Universitas Brawijaya dengan judul karya “JANGAN LUPA, SELALU INGAT!” atas nama Putu Ijiya Danta Awatara, Elsa Safira Chaerinnisa, dan Hasna Okta Asyrofi. Untuk juara 2 diraih oleh Universitas Dipenogoro dengan judul karya “CEGAH ALZHEIMER DENGAN LOGIKA+” atas nama Alem Pramudita Wibowo, Andika Agus Budiarto, dan Stella Andriana. Juara 3 diraih oleh Universitas Airlangga atas nama Dyah Ratri Widyati, Alvin Saputra, dan Meilia Dwi Cahyani dengan judul karya “KUATKAN TULANGMU”.

Juara 1,2, dan 3 Video Edukasi Publik SA9

Juara 1,2, dan 3 Video Edukasi Publik SA9

Itulah para pemenang dari berbagai cabang lomba yang diselenggarakan di Scientific Atmosphere. Untuk juara umum SA9 kali ini diraih oleh Universitas Indonesia. Selamat untuk para juara dan tetaplah berkarya! (grace)

Tinggalkan komentar