Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » SCIENTIFIC ATMOSPHERE 9 “DEGENERATIVE DISEASE, ANTICIPATING THE SHIFT OF GLOBAL HEALTH BURDEN”

SCIENTIFIC ATMOSPHERE 9 “DEGENERATIVE DISEASE, ANTICIPATING THE SHIFT OF GLOBAL HEALTH BURDEN”

Badan Semi Otonom Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (KIH FK UNUD) mengadakan pembukaan Scientific Atmosphere 9 (SA9), sebuah rangkaian acara lomba-lomba ilmiah tingkat nasional, pada tanggal 11 Februari 2016 di Ruang Kuliah 4.01 dan 4.02 Gedung Barat FK UNUD pada pukul 19.00 WITA. Acara ini dibuka oleh dekanat yang diwakili oleh Pembina KIH FK UNUD, dr. Pande Putu Januraga, perwakilan juri tamu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK UNUD, I Putu Brian Obie Putra dan Ketua Panitia SA9, Ni Kadek Vani Apriyanti dengan pemukulan gong. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan technical meeting lomba-lomba ilmiah yang akan diadakan serta pengambilan nomor undi peserta.

Scientific Atmosphere merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pengembangan Sumber Divisi Manusia (PSDM) yang telah rutin dilaksanakan dari tahun ke tahun. Scientific Atmosphere ke-9 ini mengangkat tema tentang penyakit degeneratif, yaitu “Degenerative Disease, Anticipating the Shift of Global Health Burden“. SA9 berlangsung selama 4 hari, yaitu dari tanggal 11 Februari 2016 – 14 Februari 2016. Tanggal 11 Februari 2016 merupakan acara pembukaan dan technical meeting. Setelah itu tanggal 12 Februari 2016 merupakan hari perkombaan dan refreshing para finalis. Lalu tanggal 13 Februari 2016 merupakan pelaksanaan city tour dan gala night dinner. Puncak dari acara SA9 adalah pada tanggal 14 Februari 2016, di mana diadakannya seminar nasional yang mengusung tema “Clinical Updates: Holistic Care in Geriatric” yang mengundang 4 pembicara ahli, yaitu Dr. dr. RA. Tuty Kuswardhani, Sp.PD-KGER, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD, Dr.dr. A.A. Ayu Laksmidewi, Sp.S (K), dan I Gede Putu Darma Suyasa, SKp, MNg, PhD. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara dan penutupan.

Scientific Atmosphere tahun ini mengadakan 6 lomba ilmiah, yaitu Literature Review, Research Abstract Competition, Essay Ilmiah Populer, Poster Ilmiah, Poster Edukasi Publik, dan Video Edukasi Publik. Lomba-lomba ilmiah ini diikuti oleh 101 finalis yang telah lolos babak penyisihan dari 11 universitas di seluruh Indonesia, yaitu Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Udayana. Setiap cabang lomba terdapat 2 juri dari FK UNUD dan dari luar FK UNUD yang akan meniliai karya dan presentasi oral para finalis.

Ni Kadek Vani Apriyanti selaku Ketua Panitia SA9 mengatakan persiapan yang dilakukannya bersama panitia lainnya dimulai dari bulan September 2015, di mana panitia mengumumkan guidelines dan deadline pengumpulan karya. Setelah itu pada bulan Januari 2016, panitia mulai mempromosikan lomba-lombanya dan pada bulan Februari 2016 dilakukan penyisihan dan pengumuman finalis yang lolos. Ia juga mengatakan harapannya untuk Scientific Atmosphere tahun depan lebih banyak lagi peserta dari seluruh Indonesia yang ikut dan lomba-lombanya bisa sampai ke kancah internasional. (kr)

Scientific Atmosphere 9 secara resmi dibuka oleh dekanat yang diwakilkan oleh Pembina KIH FK UNUD, perwakilan juri tamu, Ketua BEM FK UNUD, dan Ketua Panitia Scientific Atmosphere 9

Scientific Atmosphere 9 secara resmi dibuka oleh dekanat yang diwakilkan oleh Pembina KIH FK UNUD, perwakilan juri tamu, Ketua BEM FK UNUD, dan Ketua Panitia Scientific Atmosphere 9

Suasana Pembukaan Scientific Atmosphere 9 di Ruang Kulliah 4.01 - 4.02 Gedung Barat FK UNUD Tanggal 11 Februari 2016

Suasana Pembukaan Scientific Atmosphere 9 di Ruang Kulliah 4.01 – 4.02 Gedung Barat FK UNUD Tanggal 11 Februari 2016

Tinggalkan komentar