ROSELA HIMPUNAN MAHASISWA KEDOKTERAN UMUM 2020

Rosela HMKU atau Roadshow Sehat Lansia dan Anak merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan tiap tahunnya sebagai bentuk program kerja Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum (HMKU) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan anak-anak dan lansia menjadi sasarannya. Kegiatan Rosela HMKU 2020 ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sejak hari Jum’at, 14 Agustus 2020 hingga Minggu,16 Agustus 2020 dimulai pukul 09.00 WITA.

Pada tahun sebelumnya, kegiatan ini biasanya berupa pemberian pelayanan kesehatan dan edukasi kepada anak-anak dan lansia. Namun dikarenakan dengan adanya pandemi COVID-19 ini, maka kegiatan Rosela HMKU 2020 dilaksanakan dengan pemberian edukasi tentang hidup sehat dan berbagi sembako atau kebutuhan sehari-hari, buku dan obat-obatan kepada anak-anak dan lansia yang tinggal di panti asuhan dan panti jompo. Adapun tempat yang menjadi sasaran Rosela HMKU 2020 ini yaitu Panti Asuhan Kesayan Ikang Papa (Gianyar), Yayasan Yasa Kerti (Karangasem), Panti Asuhan Sidhi Astu (Badung), Panti Jompo Taman Werdha Syailendra (Denpasar), dan Panti Sosial Tresna Werdha Wana Seraya (Denpasar)

Marco, selaku ketua panitia Rosela HMKU 2020 menuturkan adanya perbedaan yang lumayan banyak antara Rosela HMKU tahun kemarin dan tahun ini. Selain itu pada kegiata Rosela HMKU 2020 ini tidak semua panitia dapat terjun langsung untuk ke panti dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Meskipun begitu, kegiatan Rosela HMKU 2020 kali ini sudah sesuai dengan tolak ukur yang panitia buat dan hal yang sama juga berlaku pada para volunteer. Ia juga sangat bangga dan berterima kasih atas kerja sama para panitia sehingga kegiatan Rosela terlaksana dengan baik dan aman tanpa adanya masalah besar.

Penulis: Ainun Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *