Home » FK Unud » Roadshow Sehat Lansia dan Anak HMKU FK Unud, Pengabdian Sang Pemula

Roadshow Sehat Lansia dan Anak HMKU FK Unud, Pengabdian Sang Pemula

Pengabdian kepada masyarakat, khususnya dibidang kesehatan merupakan salah satu bentuk kewajiban sebagai mahasiswa kedokteran. Kali ini pengabdian masyarakat yang dilakukan merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang kerap dikenal dengan HMKU FK Unud. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini menyasar para lansia dan anak-anak Taman Kanak-Kanak.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat HMKU FK Unud ini merupakan sebuah roadshow sehat, tidak pada satu tempat saja mengingat sasarannya yang berbeda. Roadshow Sehat Lansia dan Anak ini berlangsung selama empat hari. Dua hari dengan sasaran lansia, dan dua hari berikutnya menyasar anak Taman Kanak-kanak.

 

Roadshow ini telah dimulai dari tanggal 18 April 2015 yang pembukaannya dilakukan di RSU Universitas Udayana, Jimbaran. Para peserta yang merupakan lansia disekitar Jimbaran ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Cek kesehatan secara umum, seperti tensi, gula darah, telinga. Acara keesokan harinya, 19 April 2015 diisi dengan acara senam sehat lansia bersama, penyuluhan mengenai diabetes, serta konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Diakhir acara para peserta diberikan tablet besi dan kalsium.

 

Berbeda halnya dengan roadshow lansia, roadshow anak dilakukan pada tanggal 23 Mei dan 30 Mei 2015 yang mengambil siswa TK Laksana Kumara, Panjer dan dilaksanakan dibalai banjar Panjer Kaje, Panjer, Denpasar. Pada 23 Mei 2015 kegiatan roadshow anak yaitu pemeriksaan mata, telinga, gigi dan mulut, serta IMT. Setelah itu diikuti dengan penyuluhan mengenai gosok gigi yang benar. Dokter spesialis anak dan THT turut memberikan beberapa gambaran mengenai hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada para orangtua. Pada Sabtu, 30 Mei 2015 roadshow anak dilanjutkan dengan gosok gigi bersama, games dan edukasi, serta menonton video edukasi bersama-sama.

 

Sabtu, 30 Mei 2015 sebagai akhir dari kegiatan roadshow, pihak panitia memberikan kenang-kenangan berupa plakat kepada perwakilan dari RSU Universitas Udayana dan juga kepada TK Laksana Kumara yang bertempat di balai banjar Panjer Kaja, Denpasar. Berakhirnya acara penutupan, berakhir pula Roadshow Sehat Lansia dan Anak HMKU FK Unud pada tahun ini. Namun, tak hanya sekedar terlewatkan, roadshow kali ini memberikan pengalaman tersendiri untuk panitia dan juga volunteer yang ikut serta berpartisipasi dalam acara ini. Banyak pelajaran bisa diambil dari setiap kegiatan pengabdian masyarakat, karena suatu saat sebagai tenaga kesahatan pastilah akan berhadapan dengan masyarakat. @RahayuWinda

Pemeriksaan tekanan dan gula darah oleh panitia

Pemeriksaan tekanan dan gula darah oleh panitia

Foto bersama panitia, siswa, dan guru TK

Foto bersama panitia, siswa, dan guru TK

Tinggalkan komentar