RAPAT DENGAR PENDAPAT (RDP) BPM FK UNUD 2020

Pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 telah dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Rapat Dengar Pendapat (RDP) sendiri merupakan program kerja tahunan di bawah naungan Komisi I (Kajian dan Advokasi kebijakan BPM FK UNUD.  Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring melalui Cisco Webex Meeting sebagai bentuk adapatasi atas masih berlangsungnya pandemi COVID-19. Acara dihadari oleh jajaran pimpinan (dekanat) FK UNUD, Koordinator Program Studi, Penanggung Jawab Jenjang Sarjana, Ketua Tim Kurikulum, Tim PJJ, Kepala Tata Usaha, Kepala Sub-Bagian, dan Ketua Unit, serta Tim Interprofessional Education. Sementara dari mahasiswa diwakilkan oleh ketua atau perwakilan Lembaga Mahasiswa Fakultas Kedokteran (LMFK), Himpunan Mahasiswa (HM), Badan Semi Otonom (BSO), dan perwakilan setiap angkatan dari keenam program studi di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Adapun tujuan dilaksanakannya RDP ini untuk memahas solusi dari berbagai permasalahan yang ada di lingkungan FK UNUD, guna meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Sebelum dilakukannya Rapat Dengar Pendapat 2020, panitia melakukan persiapan pelaksanaan dimulai dengan perancangan, penyusunan penyebaran dan penyimpulan hasil tiga kuesioner yang meliputi meliputi Survey Kepuasan Mahasiswa, Kuliah Online, dan International Education. Pengisian kuisioner dilakukan secara bertahap dari bulan Februari hingga Juli 2020. Hasil kuesioner selanjutnya dilakukan analisis untuk memperoleh urutan prioritas permasalahn yang akan menjadi agenda pembicaraan dalam Rapat Dengar Pendapat 2020. Seminggu menjelasng pelaksanaan dilaksanakan Pra-Rapat Dengar Pendapat 2020 yang bertujuan untuk menentukan priotitas agenda rapat, mengumpulkan lebih informasi terkait permsalahan yang akan disampaikan serta finalisasi kegiatan pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat 2020 dengan mengundang ketua atau perwakilan Lembaga Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa serta Badan Semi Otonom di Lingkungan FK UNUD.

Agenda yang telah direncakanan dalam Rapat Dengar Pendapat tahun ini membahas empat topik utama yaitu: Sarana dan Prasarana, Organisasi Kemahasiswaan, Kuliah Online, dan Interprofessional Education. Bahan presentasi yang dipaparkan oleh panitia dalam Rapat Dengar Pendapat 2020 ini, berdasarkan hasil kompilasi data yang diperoleh dari hasil penyebaran tiga kuisioner sebelumnya. Dalam Rapat Dengar Pendapat 2020 pula, para pimpinan di lingkungan FK UNUD beserta jajarannya telah memaparkan solusi atas permasalahan yang disampaikan oleh BPM FK UNUD, serta rencana pengembangan atau perbaikan yang sedang berjalan di FK UNUD. Rencana perbaikan secara bertahap sesuai dengan prioritas serta perlunya koordinasi bersama dengan pihak rektoran merupakan solusi alternatif yang dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat kali ini. 

Putu Aprilyanti Aristadewi selaku Ketua Rapat Dengar Pendapat 2020 menuturkan bahwa kegiatan Rapat Dengar Pendapat 2020 telah berjalan dengan baik, walapun masih terdapat kekurangan dalam beberapa hal. Penyesuaian Rapat Dengar Pendapat 2020 yang dilakukan secara daring sudah tentu memerlukan koordinasi serta persiapan yang lebih kompleks dari Rapat Dengar Pendapat sebelumnya. Selain itu, terlaksananya tugas pokok dan fungsi dari BPM FK UNUD sebagai jembatan antara kebutuhan mahasiswa dan pimpinan terkait ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, akademik, dan kemahasiswaan di Lingkungan FK UNUD merupakan tangung jawab yang tidak mudah. Dengan ini Arista menyampaikan ucapan terima kasih yang terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu pimpinan FK UNUD, Koordinator Program Studi, Penanggung Jawab Jenjang Sarjana, Ketua Tim Kurikulum, Tim PJJ, Kepala Tata Usaha, Kepala Sub-Bagian, Ketua Unit, serta Tim Interprofessional Education di lingkungan FK UNUD, yang telah hadir dan mengusahakan yang terbaik terkait sarana prasarana umum, sistem pendidikan, dan kemahasiswaan, bahkan dalam situasi pandemi saat ini. Tidak lupa pula, Arista dan panitia mengucapkan terima kasih atas kontribusi organisasi kemahasiswaan di lingkangan FK UNUD, serta seluruh mahasiswa FK UNUD yang telah membantu terlaksananya kegiatan Rapat Dengar Pendapat 2020 ini. V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *