Home » FK Unud » “Practicing for Successful”, Pelatihan Alat Tes Psikologi 2014

“Practicing for Successful”, Pelatihan Alat Tes Psikologi 2014

Denpasar, injeksionline.comPracticing for successful”, yang menjadi tema dalam pelatihan alat tes psikologi 2014, memiliki arti berlatih menentukan sebuah keberhasilan seseorang. Pelatihan alat tes psikologi 2014 merupakan acara yang pertama kali dilakukan oleh HM psikologi. Untuk memberi suatu pelatihan kepada alumni dan mahasiswa psikologi universitas udayana untuk dapat lebih memahami dan mengerti tentang penggunaan alat-alat tes dalam bidang psikologi.

Acara pembukaan pertama diawali dengan doa, kemudian laporan oleh ketua panitia. Ni Nengah Henny Meiantari sebagai ketua panitia mengatakan, ada total 19 panitia dan peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 30 orang dari mahasiswa program studi psikologi angkatan tahun 2009 dan 2010. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua HM Psikologi, Yuli Anggraini mengatakan bahwa acara ini merupakan acara pertama yang diadakan oleh HM Psikologi dan dikhususkan untuk angkatan 2009 dan 2010 sebagai angkatan tertua di program studi psikologi universitas udayana. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan ketua BEM, Vita Sunarto, yang dalam kesempatan kali ini selain mengapresiasi akan acara pelatihan alat tes psikologi, sekaligus mengucapkan selamat akan psikologi universitas udayana yang berhasil masuk ke dalam ILMPI.

Sambutan terakhir diberikan oleh ketua program studi psikologi, ibu Dra. Adijanti Maheni, M.Psi, mengatakan bahwa acara ini pertama diadakan oleh HM Psikologi dan diadakan karena inisiatif dari dosen-dosen psikologi Unud. Latar belakang acara ini diadakan adalah karena sebelumnya dalam menentukan kurikulum, Unud sangat mengikuti aturan yang ditetapkan oleh APPTI yaitu untuk lulusan S1 tidak perlu mempelajari alat-alat tes psikologi. Hanya saja, pada saat pertemuan dosen-dosen psikologi, ditemukanlah fakta yang berbeda di lapangan. Banyak universitas yang melanggar aturan APPTI tersebut, mereka mengajarkan mahasiswanya untuk menggunakan alat tes psikologi walau masih jenjang S1. Hal tersebut menyebabkan dosen di universitas udayana menjadi risau jika mahasiswanya tertinggal, sehingga setelah rapat mereka menentukan untuk melakukan kegiatan ini agar dapat meningkatkan kualitas lulusan psikologi Unud serta diharapkan untuk angkatan dibawah 2010 pelatihan ini mampu dimasukkan ke dalam kurikulum yang ada.

Acara pelatihan alat tes psikologi 2014 ini dilakukan dengan pengawasan yang tinggi. Sebab, bukan hanya orang luar selain peserta, namun panitia yang berasal dari angkatan 2013 tidak diperbolehkan untuk masuk mengikuti pengajaran yang diberikan. Alat tes yang diajarkan dan dicoba oleh peserta juga diberi kode agar saat pengecekan dapat diketahui bahwa tidak ada alat yang hilang.

Kami juga mewawancarai ketua panitia, Henny. Henny mengatakan bahwa dalam acara ini pihak HM Psikologi sebagai media yang memfasilitasi acara ini berlangsung. Sedangkan untuk alat tes, pembicara dipersiapkan oleh pihak dosen psikologi universitas udayana. Untuk tes ini diadakan selama 3 hari dengan tiap harinya terdapat 2 atau 3 tes yang diajarkan.

Kendala yang dialami oleh Henny dalam mengadakan acara ini adalah kesulitan dalam menghubungi kakak yang sudah lulus, karena panitia yang mengadakan acara ini masih merupakan mahasiswa baru yang belum beradaptasi secara sempurna di lingkungan perkuliahan.  Kemudian peserta yang dibatasi hanya 30 peserta, hal tersebut atas permintaan dari dosen-dosen. Agar pengajaran dapat diberikan dengan lebih fokus dan peserta dapat menerima materi dengan lebih baik.

Kami juga mewawancarai salah seorang dosen yang turut berperan mengambil bagian dalam acara ini, ibu Luh Kadek Pande Ary Susilawati, S.Psi, M.Psi, Psikolog atau yang biasa dipanggil ibu Pande. Ibu Pande mengatakan bahwa acara ini diharapkan sangat bermanfaat bagi peserta karena pandangan orang luas tentang sarjana psikologi adalah orang tersebut mampu untuk melakukan tes. Menurutnya lulusan Unud sangat kurang dalam penerapan ilmu mereka. Mereka telah menerima dasar ilmu secara teori, namun belum berkesempatan dalam menerapkannya. Sehingga, melalui acara ini diharapkan peserta setidaknya mengenal alat-alat tes psikologi dan tidak kaget saat menghadapi praktik di lapangan. Hanya saja karena keterbatasan waktu dan alat yang diajarkan pada pelatihan alat tes kali ini merupakan alat tes yang klasikal dan untuk pengetesan kelompok (karena untuk pengetesan individu didapat dari jenjang S2).

Ibu Pande juga mengatakan bahwa program studi psikologi Unud akan mulai merubah kurikulum sedikit demi sedikit untuk dapat menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas. Untuk merealisasikannya dilakukan beberapa cara seperti tugas akhir pada tahun ini, setiap kelompok kecil (SGD) diberi tugas untuk mencari sebuah alat tes psikologi dan menjelaskannya. Serta untuk acara ini, diharapkan memberi manfaat dan ada evaluasi setelah 3 hari pelaksanaan acara untuk mengetahui apakah acara ini akan diadakan kembali atau tidak.

Galeri Foto:

MC memandu jalannya pembukaan.

MC memandu jalannya pembukaan.

Laporan Ketua Panitia

Sambutan Ketua HM Psikologi

Sambutan Ketua HM Psikologi

Sambutan Perwakilan Ketua BEM

Sambutan Ketua Program Studi Psikologi

Sambutan Ketua Program Studi Psikologi

Para Undangan

Para Undangan

Peserta Pelatihan Alat Tes Psikologi 2014

Peserta Pelatihan Alat Tes Psikologi 2014

Berita oleh : Jan Christian (@JanChrs)

Tinggalkan komentar