Home » FK Unud » PETIK 2013; Eksistensi Nyata LPM PCYCO Bagi Dunia Jurnalistik

PETIK 2013; Eksistensi Nyata LPM PCYCO Bagi Dunia Jurnalistik

Denpasar-injeksionline.com Lembaga Pers Mahasiswa Press and Cyber Community (LPM PCYCO) kembali menunjukkan eksistensinya bagi dunia jurnalistik. Belum lama ini, tepatnya pada bulan april, LPM PCYCO kembali hadir dengan salah satu kegiatan andalannya yaitu Pekan Jurnalistik (PETIK) yang rutin diadakan setiap tahunnya. Setelah tahun sebelumnya PETIK merubah format kegiatan dan perlombaan, tahun ini PETIK 2013 hadir serupa dengan format acara seperti tahun sebelumnya.

Seperti pelaksanaan PETIK tahun sebelumnya, PETIK 2013 juga dirangkaikan dengan berbagai macam kegiatan seperti penggalian dana melalui bazzar PETIK 2013, TM lomba PETIK 2013, Workshop Jurnalistik, Lomba Pembuatan Majalah PETIK 2013, dan diakhir PETIK 2013 akan ditutup dengan kunjungan sosial ke Panti Asuhan dan Penyandang Cacat Fisik. Dengan mengusung tema “Shaping The Nations With Words and Ideas”, PETIK 2013 ini bertujuan untuk menyediakan sebuah wadah utnuk memperkenalkan dunia jurnalistik lebih luas dan sekaligus menyalurkan minat dan bakat para siswa dan siswi SMA/SMK se-Bali dalam bidang jurnalistik. “Selain sebagai salah satu pembuktian eksistensi kami sebagai salah satu lembaga pers di lingkungan Universitas Udayana, kami LPM PCYCO juga ingin mengajak adik-adik dari sekolah menengah untuk mengenal lebih dalam mengenai dunia jurnalistik dan bisa mengemas jurnalistik menjadi menarik”, sahut Gung Ayu, Pimpinan Umum LPM PCYCO saat ini.

Sekilas mengenai pelaksanaan kegiatan PETIK 2013, kegiatan ini diketuai oleh A.A. Sagung Istri Surya Kencana dan keseluruhan panitia merupakan pengurus LPM PCYCO lintas generasi. PETIK 2013 diawali dengan penggalian dana untuk kegiatan melalui pengadaan bazzar yang bekerja sama dengan salah satu tempat makan di kawasan renon, denpasar. Dana yang terkumpul mealu pengadaan bazzar selama dua hari ini digunakan untuk membiayai kegiatan inti dari PETIK 2013. Lomba pembuatan majalah PETIK 2013 diikuti oleh beberapa sekolah menengah atas di Bali. Sebelumnya telah diadakan technical meeting terlebih dahulu untuk menjelaskan pelaksanaan dan kriteria lomba pembuatan majalah. Pada 18-19 April 2013 diadakan workshop jurnalistik dan seminar jurnalistik yang bertujuan memberikan pembekalan pada peserta lomba dalam menulis artikel, mendesign majalah dan fotografi. Seminar jurnalistik kali ini tentunya diisi oleh pembicara-pembicara yang sangat berkompeten dibidangnya seperti bapak Muhammad Ridwan, S.Pd yang membawakan topik mengenai dasar-dasar jurnalistik yang kemudian dilanjutkan oleh Bapak Gede Sugiarta, ST dengan topik design layout dan fotografi. Seminar ditutup dengan pemberian materi oleh dr. Oka Negara yang merupakan pembina LPM PCYCO dengan topik penulisan berita popular. Pada hari selanjutnya para peserta lomba akan mempresentasikan hasil di depan juri yang berkompeten.

Jumlah peserta yang turut serta dalam lomba pembuatan majalah sebanyak 5 tim yang berasal dari SMA di Bali. “Meskipun jumlah peserta lebih sedikit dari tahun sebelumnya, namun tidak menyurutkan antusiasme kami dari penyelenggara untuk memeriahkan PETIK 2013”, sahut Gung Kencana. PETIK 2013 nantinya akan ditutup dengan kunjungan sosial ke panti asuhan dan penyandang cacat yang terletak di Jimbaran tepatnya pada tanggal 8 Juni 2013. VIVA PCYCO!

Antusias peserta PETIK 2013 dalam memperoleh berita dari narasumber.(Antusias peserta PETIK 2013 dalam memperoleh berita dari narasumber.)

Teamwork salah satu tim dalam PETIK 2013. Keep the good work bro!(Teamwork salah satu tim dalam PETIK 2013. Keep the good work bro!)

Article by: @RizkAuliani Edited by: @dedekfriday

Tinggalkan komentar