Home » FK Unud » Badan Semi Otonom (BSO) » Penyuluhan Rutin dan Stand Sehat KMPA

Penyuluhan Rutin dan Stand Sehat KMPA

Kadek Dewi Yuliantini, Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat KMPA

Kadek Dewi Yuliantini, Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat KMPA

Setelah sukses dengan meriahnya peringatan World AIDS Day 2013, Kelompok Mahasiswa Peduli AIDS (KMPA) kembali mempersembahkan bukti nyata kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat dan kasus HIV/AIDS yang kian menjadi bumerang bagi masyarakat. Mengingat kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penyakit HIV/AIDS, melalui divisi Pengabdian Masyarakat, KMPA berusaha membantu menyebarkan informasi mengenai HIV/AIDS, NAPZA, kesehatan reproduksi dan berbagai pengetahuan baru lainnya kepada masyarakat melalui Penyuluhan Rutin.

Seperti namanya, kegiatan ini jelas rutin diadakan setiap tahun. Di mana kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh calon anggota yang didampingi oleh anggota serta pengurus KMPA. Kali ini, penyuluhan akan dilaksanakan dalam tiga periode di tempat yang berbeda seperti di SMA/SMK, banjar dan tempat umum lainnya di Bali selama bulan Februari hingga April atau Mei mendatang. Sasarannya pun bervariasi. Bukan hanya menyasar pada kaum pelajar, tetapi mencakup masyarakat umum. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman yang benar mengenai HIV/AIDS. Pemahaman mesyarakat yang benar tentu dapat membantu mencegah perkembangan dan penyebaran penyakit ini.

Berbarengan dengan itu, akan diadakan juga kegiatan Stand Sehat KMPA. Seperti yang sudah dianggarkan sebelumnya, Stand Sehat KMPA akan dilaksanakan di Lapangan Puputan dan Lumintang setiap hari Minggu pagi. Seperti halnya Penyuluhan Rutin, Stand Sehat KMPA juga akan diikuti oleh segenap calon anggota serta anggota KMPA.

“KMPA memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berupa pemeriksaan tekanan darah, menghitung berat badan ideal, dan memberikan informasi mengenai HIV/AIDS melalui kegiatan Penyuluhan Rutin dan Stand Sehat”, jelas Kadek Dewi Yuliantini, selaku Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat KMPA.

Dewi, begitu ia kerap disapa, mahasiswa Ilmu Keperawatan ini berharap melalui Penyuluhan Rutin dan Stand Sehat KMPA dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada masyarakat, melainkan juga kepada seluruh pelaksana kegiatan. “Tidak hanya untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan kesehatan masyarakat, melalui kegiatan ini diharapkan rekan-rekan pelaksana mampu meningkatkan dan mengembangkan keterampilan klinis pada kegiatan Stand Sehat”, paparnya. (indahkputri)

 

Tinggalkan komentar