Home » FK Unud » Penyuluhan, Pengelompokkan, Penerapan (PPP) Hidup Sehat di SDN 3 Panjer

Penyuluhan, Pengelompokkan, Penerapan (PPP) Hidup Sehat di SDN 3 Panjer

Denpasar, injeksionline.com Penyuluhan, Pengelompokkan, Penerapan hidup sehat atau yang biasa disingkat menjadi PPP hidup sehat merupakan rangkaian acara BKFK ke 52 dalam bidang pengabdian masyarakat. PPP hidup sehat dilaksanakan karena masalah kesehatan yang marak ditemukan di masyarakat seperti kasus makanan-makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, boraks, dan lain-lain. Masalah kesehatan ini muncul karena beberapa penyebab diantaranya kurangnya pengetahuan, ekonomi, dan budaya. Sehingga PPP hidup sehat ini bermaksud untuk membantu mengurangi masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya pengetahuan. Dengan adanya penyuluhan kesehatan diharapkan tingkat kesehatan di masyarakat dapat meningkat. Acara PPP hidup sehat ini diketuai oleh I Gede Donny Hendrawan dibantu oleh I Gede Diki Sudarsana dan Ni Luh Komang Sumi Arcani.

Acara PPP hidup sehat dimulai dengan doa, kemudian sambutan ketua panitia, Donny yang mengatakan bahwa PPP ini diadakan untuk kelas 3, 4 dan 5. Untuk kelas 3 dan 4 diberikan materi duduk yang benar dan pentingnya sarapan pagi. Sedangkan untuk kelas 5 diberikan materi makanan sehat dan bergizi serta pemakaian tas yang benar. Peserta yang ditargetkan adalah 100 siswa yang mengikuti penyuluhan kesehatan ini. Acara penyuluhan ini dilakukan selama 1 jam, dimana dalam 1 jam tersebut ada pemberian materi, tanya jawab dan kuis.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala Sekolah, pak Agung yang mengucapkan terima kasih banyak dalam pelaksanaan PPP hidup sehat di SDN 3 Panjer. Acara PPP hidup sehat ini dirasakan pasti sangat bermanfaat karena ketika sakit, sehat itu menjadi mahal harganya. Jika bisa dijaga dari sekarang tentunya jauh lebih murah dan kita sendiri tidak perlu merasakan sakit yang tidak enak. Pak Agung juga memohon maaf apabila ada banyak sekali kekurangan yang ada khususnya masalah kebersihan karena SDN 3 Panjer ini bila hujan turun akan terkena banjir. Banjir yang sering terjadi membuat sulit pihak sekolah untuk mengatur halaman sekolah.

Sambutan selanjutnya oleh Pembantu Dekan III yang pada kesempatan ini diwakili oleh dr. Arijana karena Pembantu Dekan III memiliki kepentingan lain. Pertama-tama dr. Arijana memberi rasa hormat kepada kepala sekolah dasar negeri 3 panjer beserta guru-guru, serta pejabat di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang tidak bisa disebutkan satu per satu. dr. Arijana juga mengucapkan terima kasih kepada SDN 3 Panjer atas waktu dan tempt yang di berikan, semoga dapat bermanfaat dan tetap bisa bekerja sama di waktu ke depan. Dan permohonan maaf bila ada kesalahan yang dilakukan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pembicara yang telah dipersiapkan sebelumnya. Penyuluhan ini dilakukan di 3 kelas yang berbeda, yaitu kelas 3, 4 dan 5. Pada saat penyuluhan di berikan siswa/i SDN 3 Panjer terlihat sangat antusias akan menerima penyuluhan yang diberikan. Terlebih ketika dikatakan akan ada hadiah bagi mereka yang mampu menjawab pertanyaan dari sang pembicara. Waktu untuk materi yang diberikan tidak terlalu lama namun cukup untuk membuat siswa/i mengerti akan apa yang disampaikan. Hal ini terbukti karena ketika materi selesai diberikan ada kuis untuk siswa/i tersebut dan juga ada kesimpulan yang diberikan.

Materi pentingnya sarapan pagi bertujuan untuk membiasakan siswa/i mau untuk sarapan, karena sarapan sesungguhnya merupakan waktu makan terpenting dalam satu hari. Karena dengan sarapan berarti kita telah mengisi tenaga kita untuk dapat melakukan aktivitas selanjutnya, memang bisa untuk tidak sarapan namun hal demikian tidak bagus untuk tubuh. Kemudian materi posisi duduk yang benar sangat diharapkan agar siswa/i dapat duduk dengan posisi yang benar sehingga tidak mengalami kelainan-kelainan tulang.

Untuk materi makanan sehat dan bergizi pada anak kelas 5, karena dianggap lebih mengerti sehingga diberikan materi yang lebih dalam yaitu bagaimana gizi yang terkandung dalam bahan makanan. Dan makanan bergizi tidak harus mahal! Yang terpenting telah mencukupi kebutuhan gizi orang tersebut. Kemudian juga diberikan materi tentang membawa tas punggung yang benar. Untuk membawa tas diharapkan tas punggung, agar memberi beban yang rata pada tubuh. Serta, meski menggunakan tas punggung jangan membawa hanya sebelah bahu. Berat tas beserta isinya juga diharapkan tidak terlalu berat terlebih sampai melebihi berat badan anak.

Setelah materi, kuis dan review materi disampaikan, siswa/i diberikan kacang hijau untuk snack mereka. Antusias mereka juga terlihat sangat tinggi saat dibagikan kacang hijau tersebut. Setelah siswa/i menghabiskan kacang hijau mereka, acara terakhir dilanjutkan dengan foto bersama antara pemberi materi, ketua pelaksana dan siswa/i.

Galeri foto: (klik untuk memperbesar)

Kondisi kelas saat diberikan penyuluhan.

Kondisi kelas saat diberikan penyuluhan.

Pemberian materi oleh pembicara.

Pemberian materi oleh pembicara.

Pemberian materi yang dipraktikkan.

Pemberian materi yang dipraktikkan.

Pemberian hadiah kepada anak yang mampu menjawab kuis.

Pemberian hadiah kepada anak yang mampu menjawab kuis.

Anak yang memperagakan posisi duduk yang benar.

Anak yang memperagakan posisi duduk yang benar.

Foto bersama antara undangan, panitia dan pihak sekolah.

Foto bersama antara undangan, panitia dan pihak sekolah.

Pemberian poster kepada sekolah.

Pemberian poster kepada sekolah.

Penyerahan Plakat.

Penyerahan Plakat.

Dibuat oleh : Jan Christian (@JanChrs)

Tinggalkan komentar