Pengabdian Masyarakat BKFK ke 58: Menuju Bali Bebas Sampah Plastik

Minggu, 2 Februari 2020 telah berlangsung pengabdian masyarakat Gebyar Kesehatan Lingkungan sebagai rangkaian acara pertama menuju puncak perayaan BKFK ke-58. Kegiatan yang bertempat di Pantai Mertasari, Sanur ini dihadiri oleh seluruh civitas Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud). Acara ini diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana acara BKFK ke-58, sambutan Kepala Dusun, dan diakhiri dengan sambutan dari Dekan FK Unud, Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp. B., Sp. OT (k).

Pada kesempatan kali ini, LPM Pcyco dapat bertemu langsung dan mewawancarai ketua panitia BKFK ke-58, Gede Bayu Wedanta Netra yang akrab disapa Bayu. Ia menyampaikan bahwa Gebyar Kesehatan Lingkungan ini merupakan kegiatan baru yang dilakukan tahun ini karena pada tahun sebelumnya BKFK mengadakan pengabdian masyarakat berupa pelayanan kesehatan . Hal ini sesuai dengan arahan dari Dr. dr. I Ketut Suyasa, serta sesuai dengan tema pengabdian masyarakat tahun ini, yaitu ‘Menuju Bali Bebas Sampah Plastik.’

Bayu menghimbau pada para peserta untuk mengurangi penggunaan botol sekali pakai karena botol sekali pakai sulit terurai. Hal ini selaras dengan tujuan Dekan FK Unud untuk membentuk kekompakan dan kebersamaan para civitas FK Unud.

 Kedepannya, Bayu berharap bahwa  pengmas ini dapat mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai, terutama di daerah pantai. Ia juga berharap agar BEM  FK Unud akan membuat kegiatan bersih-bersih rutin seperti ini dan dapat mengajak lembaga pemerintah atau non-pemerintah untuk ikut bekerja sama dalam pelaksanaannya.

Pewarta : Ainun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *