Home » FK Unud » Pembukaan Open House FK UNUD 2014

Pembukaan Open House FK UNUD 2014

Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran UNUD

Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran UNUD

Kamis, 27 Februari 2014 merupakan hari yang istimewa   bagi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Hari ini suasanan di kampus FK UNUD lain dari biasanya. Semua mahasiswa terlihat sibuk menata stand-stand yang berjejer  rapi dari lantai dua gedung FK sampai lantai empat. Stand tersebut dihias dengan kreatifitas sehingga terlihat sangat menarik. Selain itu hari ini FK UNUD kedatangan tamu khusus yaitu rombongan siswa-siswa SMA dari berbagai sekolah di Bali maupun di luar. Mereka terlihat sangat bersemangat ketika memasuki areal kampus FK UNUD. 

Siswa-siswa SMA tersebut hadir di FK UNUD bertujuan untuk mengikuti kegiatan open house yang diselenggarakan secara gratis oleh Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) FK UNUD. Open house FK UNUD 2014 ini merupakan salah satu dari rangkaian acara menarik yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Badan Kekeluargaan Fakultas Kedoteran (BKFK) ke-52. Open house ini telah dilaksanakan secara rutin, dimana kegiatan ini pertama dilaksanakan yaitu pada tahun 2009.

Open house FK UNUD 2014 ini dimulai pada hari ini, dimana kegiatan ini dimulai dari pukul 09.00 WITA. Kegiatan ini dilaksanakan di areal kampus FK UNUD. Dalam kegiatan ini digelar berbagai acara menarik yaitu talk show tentang FK UNUD, tour keliling FK UNUD, serta pergelaran stand PPDS, LMFK, BSO, dan HM prodi FK UNUD. Sebelum acara open house dimulai terlebih dahulu para peserta yang sebagian besar dari siswa-siswa SMA melakukan registrasi. Setelah itu mereka diarahkan oleh panitia untuk mengikuti acara pembukaan open house yang bertempat di ruang 4.01-4.02 lantai empat gedung FK UNUD.

Pembukaan open house dimulai dari pukul 09.00 WITA. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Bupati Klungkung dan Badung, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit  se-provinsi Bali, Dekan Fakultas Kedoteran, Pembantu Dekan I,II dan III, kepala program studi S1 FK UNUD, kepala program studi spesialis FK UNUD, ketua BEM, LMFK, dan BSO. Acara pembukaan semakin diramaikan oleh kehadiran siswa-siswa SMA beserta orang tua maupun masyarakat umum yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan open house.

Acara pembukaan open house dimulai dengan doa, kemudian penampilan paduan suara, yang dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia, sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang sekaligus membuka acara open house dengan ditandai oleh pemukulan gong. Dalam laporan ketua panitia open house FK UNUD 2014 ini memaparkan tujuan serta harapan dalam pelaksanaan kegiatan open house.

Ketua panitia melaporkan bahwa open house FK UNUD ini merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari pameran pendidikan, pengenalan kegiatan kemahasiswaan, dan diskusi antara pengelola fakultas dengan peminat fk unud. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan kejelasan informasi dan memberikan gambaran secara utuh mengenai kegiatan pendidikan di FK UNUD. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan informasi kepada calon siswa sebelum melanjutkan ke perguruan tinggi. Diharapkan agar kegiatan open house ini dapat berlangsung ke tahun berikutnya,  mengingat acara ini sangat penting bagi FK UNUD dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas. Sehingga tidak ada lagi kesimpangsiuran dalam masyarakat karena pertanyaan- pertanyaan yang ada di masyarakat mengenai FK UNUD dapat terjawab dengan jelas melalui acara open house.

Dekan Fakultas Kedokteran UNUD juga memberikan sambutan dan juga berpesan pada siswa-siswa SMA yang berminat memasuki FK UNUD agar tidak merasa takut dan cemas berlebihan. Hal ini umumnya disebabkan oleh isu-isu yang berkembang di masyarakat. Sehingga dengan kegiatan Open house ini diharapkan dapat menepis isu tersebut. Dimana salah satunya menyangkut kuliah di FK UNUD memerlukan biaya yang tinggi. Dekan FK UNUD juga mengatakan bahwa mahasiswa yang sekolah di FK UNUD terutama pada Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) telah  dialokasikan dana sebesar 20% untuk mahasiswa yang kurang mampu melalui program beasiswa seperti bidik misi,  beasiswa dari pemerintahan provinsi, dan lainnya.

Setelah memberikan sambutan, beliau kemudian membuka acara open house dengan pemukulan gong. Kegiatan open house tidak berhenti disitu saja, acara dilanjutkan dengan diskusi serta presentasi tentang jalur masuk perguruan tinggi dimana penerimaan mahasiswa baru di UNUD pada tahun ini tidak lagi menyelenggarakan PMDK karena jalur ini dinilai sama dengan jalun SNMPTN. Sehingga hanya tiga jalur yang diberlakukan yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Banyak informasi yang didapatkan oleh siswa SMA yang berkaitan dengan pendidikan di perguruan tinggi. Pada sesi ini juga di tampilkan informasi mengenai program studi yang terdapat di FK UNUD. Tidak hanya informasi yang bisa didapatkan mereka juga dapat bertanya langsung pada masing-masing kepala program studi mengenai masalah pendidikan yang berhubungan dengan program studi yang diinginkan.

Tentunya acara open house ini sangat memberikan manfaat yang besar bagi siswa-siswa SMA yang berminat dengan FK UNUD. Acara open house pada hari ini juga memberikan tour keliling FK UNUD yang menarik sehingga para peserta dapat mengenal FK UNUD lebih dekat.

 

Tinggalkan komentar