Home » FK Unud » Pembukaan BKFK ke 52

Pembukaan BKFK ke 52

Denpasar, injeksionline.com Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran(BKFK) merupakan sebuah acara untuk memperingati ulang tahun Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang pada tahun ini telah berumur 52 tahun. Acara dalam BKFK 52 ini yaitu jegeg bagus, lomba menggambar dan mewarnai, PES, seminar ilmiah, tenis lapangan, futsal ceria, lomba estafet, gebug bantal, tarik tambang, seminar paralel, lomba penjor dan gebogan, acara puncak malam, lomba stand antar angkatan, acara puncak pagi, donor darah, clean and green, bakti sosial.

Dalam memulai sebuah rangkaian acara tentunya ada acara awal yang biasa disebut sebagai acara pembukaan. Sebelum rangkaian acara BKFK dilaksanakan, terlebih dahulu pembukaan BKFK diadakan dan diresmikan oleh rektor universitas udayana. dan tanggal 1 Februari 2014 adalah hari pembukaan BKFK ke 52 dilaksanakan. Kesan pertama dari pembukaan BKFK 52 adalah megah, terlihat dari tenda beserta bangku dan meja yang disiapkan untuk tamu-tamu undangan, kemudian juga tata panggung serta dekorasi yang terpasang. Didukung oleh cuaca yang cerah, pembukaan BKFK 52 terlihat lancar tanpa hambatan.

 

Sebelum MC menaiki panggung, para undangan serta penonton yang telah hadir disambut oleh penampilan dari band “Morning Lecture” yang membawakan 2 buah lagu. Setelah penampilan band tersebut, MC naik ke panggung dan memulai acara pembukaan BKFK ke 52. Dan tarian sekar jagat adalah acara pertama dari rangkaian acara pembukaan BKFK 52. Kemudian acara dilanjutkan  dengan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia serta lagu hymne universitas udayana serta hymne fakultas kedokteran. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh ketua panitia BKFK 52, Bagus Dwiki Arya Dharma. Dalam sambutannya Dwiki menjelaskan tentang BKFK yang merupakan acara kekeluargaan dari fakultas kedokteran universitas udayana, dan BKFK ke 52 yang mengambil tema “Armonia Nella Diversita” yang berarti keharmonian di dalam keberagaman. Hari ini juga diadakan 3 lomba yaitu jegeg bagus BKFK yang akan diadakan di panggung pembukaan BKFK 52, lomba menggambar dan mewarnai yang diadakan di ruang kuliah 4.01 dan 4.02, serta lomba PES yang diadakan di ruang kuliah 3.01 dan 3.02. Sambutan selanjutnya dari ketua BEM, Andrie Setiawan. Menurut Andrie, yang telah mengikuti 3 kali acara pembukaan BKFK, yaitu BKFK 50, BKFK 51 dan pada tahun ini yaitu BKFK 52, dikatakan bahwa pada tahun ini merupakan pembukaan BKFK yang terbaik.

 

Sambutan selanjutnya adalah oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Putu Astawa, Sp.OT, M.Kes, Fics yang mengatakan bahwa pembukaan BKFK tahun ini dikemas dengan sangat baik. Tidak hanya biasa-biasa namun mengemas acara ini menjadi sebuah acara yang bagus. Hanya saja menurut Prof. Astawa, dalam acara ini masih kurang partisipasi dari mahasiswa asing yang mengenyam pendidikan di kampus. Padahal seharusnya mereka turut aktif berpartisipasi, karena mereka juga merupakan keluarga FK Unud. Prof. Astawa juga menghimbau bagi para panitia untuk tetap menjaga kebersihan dari tempat yang mereka gunakan, seperti ruang kelas yang dipakai. Sebab, pada hari kuliah nantinya, ruangan akan dipakai sebagai tempat mahasiswa menimba ilmu. Dan seperti panggung serta tenda dan meja, semua diharapkan telah rapi seperti sebelumnya sebelum hari Senin, karena perkuliahan akan dimulai pada hari Senin. Serta diharapkan segala kegiatan BKFK dilaksanakan pada hari libur agar tidak mengganggu jadwal kuliah.

 

Sambutan selanjutnya oleh rektor Unud, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD KEMD. Prof. Suastika mengatakan sebenarnya hari lahirnya fakultas kedokteran universitas udayana adalah pada 17 Agustus, namun diganti menjadi Februari. Untuk siapa yang mengganti dan apa alasannya tidak diketahui secara pasti, yang terpenting adalah setiap tahun kita dapat memperingati ulang tahun fakultas kedokteran secara meriah. Beliau pun memberitahu bahwa kondisi fakultas kedokteran saat ini yang terasa sempit karena mahasiswa yang menuntut ilmu di fakultas kedokteran universitas udayana menjadi semakin banyak, dan jalan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan memindahkan fakultas kedokteran ke Bukit. Alasan saat mendirikan fakultas kedokteran di Denpasar adalah karena lokasinya yang dekat dengan Rumah Sakit Sanglah, namun sekarang fakultas kedokteran telah memiliki sebuah rumah sakit sendiri yang termasuk rumah sakit terbaik, bukan hanya di Bali melainkan di Indonesia. Sehingga akan sangat baik jika rumah sakit tersebut mulai di optimalkan. Dan rumah sakit tersebut mulai disosialisasikan kepada masyarakat. Serta ada acara BKFK yaitu Clean and Green yang bertempat di Bukit. Disana juga telah dibangun gedung yang cukup bukan hanya untuk kegiatan belajar mengajar mahasiswa, tetapi juga dapat digunakan sebagai riset.

 

Setelah kata sambutan dari Prof. Suastika sebagai rektor universitas udayana, acara dilanjutkan dengan penampilan ensemble dari SD Cipta Dharma yang tampil dengan sebagian pengisi memakai baju warna putih dan sebagian lagi memakai baju berwarna merah. Mereka tampil dengan sangat baik walau boleh dikatakan usia mereka masih sangat muda. Setelah penampilan ensemble acara dilanjutkan dengan tari kecak yang juga dipersembahkan dari SD Cipta Dharma, dan di tengah-tengah tarian ini, Prof. Suastika dijemput oleh penari untuk maju ke depan panggung, membuka BKFK 52 dengan resmi melalui pemukulan gong dan juga pelepasan balon yang didampingi oleh pembantu rektor, dekan, pembantu dekan, perwakilan dari Ikayana.

 

Setelah semua peresmian yang dilakukan oleh rektor, acara pembukaan BKFK 52 ini ditutup oleh penampilan duet oleh Torika dan Wulan yang merupakan juara lomba karaoke Porsehipp. Mereka membawakan lagu Untukku dan The Prayer. Demikianlah acara pembukaan BKFK 52 digelar untuk mengawali berbagai rangkaian acara BKFK hingga puncaknya nanti di bulan Maret.  (@JanChrs)

Tinggalkan komentar