Home » Artikel » Pelatihan Dasar KOMPAK FK Unud : One Step to Fight Against Cancer!

Pelatihan Dasar KOMPAK FK Unud : One Step to Fight Against Cancer!

Denpasar – InjeksiOnline.com. Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker (KOMPAK) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana merupakan salah satu organisasi bagi mahasiswa FK yang memiliki kepedulian terhadap penyakit kanker di masyarakat. Pelatihan dasar KOMPAK merupakan salah satu program kerja yang bertujuan untuk menjaring mahasiswa yang memiliki kepedulian besar terhadap kanker. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk regenerasi anggota BSO KOMPAK agar terbentuk kader-kader yang mampu menyebarluaskan informasi dan pengetahuan mengenai kanker di masyarakat.

Jayanthi Wulan Utami selaku ketua mengakui bahwa latdas ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti calon anggota BSO KOMPAK. “Rangkaian pelatihan dasar ini dilakukan tiga kali dengan melibatkan 48 panitia dengan peserta yang awalnya berjumlah 248 orang peserta hingga akhirnya bertahan 180 orang peserta. Kami selaku panitia awalnya cukup terkejut dengan bertambahnya jumlah peserta melebihi TUK yang kami harapkan, tetapi kami tetap berusaha maksimal untuk memberikan pelatihan dasar yang memang berkualitas dan bermanfaat bagi calon anggota,” lanjut Gung Ayu.

Materi yang diberikan pada pelatihan dasar KOMPAK ini meliputi materi mengenai overview kanker, screening kanker dengan Periksa Payudara Sendiri (Sadari), diagnosis dan pengobatan kanker serta materi penyuluhan mengenai kanker di masyarakat. “Pemateri yang didatangkan merupakan pemateri yang berkompeten di bidangnya seperti dr.Putu Anda Tusta, SpB.Onk dan dr.Budy Setiawan, SpB.Onk,” tukas Gung Ayu. “Selain itu, senior-senior di KOMPAK juga memberikan materi lebih lanjut mengenai teknik penyuluhan,” lanjutnya.

Selain pemberian materi, diadakan pula simulasi penyuluhan dengan sejumlah pos dan objek yang akan disuluh, dimana objek ini memiliki pekerjaan dan latar belakang yang berbeda-beda. Simulasi ini diadakan pada hari terakhir pelatihan dasar, selain untuk mengevaluasi hasil pelatihan yang dilakukan pada hari sebelumnya, tujuan lainnya adalah agar para calon anggota dapat lebih terbayang bagaimana sebenarnya keadaan masyarakat yang akan mereka suluh dan nantinya mampu mengatasi permasalahan yang timbul saat penyuluhan yang sesungguhnya.

Mengusung tema “Take The Step and Get The Chance to Fight Against Cancer”, pelatihan dasar ini diharapkan mampu memberikan informasi dan bekal pengetahuan mengenai kanker bagi calon anggota yang nantinya akan menjadi anggota KOMPAK. “Untuk kedepannya, semoga para calon anggota yang sudah menjadi anggota muda memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang kanker ataupun tentang tehnik penyuluhan. Karena sebagai BSO yang bergerak di bidang kepedulian, nantinya kita akan terjun langsung ke masyarakat untuk memberi informasi tentang kanker sebagai bagian dari cancer primary prevention,” tutup Gung Ayu diakhir wawancara. (Wayan Dedek) edited by @yudofandhie

Tinggalkan komentar