Pekan Sarapan Nasional 2020 Hadir Kembali untuk Mengedukasi Budaya Sarapan pada Remaja di Bali

PESAN 2020 adalah singkatan dari Pekan Sarapan Nasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bersama Pergizi Pangan Provinsi Bali. Acara Pekan Sarapan Nasional ini telah rutin diadakan sejak tahun 2013. Untuk tahun ini Pekan Sarapan Nasional (PESAN) diselenggarakan pada hari Jumat, 14 Februari 2020 yang dimulai dari pukul 07.00-10.00, bertempat di SMA N 3 Denpasar.

Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2020 mengusung tema “Sarapan Sehat dan Gizi Seimbang bagi Remaja”. Acara ini diawali dengan melakukan senam SKJ pada pukul 07.30-08.00 WITA bersama dengan para undangan yang terdiri dari perwakilan Forkom OSIS se-Denpasar beserta siswa/siswi dari SMA N 3 Denpasar. Lalu pada pukul 08.00-08.30 WITA dilaksanakan kegiatan sarapan bersama, setelah itu dilanjutkan dengan acara pembukaan yang berisi sambutan-sambutan dari perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Pergizi Pangan Provinsi Bali, dan Kepala Sekolah SMA N 3 Denpasar.  Dan acara terakhir dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dikemas dalam bentuk acara talkshow. Prof. Hardinsyah, M.S., Ph.D. menjadi pembicara utama pada talkshow PESAN 2020 kali ini yang membahas tentang pentingnya budaya sarapan di pagi hari.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi siswa-siswi remaja yang sebagian besar masih belum sadar akan pentingnya mengonsumsi sarapan yang sehat di pagi hari serta juga bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi masalah malnutrisi di Indonesia. Harapan dari panitia pelaksana acara Pekan sarapan Nasional (PESAN) 2020, semoga acara ini bisa tetap berlanjut dan dapat mempercepat tujuan pemerintah dalam memperbaiki gizi dan pangan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *