Home » Featured » Pantai Dreamland, Pantai Impiannya Para Wisatawan

Pantai Dreamland, Pantai Impiannya Para Wisatawan

Pantai Dreamland Bali

Pantai Dreamland Bali

 

Bali terkenal dengan beragam tempat wisata yang sangat indah. Tidak hanya wisatawan lokal yang mengakui keindahannya, tetapi wisatawan mancanegara pun sangat mengagumi keindahan Bali dan sangat ingin mengunjungi tempat wisata yang ada di Bali. Tempat wisata yang biasanya banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara adalah pantai-pantainya. Mulai dari pantai Kuta, pantai Sanur, pantai Pandawa,

pantai Nusa Dua, dan masih banyak yang lainnya. Salah satu pantai yang terkenal keindahannya yaitu pantai Dreamland.

Bagi yang masih asing dengan nama pantai Dreamland ini, tempat wisata yang satu ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort), Pecatu, yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta. Nama Dreamland ini juga memiliki sejarah yang panjang. Di balik proses pembangunannya, keberadaan `Dreamland` sebetulnya menyimpan kisah yang kurang indah untuk didengar. Awalnya, kawasan pantai ini merupakan daerah miskin, dan lahan yang isinya tanah kapur yang tandus merupakan satu-satunya sumber pendapatan penduduk di sekitarnya. Tetapi kemudian pada awal tahun 1990-an, dimulailah proyek pembangunan kawasan ini oleh PT Bali Pecatu Graha (BPG). PT BPG mulai memborong 900 hektar tanah untuk disulap menjadi resor mahal dengan nama “Resor Pecatu Indah”.

Sayangnya, proses pembebasan lahan ternyata tidak berjalan mulus. Sebagian besar tanah pada akhirnya dibebaskan dengan harga yang sangat murah, bahkan tak sedikit yang belum dibayar. Pada bulan Juni 1996, penduduk Desa Pecatu mulai menuntut haknya ke DPRD Bali, selanjutnya pada bulan  Januari 1997 mereka menuntut kepada anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Denpasar. Tapi tuntutan mereka tidak kunjung mendapatkan hasil, sementara di sisi lain proyek BPG terus berjalan mulus. Karena merasa terpaksa atas pembebasan lahan, akhirnya warga Pecatu berharap proyek BPG kelak dapat menjamin masa depan mereka, tidak lagi sebagai petani miskin, melainkan menjadi bagian dalam bisnis jasa pariwisata. Karena itulah kawasan ini dinamai dengan Dreamland, yang berarti tanah impian.

Dari namanya tersebut, pantai ini memang menyajikan segala impian tentang pantai yang indah. Pantai ini terletak di balik bukit, sehingga pemandangan alam yang dapat kita lihat sejak pertama kali menyusuri bukit ini terhampar dengan indahnya. Hamparan pasirnya yang putih terhampar dilengkapi dengan payung-payung pantai, hingga ombaknya yang bergulung-gulung besar, membuat para pengunjung tergelitik untuk menikmati keindahannya, dan tak jarang juga mereka memanfaatkan ombak yang besar untuk melakukan olahraga surfing.

Pantai Dreamland ini relatif lebih sepi dibandingkan dengan pantai Kuta dan pantai Sanur, sehingga sangat nyaman untuk menikmati keindahan pantai yang terkenal bersih ini. Anda tak usah khawatir akan dikejar-kejar pedagang cenderamata atau tukang pijat seperti di pantai-pantai lainnya di Bali. Anda juga bisa me;akukan berbagai kegiatan di pantai ini. Di atas hamparan pasir putih, wisatawan dapat berjalan-jalan, bermain pasir, bermain voli pantai, atau mengadakan berbagai games bersama teman atau keluarga. Tebing-tebing karang di tepi pantai ini juga menyajikan pemandangan ceruk-ceruk karang yang menakjubkan. Lokasinya yang berada di bawah tebing karang juga menjadi tempat yang cukup tepat untuk menyaksikan matahari tenggeam (sunset). Pada musim hujan, tebing-tebing terjal ini akan dipenuhi oleh rumput dan semak belukar, sehingga nampak seperti hamparan padang savana.

Di kawasan Pantai Dreamland terdapat kafe serta pedagang makanan dan minuman ringan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Di Pantai ini juga telah tersedia fasilitas kamar mandi atau kamar bilas, dengan harga sewa Rp5.000,00 untuk buang air kecil dan Rp10.000,00 untuk buang air besar (Mei 2009). Jika ingin menginap, terdapat puluhan resort atau vila dengan harga yang cukup bervariasi. Beberapa resor bahkan dibangun di atas tebing sehingga wisatawan yang menginap dapat menikmati keindahan Pantai Dreamland dari atas tebing. Vila-vila dengan tarif yang cukup mahal (sekitar 262-850 USD per hari) menyediakan kolam renang privat untuk wisatawan yang menginap di vila tersebut.

Jadi bagaimana? Jika Anda tertarik, silahkan berkunjung ke Pantai Dreamland. Mimpi indah menanti Anda disana.

 

(@Dayu_Wiwid16)

Tinggalkan komentar